Sponsors Link

10 Cara Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Apakah Anda termasuk salah satu penderita asam urat? Pernahkah tiba-tiba asam urat Anda kambuh? Bagaimana rasanya? Adakah cara menyembuhkan asam urat secara alami dan cepat?

ads

Asam urat biasanya terjadi pada orang yang berusia lanjut, akan tetapi tidak dipungkiri jika saat ini banyak dikalangan muda yang terkena asam urat karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Asam urat terjadi karena adanya pengkristalan natrium urat (zat purin) di area persendian yang biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada bagian persendian, seperti jari (terutama jempol), tangan, pergelangan tangan, kaki, pergelangan kaki, lutut, leher, dan area sendi lainnya serta dapat disertai dengan pembengkakan. Rasa nyeri yang disebabkan karena asam urat biasanya muncul selama tiga sampai dengan sepuluh hari dengan puncak nyeri yang dirasakan bisa mencapai enam hingga dua puluh empat hari setelah asam uratnya kambuh. Penyakit ini bisa kambuh kapan saja, walaupun dari luar nampak seperti sudah sembuh.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Adakah cara menyembuhkan asam urat secara alami dan cepat?

Masalah cepat atau lamanya pengobatan bergantung dari sering atau tidaknya penderita asam urat melakukan pengobatan tersebut. Semakin rajin dan rutin penderita mengatasi dan mengobati asam uratnya, maka semakin cepat penyembuhannya. Jadi, cepat lambatnya penyembuhan asam urat itu relatif. Adapun cara menyembuhkan asam urat secara alami dan cepat, yaitu :

  1. Mengurangi Makanan Mengandung Zat Purin

Tidak selamanya makanan yang dikonsumsi baik untuk tubuh. Seperti halnya beberapa jenis makanan ada yang mengandung zat purin dan itu tidak diperbolehkan untuk penderita asam urat. Bagi Anda yang mengalami asam urat, sebaiknya kurangi bahkan hindari makanan yang mengandung purin, seperti daging, ikan laut, kacang-kacangan, beberapa jenis sayuran tertentu (jamur, bayam, sawi, dan lain-lain), kafein, dan sebagainya. Teruntuk Anda yang dalam kondisi sehat pun sebaiknya kurangi atau hindari mengkonsumsi makanan tersebut karena untuk alternatif pencegahan agar kadar asam urat dalam tubuhnya terjaga dan tidak kambuh.

  1. Mengkonsumsi Ramuan Obat-obatan Herbal (tradisional).

Selain aman untuk dikonsumsi dibandingkan dengan obat-obatan kimia, obat herbal atau tradisional ini mudah diperoleh di lingkungan sekitar karena terdiri dari tanaman-tanaman obat yang seringkali ditemukan di lingkungan sekitar. Tanaman herbal ini dapat diracik sendiri di rumah dengan berbagai cara, bisa di rebus atau di haluskaan lalu di konsumsi secara rutin sebagai penyembuhan. Adapun jenis tanaman yang berkhasiat menyembuhkan penyakit asam urat yang aman, seperti :

  • Daun Sirsak;
  • Daun Sambiloto;
  • Madu Hitam;
  • Jahe;
  • Lemon;
  • Bunga Rosela;
  • Daun Cocor Bebek;
  • Daun Salam;
  • Daun Seledri;
  • Daun Suruhan;
  • Daun Kumis Kucing;
  • Cengkeh dan Ubi Jalar;
  • Pare;
  • Jus Buah Cerry;
  • Jus Lemon;
  • Tempuyung;
  • Bawang Dayak.
  1. Konsumsi makanan bersifat basa dan berserat

Tubuh manusia normalnya terdiri dari senyawa asam dan basa. Kedua senyawa tersebut harus seimbang di dalam tubuh, karena apabila salhasatunya mendominasi makan akan merusak kesehatan tubuh. Seperti halnya makanan yang mengandung basa dapat menurunkan asam urat berlebih yang ada di dalam tubuh, khususnya pada persendian. Kandungan basa dalam makanan terdapat pada buah, sayuran, biji-bijian tertentu. Selain  itu, dianjurkan pula untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi, karena makanan berserat tinggi dapat menyerap asam urat yang ada pada aliran darah.

Sponsors Link

  1. Perbanyak konsumsi vitamin C

Vitamin C cukup efektif dalam mengatasi peradangan pada sendi yang muncul tiba-tiba. Kandungan antioksidan dalam vitamin C terbukti mampu meringankan nyeri dan mencegah efek buruk dari radikal bebas yang membahayakan kesehatan tubuh. Kandungan vitamin paling tinggi terdapat pada buah jambu, namun tidak dipungkiri jika buah-buahan lain juga ada yang memiliki kandungan vitamin C sama tingginya dengan buah jambu, seperti buah jeruk dan kiwi.

  1. Konsumsi Madu

Madu sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh, salahsatunya yaitu untuk mengobati asam urat pada tubuh manusia. Manfaat madu bagi penderita asam urat, yaitu:

  • Membuang kelebihan purin dalam tubuh;
  • Menghancurkan kristal-kristal persendian;
  • Memulihkan kinerja ginjal;

Adapun cara mengkonsumsinya bisa diminum langsung atau dicampur dengan ramuan lain seperti jus ceri, lemon, atau buah-buahan lainnya yang sama-sama berkhasiat mengobati asam urat juga.

  1. Terapi Air Hangat

Terapi air hangat sudah dikenal sejak jaman dahulu, karena air hangat memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia dan baik untuk kesehatan tubuh. Terapi ini dapat menghilangkan rasa nyeri dibagian persendian. Cara terapinya dengan merendamkan kaki Anda ke dalam wadah berisikan air hangat atau bisa mengompreskannya ke bagian persendian lainnya yang terasa nyeri apabila susah untuk direndamkan. Khasiat air hangat bagi tubuh dapat memperlancar sistem peredaran darah dan mengeluarkan kotoran-kotoran yang ada pada purin akan mudah dikeluarkan. Terapi air hangat dapat dijadikan sebagai relaksasi dan dilakukan setiap hari dalam jangka waktu yang lama.

Sponsors Link

  1. Banyak Minum Air Putih (8-10 gelas per hari)

Air putih dapat melarutkan zat asam urat dalam ginjal, sehingga kemungkinan mengkristalnya zat asam urat pada bagian sendi sangatlah kecil. Selain itu, banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi air putih karena air putih baik untuk kesehatan tubuh. Mengapa? Karena sekitar 70%  dari bagian tubuh manusia terdiri dari cairan.

  1. Konsumsi Cuka Madu (Propolis)

Salahsatu cara menyembuhkan asam urat secara alami dan cepat, yaitu menggunakan Cuka madu yang merupakan hasil fermentasi madu lebah dari nectar bunga. Cuka madu yang sudah di racik dinamakan propolis. Propolis merupakan kumpulan resin lebah yang bisa membantu memberikan sifat basa dalam tubuh dan cukup efektif menetralkan asam urat tinggi. Propolis yang asli dapat ditemukan di tempat-tempat penjualan obat herbal atau pada agennya langsung. Jika Anda menemukan propolis di sembarang tempat, bisa dipastikan produk propolis tersebut palsu. Jadi harus berhati-hati dalam mendapatkan propolis.

  1. Konsumsi Cuka Sari Apel

Kadar keasaman yang diperoleh dari cuka sari apel akan menghilangkan rasa nyeri pada penderita asam urat. Cuka sari apel ini dapat dikombinasikan dengan madu agar meningkatkan respon anti-inflamasi tubuh. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh cuka sari apel mentah ke dalam segelas air putih yang akan diminum. Larutan cuka sari apel ini dapat diminum rutin dua dampai tiga kali sehari.

  1. Kurangi Konsumsi Gula

Gula dapat mengganggu eskresi asam urat. Berdasarkan penelitian yang sudah ada, menyatakan bahwa asupan harian 300 ml minuman manis dapat meningkankan resiko asam urat sebesar 13%. Sehingga pantangan bagi penderita asam urat untuk mengkonsumsi gula berlebih, terutama gula pada pemanis buatan.

Seperti itulah 10 cara menyembuhkan asam urat secara alami dan cepat. Semoga bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

,
Oleh :
Kategori : Pengobatan