Sponsors Link

8 Cara Menyembuhkan Asam Urat Secara Total Paling Ampuh

Sponsors Link

Rasa sakit yang ditimbulkan oleh asam urat memang tidak bisa diabaikan begitu saja. Persendian yang terasa nyeri, memerah, dan membengkak pastinya akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Anda pasti kerap kali merasa stress atau tertekan akibat rasa sakit yang muncul akibat tingginya kadar asam urat yang ada dalam darah Anda. Pengkristalan asam urat yang ada dalam persendian Anda sudah pasti sangat menyiksa Anda. Sakit yang kerap kali datang membuat Anda ketergantungan obat-obatan pereda rasa nyeri untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh asam urat.

ads

Lalu, bisakah penyakit asam urat disembuhkan secara total? Jawabannya, mungkin bisa. Berikut ini merupakan cara menyembuhkan asam urat secara total dan alami:

1. Perhatikan pola makan dan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh Anda

Asam urat merupakan penyakit yang muncul akibat tingginya kadar asam urat dalam tubuh yang dipicu oleh makanan dengan kandungan zat-zat tertentu. Menjaga kadar asam urat dalam tubuh merupakan aspek penting yang harus dilakukan untuk menghindari munculnya rasa sakit akibat pengkristalan sisa asam urat dalam darah di area persendian. Berikut ini merupakan pola akan yang seharusnya Anda terapkan, apabila Anda memiliki riwayat penyakit asam urat:

  • Hindari makanan yang kaya zat purin

Zat purin merupakan zat kimia yang kerap kali ditemukan di beberapa jenis bahan makanan seperti daging-dagingan, beberapa jenis sayuran serta buah-buahan. Jenis bahan makanan yang seharusnya Anda hindari adalah jerohan seperti organ-organ bagian dalam hewan seperti sapi, kerbau, kambing, domba, hingga ayam. Organ-organ dalam atau jerohan yang Anda konsumsi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh Anda seketika.

Apabila Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, hal ini tentu saja dapat memperburuk kondisi Anda. Hindarilah makanan penyebab asam urat yang berzat purin tinggi seperti jerohan, daging berlemak dan berkulit yang sengaja tidak dipisahkan, pengolahan makanan dengan cara yang salah seperti deep fried, penambahan cita rasa makanan menggunakan bumbu bersodium serta penggunaan garam secara berlebihan.

Gunakan olive oil untuk menggoreng atau mencampur makanan Anda, gunakanlah metode merebus, mengukus, atau memanaskan untuk mengolah makanan Anda, gunakanlah bumbu-bumbu alami untuk masakan Anda. Hindarilah makan makanan ringan seperti chips yang kerap kali Anda beli saat berkunjung ke super market.

  • Makanan berkalium tinggi

Kalium merupakan salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh manusia. Kalium sendiri dapat membantu mengalkalin urin yang Anda hasilkan dan meningkatkan eskresi asam urat Anda. Zat ini biasanya sangat mudah ditemukan di beberapa jenis makanan buah dan sayur. Seledri, brokoli, alpukat, bayam, merupakan jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Anda dapat mengonsumsi jenis sayur dan buah-buahan ini dalam jumlah yang disesuaikan 2 – 3 ons/sajian merupakan jumlah yang paling tepat untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat. Konsultasikanlah suplemen tambahan berupa kalium bikarbonat pada dokter pribadi Anda jika perlu.

  • Hindarilah fruktosa

Fruktosa merupakan salah satu jenis gula yang dapat meningkatkan asam urat Anda dalam waktu yang singkat. Asam urat merupakan produk yang dihasilkan dari metabolisme fruktosa, sehingga masuknya fruktosa dalam tubuh Anda akan sangat berpengaruh pada kadar asam urat Anda. Hindarilah makanan dan minuman yang mengandung gula secara berlebihan. Selain asam urat, fruktosa juga dapat menaikkan kadar gula dalam darah Anda yang bisa jadi memicu penyakit diabetes.

Apabila Anda memiliki riwayat penyakit asam urat, maka batasilah konsumsi gula yang masuk dalam tubuh Anda, yaitu maksimal 35 gram/hari. Gantilah makanan camilan Anda dengan camilan sehat seperti buah-buahan rendah purin namun kaya vitamin C, seperti jeruk, apel, strowberi, dan ceri. Anda juga dapat mencoba nanas sebagai buah rekomendasi lainnya. Perbanyak minum air putih untuk menetralisir kandungan zat-zat berlebih dalam tubuh Anda.

  • Hindarilah alkohol dan bir

Alkohol merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki zat purin yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh ragi yang digunakan sebagai sumber fermentasi ternyata sudah memiliki kandungan purin yang tinggi. Hindari alkohol, bir, serta minuman yang diolah dengan cara fermentasi menggunakan ragi. Minuman yang paling baik untuk dikonsumsi para penderita asam urat adalah air putih atau air mineral.

Sponsors Link

  • Jangan mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak

Penderita asam urat tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi gula dalam jumlah banyak. Karbohidrat merupakan salah satu zat yang akan berubah menjadi gula setelah dicerna melalui proses kimiawi dalam tubuh Anda. Perubahan karbohidrat ke gula ini memang diperlukan sebagai sumber energi bagi tubuh Anda, namun kelebihan gula akan menjadi bermasalah bagi penderita asam urat. Membatasi konsumsi karbohidrat maksimal 75 gram/hari dapat membantu mengontrol gula yang masuk dalam tubuh Anda. Gantilah asupan karbohidrat dalam tubuh Anda dengan protein nabati dari sayur maupun jenis ikan tertentu.

  • Minumlah air putih

Air putih merupakan minuman rekomendasi bagi para penderita asam urat. Selain menetralisir kadar gula dalam darah, air putih juga dapat mengurangi kadar zat purin dalam tubuh. Mengonsumsi 9 – 16 gelas air putih tiap hari akan membantu Anda untuk mencegah kadar asam urat dalam tubuh Anda.

2. Lakukanlah diet

Diet yang dimaksud bukanlah suatu diet ketat yang benar-benar menghindari daging maupun jenis makanan tertentu. Diet yang dimaksud merupakan jenis pengaturan pola makanan dan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Aturlah makanan yang masuk dalam tubuh Anda, jangan sepenuhnya menghindari daging bagiamanapun tubuh Anda memerlukan asupan protein hewani. Yang perlu Anda lakukan adalah menghindari makanan berzat purin tinggi saja, batasi konsumsi daging, dan perhatikan pengolahannya. Anda dapat mengonsumsi daging sebanyak 3 – 4 ons/hari untuk mengobati rasa rindu Anda pada daging.

3. Hindari ketergantungan obat-obatan

Rasa sakit dan nyeri akibat asam urat biasanya akan memaksa Anda untuk mengonsumsi obat-obatan kimia yang direkomendasikan dokter. Obat-obatan ini memang menyembuhkan, namun hanya sementara. Hindari konsumsi obat-obatan dan mulailah gaya hidup sehat dan teratur. Belum ada obat yang benar-benar menyembuhkan asam urat hingga ke akarnya, maka jangan pernah percaya iklan! Hal yang dapat mengobati asam urat adalah gaya hidup Anda sendiri, dan tentu saja Anda sendiri yang bisa melakukannya.

ads

4. Cobalah baking soda

Terapi baking soda untuk asam urat merupakan salah satu bahan makanan sederhana yang dapat mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Baking soda ini memang terbukti dapat mengurangi rasa sakit akibat gout. Dengan mengonsumsi ¼ sendok makan baking soda yang dicampur segelas air, dan diminum sebanyak 2 – 4 kali sehari, terbukti mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda hingga 65%. Namun konsultasikanlah hal ini terlebih dahulu, terutama bagi Anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah karena baking soda dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

5. Cuka sari apel pereda rasa sakit

Manfaat cuka apel untuk asam urat juga terbukti mampu untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah Anda. Dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air putih, Anda juga akan mendapatkan manfaat lainnya seperti menghilangkan rasa sakit pada persendian Anda yang lainnya. Sayangnya, cuka sari apel hanya obat penghilang rasa sakit akibat asam urat sementara. Namun Anda dapat menggunakan bahan makanan ini sebagai obat alternatif pengganti obat-obatan yang direkomendasikan dokter.

6. Konsumsilah buah ceri

Salah satu buah untuk asam urat tinggi dan mengatasi pembengkakannya adalah buah ceri. Usahakan konsumsi buah ceri segar sebanyak mungkin (hingga 60 gram/hari). Apabila Anda ingin mengonsumsi buah tersebut dalam bentuk jus, maka buatlah jus Anda sendiri. Jangan campurkan sirup maupun bahan pemanis buatan yang berlebihan. Jangan beli ekstrak ceri yang dijual di super market, karena bisa jadi produk hasil olahan tersebut mengandung banyak campuran pemanis yang akan meningkatkan kadar asam urat Anda sendiri.

7. Hindari konsumsi jus yang berlebihan

Jus memang jenis makanan sehat, karena banyak mengandung vitamin dari buah-buahan. Namun konsumsi jus yang berlebihan akan memicu meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh Anda. Gula alami yang dihasilkan oleh buah-buahan yang Anda hancurkan dan konsumsi dalam bentuk jus akan menghasilkan produk asam urat yang berlebihan dalam darah Anda. Untuk menyeimbangkan dan memenuhi kebutuhan vitamin tubuh Anda, jus masih diperbolehkan untuk dikonsumsi. Batasi jumlah jus yang Anda konsumsi, maksimal 3 – 5 jar dalam seminggu.

8. Kurangi stress, perbanyak istirahat

Stress merupakan salah satu hal yang sangat umum dirasakan orang-orang, namun stress yang berlebihan akan membuat suatu penyakit menjadi lebih parah. Apabila Anda memiliki riwayat penyakit asam urat, sebaiknya Anda mulai mengatur pola pikir Anda juga. Hindari hal-hal yang memicu stress dan depresi. Perbanyak waktu istirahat, terutama saat rasa sakit akibat asam urat mulai menyerang. Buatlah diri Anda bahagia dengan melakukan hal-hal sederhana.

Apabila Anda sudah berhasil melakukan delapan cara di atas, Anda mungkin tidak akan pernah merasakan rasa sakit akibat asam urat lagi. Mengingat penyebab asam urat adalah gaya hidup dan pola makan yang salah, maka cara menyembuhkan asam urat secara total hanya dapat dilakukan oleh diri Anda sendiri. Terapkan pola makan dan gaya hidup sehat dan disiplin. Hindari kebiasaan serba praktis yang mengandalkan makanan serta minuman instan sebagai konsumsi sehari-hari Anda.

Perbanyak aktivitas seperti olahraga, maupun aktivitas lain yang melibatkan kinerja otot dan persendian Anda. Manfaat olahraga bagi penderita asam urat juga membantu mengatasi obesitas yang menjadi salah satu faktor penyebab asam urat. Aturlah makanan yang seharusnya Anda konsumsi dan seharusnya tidak Anda konsumsi. Minumlah banyak air putih dan olahlah makanan yang hendak Anda konsumsi. Anda adalah orang yang paling mengetahui tentang kebutuhan makanan, istirahat, serta kebutuhan hidup lainnya, maka belajarlah menghargai dan merawat diri untuk Anda sendiri, karena sehat mahal harganya. Semoga bermanfaat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan