Sponsors Link

15 Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat Terampuh

Sponsors Link

Banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak baik, salah satunya adalah asam urat. Karena nyatanya sekarang ini asam urat tidak diidentikkan dengan penyakit yang hanya menyerang pada orang tua diusia tertentu. Mereka yang masih berusia muda sudah mulai menunjukan gejala terserang asam urat. Konsumsi makanan yang buruk menyebabkan  orang-orang bermasalah dengan sistem metabolisme purin dalam tubuh, yang mengakibatkan kadar asam urat meningkat.

ads

Normalnya, asam urat bisa hilang jika aliran darah yang menuju arah ginjal bisa keluar melalui urin. Namun saat terjadi kondisi disfungsi pada ginjal, akan menyebabkan kelebihan asam urat yang disimpan dalam sendi-sendi tubuh, sehingga akan timbul rasa linu bahkan sakit yang cukup hebat pada persendian. Lalu, apakah bisa menyembuhkan asam urat tanpa menggunakan obat atau tindakan medis?

Tujuan dari mengobati penyakit asam urat bukanlah untuk menghabiskan kadar purin dalam tubuh, melainkan hanya menguranginya saja sampai berada pada titik normal lagi sehingga tidak akan mengganggu pada metabolisme purin untuk terus dikeluarkan melalui saluran urin. Dalam pengobatannya, Anda bisa saja tidak usah menggunakan resep dokter untuk menurunkan kadar urin. Baca juga: Tanda-Tanda Asam Urat.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan jumlah purin dalam tubuh. Prinsipnya sangat mudah, asalkan Anda mau memperbaiki gaya hidup tentu kesehatan juga akan ikut diperbaiki dan diseimbangkan. Berikut beberapa cara menyembuhkan asam urat tanpa obat:

1. Memperhatikan kandungan purin pada makanan

Kandungan purin pada makanan akan sangat berpengaruh pada keadaan kadar asam urat. Purin yang terlalu banyak terkandung pada makanan bisa menyebabkan tubuh terlalu banyak menyimpan purin, sehingga akan mengganggu pada peningkatan asam urat. Menjauhi makanan yang tidak terlalu banyak mengandung zat purin tentu akan sangat membantu untuk menyembuhkan asam urat. Contoh makanan rendah purin diantaranya jagung, kacang tanah, asparagus, pisang, dll. Baca juga: Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat.

2. Minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh

Cara selanjutnya adalah dengan minum air putih sesuai kebutuhan tubuh yaitu 8-12 gelas dalam sehari. Minum air putih akan sangat membantu untuk kelancaran metabolisme asam urat yang akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Ada beberapa 2 cara minum yang bisa penderita asam urat lakukan. Pertama, minum dengan banyak air dalam satu waktu. Untuk penderita asam urat disarankan agar bisa minum sebanyak 2 sampai 3 liter per harinya.

Namun bagi penderita asam urat yang gagal ginjal tidak dianjurkan untuk menambah asupan cairannya. Kedua, minum dalam jumlah kecil dan rutin, minum dengan cara seperti ini juga akan sangat baik bagi penderita asam urat, biarpun sedikit jika dilakukan sering akan akan sangat membantu pada kerja ginjal agar bisa mengeluarkan asam urat yang berlebihan dalam tubuh. Baca juga: Penyebab Asam Urat Sering Kambuh.

3. Diet sehat

Penyembuhan tanpa obat pada asam urat selanjutnya adalah diet sehat. Kegiatan diet sangat baik bagi mereka yang menderita asam urat disebabkan penimbunan lemak dan kolesterol. Sehingga untuk mengobatinya Anda bisa melakukan diet sehat, atau mulai mengatur asupan makanan. Hindari makan makanan yang banyak mengandung lemak dan juga kolesterol. Selain menghindari makanan Anda juga bisa mencoba untuk melakukan olahraga, seperti jogging. Karena olahraga juga bisa membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Baca juga: Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat.

4. Mengonsumsi makanan mengandung basa

Basa akan berfungsi untuk membantu menurunkan kadar asam di dalam tubuh. Contoh makanan yang mengandung basa adalah buah alpukat. Selain memiliki kadar basa, kandungan gula di dalamnya pun sangat rendah. Alpukat bisa dikonsumsi juga untuk Anda yang sedang diet. Campurkan salad sayur atau buah agar makan alpukat semakin enak dan perut bisa kenyang tanpa lemak. Selain alpukat, makanan yang mengandung basa diantaranya sayuran hijau, wortel, buat bit, singkong, dll. Baca juga: Makanan dan Minuman Penderita Asam Urat.

5. Banyak konsumsi vitamin C

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan vitamin C. Seperti tomat, jeruk, jambu, kiwi, sayuran dan suplemen yang terdapat banyak kandungan vitamin C, sebab akan membantu penderita asam urat untuk menghilangkan 17% kadar asam urat berlebih. Bahkan jika Anda lebih banyak mengonsumsi vitamin C, Anda bisa kehilangan 45% kadar asam urat yang berlebihan pada tubuh. Baca juga: Suplemen Untuk Asam Urat.

Sponsors Link

6. Mengkonsumsi buah cerry

Buah cerry mempunyai kandungan senyawa asam yang cukup banyak. Kandungan ini bisa menjadi penyeimbang antara kadar asam urat dalam darah dengan urin. Cerry juga memiliki kandungan kalium serta nutrisi yang bisa membantu Anda meringankan nyeri pada bagian sendi. Kandungan antioksidan dan anti inflamasi dalam ceri juga cukup tinggi, sehingga bisa membantu mencegah terjadinya radikal bebas dan peradangan pada tubuh. Baca juga: Jus untuk Asam Urat.

7. Mengonsumsi daun salam

Biasanya daun salam merupakan pelengkap yang biasa digunakan ibu rumah tangga untuk memasak. Selain bermanfaat untuk menambahkan aroma pada masakan, ternyata salam juga sangat bermanfaat untuk penderita asam urat. Kandungan yang terdapat pada daun salam diantaranya adalah antioksidan, rutin, asam caffeic, salisilat, fitonutrien, flavonoid, asam laurat, vitamin A dan vitamin C. Kandungan-kandungan tersebut sangat membantu untuk menyeimbangkan kadar asam urat dalam tubuh, bahkan bukan hanya itu saja. Salam juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi oleh penderita jantung dan kanker. Baca juga: Bahaya Asam Urat.

8. Minum cuka apel organik

Cuka apel organik memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Sehingga bisa bermanfaat untuk membantu mekanisme keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh. Selain itu cuka apel juga bisa membantu merangsang cairan dalam pencernaan seperti bikarbonat sehingga bisa membantu dalam pembentukan basa. Saat sistem dalam tubuh menjadi lebih basa, maka akan berdampak pada penurunan menumpuknya asam urat dalam tubuh.

9. Mengonsumsi tumbuhan sidaguri

Sidaguri atau dikenal juga dengan nama tumbuhan guri, siliguri dan otok-otok ini bisa membantu mengatasi pembengkakan akibat asam urat. Banyak sekali orang-orang yang memanfaatkan tanaman ini untuk membantu menurunkan sakit dan bengkak pada sendi, Tumbuhan ini memiliki kandungan asam amino, saponin, kalsium oksalat, minyak atsiri, fenol, lubrika dan zat phlegmatic yang sangat baik untuk ekspekton. Khasiat sidaguri untuk asam urat adalah membantu untuk meluruhkan urin dan radang pada tubuh.

ads

Untuk mengonsumsinya Anda bisa merebus tanaman sidaguri, lalu biarkan sampai menguap, setelah itu tunggu beberapa menit untuk agar rebusan air terasa hangat, barulah Anda bisa meminumnya. Ada baiknya Anda mengonsumsi sebanyak 3 gelas rebusan sidaguri dalam sehari. Secara perlahan Anda akan merasakan bengkak asam urat mulai mengecil.

10. Mengonsumsi kumis kucing

Kumis kucing merupakan tumbuhan yang bisa tumbuh di anak sungai atau selokan. Tumbuhan yang mempunyai rasa manis dan sedikit pahit ini bermanfaat sebagai tumbuhan yang diuretik. Kumis kucing juga terkenal dengan manfaatnya yang bisa menghancurkan batu padan saluran urin. Manfaat lainnya adalah tentunya bisa menghilangkan bengkak akibat asam urat. Kandungan garam kalium yang ada pada kumis kucing bermanfaat untuk melarutkan batu ginjal, sehingga bisa membantu untuk penghancuran asam urat yang disisakan oleh olahan purin yang terganggu. Baca juga: Obat Herbal untuk Asam Urat.

11. Membuat ramuan sendiri dari baking soda

Asam urat yang tinggi pada tubuh bisa mengendap dalam sendi dan menyebabkan rada sendi. Untuk membantu menurunkan asam urat dan membantu mengurangi rasa sakit pada sendi, Anda bisa mencoba membuat ramuan dari soda. Karena ternyata baking soda cukup membantu untuk menurunkan kadar asam urat dan rasa nyeri. Anda bisa membuat teh dengan campuran soda yang dilarutkan dalam satu gelas air. Coba untuk meminumnya sebanyak empat kali dalam sehari dalam waktu dua minggu. Secara perlahan tubuh Anda akan merasa lebih baik. Baca juga: Obat Asam Urat di Apotik.

12. Air dingin

Air dingin atau es bisa mengurangi rasa sakit dan bengkak, contohnya saja jika seseorang terjatuh dan mengalami bengkak di kaki dia akan mengandalkan air es untuk meredakan bengkaknya. Ternyata hal ini juga bekerja untuk meredakan sakit akibat asam urat. Anda bisa coba merendam bagian sendi yang terasa bengkak dan sakit, diamkan selama 15 menit. Ulangi hal ini 2 kali dalam sehari. Ini akan sedikit membantu untuk mengobati rasa sakit sendi. Namun hindari menggunakan secara berlebihan, karena bisa membentuk kristalisasi pada asam urat. Baca juga: Makanan Penyebab Asam Urat.

13. Konsumsi buah pisang

Buah-buahan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu menangani asam urat adalah pisang. Kandungan kaliumnya yang tinggi bisa membantu untuk merubah Kristal asam urat yang asalnya mengendap dalam persendian menjadi cair dan akhirnya bisa dikeluarkan oleh tubuh lewat saluran urin. Selain itu pisang juga memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu untuk mengurangi peradangan dan sakit pada sendi. Anda bisa mengonsumsi pisang 2 buah dalam sehari. Baca juga: Buah untuk Asam Urat.

14. Mengonsumsi jahe

Bagi Anda yang mengalami peradangan sendi, jahe bisa menjadi salah satu alternatif selanjutnya yang bisa membantu mengurangi rasa sakit. Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang sangat membantu penderita asam urat meringankan gejalanya. Untuk mengonsumsinya Anda bisa mulai dengan memotong kecil jahe, kemudian direbus menggunakan air secukupnya, jika sudah hangat Anda bisa langsung meminumnya. Ada baiknya Anda mengkonsumsi jahe 2 kali dalam sehari. Baca juga: Manfaat Jahe untuk Asam Urat.

15. Berendam dengan karbon aktif

Karbon aktif atau arang aktif bisa bermanfaat untuk menyerap asam urat. Oleh karena arang bisa menjadi salah satu cara pengobatan alternatif yang dilakukan oleh Anda sendiri. Untuk menggunakan arang sebagai penyerap asam urat, Anda bisa mulai dengan mencampurkan bubuk arang dalam air, aduh sampai membentuk seperti pasta. Masukan racikan arang dalam bak mandi, lalu Anda bisa merendam bagian tubuh yang terserang asam urat, rendamlah selama kurang lebih setengah jam saja. Baca juga: Cara Mencegah Asam Urat.

Itulah beberapa cara menyembuhkan asam urat tanpa obat atau penanganan medis dari dokter. Inti dari setiap kesehatan adalah perbaikan pola hidup kepada yang lebih baik, jadi selama Anda menginginkan kesembuhan tanpa adanya perubahan pola hidup, tentu tidak akan berdampak positif pada tubuh.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan