Sponsors Link

9 Cara Pijat Penyakit Asam Urat di Kaki yang Benar

Sponsors Link

Penyakit asam urat atau juga biasa disebut dengan gout merupakan penyakit yang akan menyebabkan adanya pembengkakan ditambah rasa nyeri pada daerah persendian. Penyakit ini biasanya disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang terlalu banyak memiliki kandungan purinnya.

ads

Terlalu banyak purin pada tubuh akan mengakibatkan adanya penumpukan urin dalam darah, sehingga ginjal tidak mampu membersihkannya. Akibatnya jika dibiarkan semakin lama, penumpukan akan semakin bertambah dan mulai menjadi kristal lalu masuk pada sela-sela persendian. Normalnya purin akan dibersihkan oleh ginjal, namun pada penderita asam urat, ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik.

Baca juga:

Walaupun semua daerah sendi mempunyai potensi untuk terserang asam urat, namun pada umumnya asam urat akan terjadi di daerah sendi jempol kaki, lutut, jari, engkel kaki dan pergelangan tangan. Biasanya gejalanya ditandai dengan serangan rasa sakit yang sangat hebat, lama kelamaan akan mengalami pembengkakan dan warnanya menjadi kemerahan. Jika asam urat sudah sangat parah, bisa membuat orang yang menderita tidak bisa menggerakan sendinya sama sekali, dan mereka akan sering merasa kesakitan.

Supaya Anda dapat terhindari dari penyakit ini, ada baiknya Anda mengurangi makanan yang banyak mengandung zat purinnya. Namun, apabila Anda sudah terkena asam urat dan berniat untuk melakukan pengobatan sendiri dengan cara memijat.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Memijat

Saat Anda mendapatkan asam urat dan persendian sudah mulai membengkak, sebaiknya jangan dulu dipijat langsung pada bagian yang sakit. Tidak hanya berlaku untuk asam urat saja, namun semua bengkak yang disebabkan kecelakaan atau benturan juga sebaiknya jangan dipijat pada bagian yang sakitnya langsung.

Anda harus melihat dulu kondisi bengkaknya. Beberapa teknik memijat yang bisa Anda lakukan saat dalam keadaan bengkak adalah seperti mengurut dengan lembut pada bagian yang bengkak dan tidak melakukan tekanan yang sangat kuat. Atau bisa juga dengan melakukan pijat refleksi, yaitu memijat pada titik yang sama dengan titik yang terasa sakit. Misalnya, jika pembengkakan terjadi pada kaki sebelah kanan, Anda cukup melakukan pemijatan dititik yang sama yaitu pada tangan kanan. Atau saat Anda merasakan sakit asam urat pada bahu, Anda bisa melakukan pemijatan pada titik refleksi dibagian bahu kaki.

Baca juga:

Titik Pijat Refleksi untuk Asam Urat

Untuk melakukan pemijatan pada titik refleksi Anda haruslah melakukannya dengan benar agar bisa membantu untuk menyembuhkan asam urat. Dibagian telapak kaki terdapat 6 titik refleksi yang bisa membantu beberapa penyembuhan jika dilakukan dengan baik. Diantaranya adalah:

  1. Titik refleksi yang bisa membantu penyembuhan saluran urin ginjal dan kandung kemih yang berguna untuk membantu pembuangan zat purin dalam tubuh.
  2. Selanjutnya titik refleksi yang bisa mengarah ke jantung, adrenal dan kelenjar limpa sehingga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan juga sistem kekebalan pada tubuh.
  3. Pada bagian atas kaki, terdapat empat titik refleksi. 2 titik pertama yaitu titik akupresur yang letaknya ada pada 3 jari di atas sendi bagian jempol kaki kanan dan kaki kiri.
  4. 2 titik selanjutnya merupakan titik akupresur yang letaknya ada di bagian sendi jempol kaki kanan dan kiri sebelah atas.
  5. Selanjutnya turun ke bagian pinggir kaki, merupakan titik refleksi untuk persendian lutut kiri dan kanan.
  6. Dan yang terakhir letaknya ada pada empat jari di bawah tempurung lutut bagian samping tulang kering sebelah atas kiri dan kanan, ini merupakan titik akupresur.

Titik refleksi dan juga akupresur tersebut bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit karena asam urat, Anda bisa melakukannya pada bagian sendi kaki seperti engkel, lutut dan sendi belakang jempol. Anda bisa melakukan pemijatan refleksi ini sesuai dengan yang diperlukan oleh tubuh Anda.

Sponsors Link

Baca juga:

Cara Pijat Penyakit Asam Urat yang Benar

Agar tidak sampai salah pijat dan malah menyebabkan asam urat semakin parah, berikut cara pijat penyakit asam urat di kaki yang benar:

  • Anda bisa menggunakan tongkat ukuran kecil yang memiliki kepala bulat atau bisa juga langsung dengan jari tangan Anda. Selanjutnya oleskan balsam atau minyak pada daerah refleksi yang akan mulai dipijat, ini dilakukan agar kulit tidak mengalami lecet setelah dipijat.
  • Lakukan pemijatan pada titik refleksi, tekan agak kuat. Jika menggunakan tongkat, posisikan menjadi tegak lurus lalu diputar dan maju mundurkan. Apabila Anda menemukan ada gumpalan atau endapan seperti ada kristal yang mengganjal, Anda akan merasakan panas dan sakit di bagian tersebut.
  • Untuk menghilangkan pendapat tersebut, Anda bisa melakukan pemijatan seperti sebelumnya dengan perlahan. Lakukan selama kurang lebih 5 menit. Jika endapan sudah hancur, makan nanti akan dengan praktis dikeluarkan melalui urin.

Jika asam urat Anda sudah parah, bisa melakukannya sampai 3 kali dalam sehari. Jangan lupa untuk banyak minum air putih sebelum dan setelah melakukan pemijatan agar bisa mempercepat pembuangan racun dalam tubuh. Pada umumnya, penyakit asam urat memang tidak boleh Anda lakukan pemijatan langsung. Namun melakukan pemijatan pada bagian titik refleksi dan akupresur yang tidak langsung mengarah ke sendi, sangat diperbolehkan. Artinya jika Anda ingin melakukan pijat refleksi asam urat itu dibolehkan.

Baca juga: Obat Oles untuk Asam UratPengobatan Asam Urat.

Tanda-Tanda Terserang Asam Urat

Jempol kaki yang sakit, ini adalah gejala awal yang biasanya sering terjadi pada umumnya. Orang tua biasanya yang sering mengeluhkan mengenai rasa sakit pada sendi yang data tiba-tiba. Atau bahkan sampai merasakan panas dan sendi yang sangat lemah. Selanjutnya jika sudah mulai nyeri pada jempol kaki, keesokan harinya setelah nyeri hilang jika asam urat bertambah parah akan mulai menyerang bagian lainnya, seperti:

  • Rasa nyeri yang terjadi pada pada sendi bagian kaki, sakitnya akan terasa sangat hebat.
  • Perasaan kaki seperti sedang terbakar
ads
  • Sendi mulai meradang atau membengkak
  • Warna kemerahan pada pembekakan sendi
  • Tidak bisa bergerak bebas bahkan tidak bisa bergerak sama sekali
  • Sendi sulit sekali jika ingin digerakan
  • Sendi akan terasa sangat gatal
  • Merasakan tidak nyaman pada daerah persendian

Baca juga: Tanda-Tanda Asam UratAsam Urat pada Ibu Hamil.

Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Makanan yang boleh dikonsumsi dan harus dihindari oleh mereka yang terkena asam urat disebabkan penumpukan purin, maka mereka tidak boleh mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin 150 sampai 800 mg. Berikut adalah makanan yang dilarang:

  • Jeroan: hati, ginjal, limpa, otak, jantung, babat, paru dan juga usus.
  • Kaldu daging
  • Sosis dan juga produk daging lainnya
  • Burung
  • Bebek
  • Makanan laut: ikan sarden, makarel, kerang, kepiting dan yang lainnya (Baca juga: Ikan yang boleh dimakan penderita asam urat).
  • Minuman: yang mengandung soda dan alkohol yang tinggi seperti bir (Baca juga: Jus untuk Asam Urat)
  • Ragi

Makanan yang Boleh Dikonsumsi Namun Harus Dibatasi

Selain ada makanan yang dilarang ada juga makanan yang boleh dikonsumsi namun harus dibatasi, atau jangan terlalu banyak. Berikut adalah makanan yang memiliki kandungan purin namun dalam jumlah yang sedikit:

  • Daging ayam, konsumsi lah hanya 50 gram per harinya
  • Jenis ikan-ikanan : Tongkol, ikan bawal, ikan tenggiri, ikan bandengan, batasi juga hanya 50 gram per harinya.
  • Jenis kacang-kacangan: Kacang tanah, kacang hijau, dan juga kacang kedelai. Batasilah konsumsinya hanya 25 gram per harinya
  • Produk olahan dari kacang kedelai: tempe dan tahu, batasi juga hanya 25 gram per harinya
  • Jamur: jenis sayuran seperti kangkung, bayam, asparagus, daun dan biji melinjo, buncis, kapri, kembang kol dan kacang polong. Anda bisa memakannya maksimal 100 gram per harinya.
  • Anda bisa memakannya hanya dalam jumlah 100 gram per harinya.

Lalu sebaiknya apa yang harus penderita asam urat konsumsi agar tidak mendapatkan asam urat yang lebih parah? Anda bisa memakan makanan yang mempunyai kandungan gizi yang seimbang.

  • Konsumsilah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini bisa Anda dapatkan di buah-buahan, gandum dan juga sayuran. Anda juga harus membatasi makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat yang sederhana, seperti dalam permen, roti tawar, cake, dan minuman yang rasanya manis.
  • Anda juga sebaiknya harus mulai menghindari lemak, agar purin tidak tertumpuk dengan bayak lemak dalam tubuh. Lemak jenuh biasanya akan diperoleh dari ayam berlemak, daging merah, susu yang mempunyai kandungan lemak tinggi. Batasi juga protein yang berasal dari ikan dan daging. Anda bisa menggantinya dengan protein pada susu yang rendah lemak atau bahkan bebas lemak dan juga dari telur dan keju.
  • Jangan lupa juga untuk selalu minum air yang banyak agar bisa membantu untuk mengurangi adanya pembentukan kristal asam urat didalam ginjal. Minum sedikitnya hanya 8 gelas per harinya.
  • Jika Anda memiliki berat badan yang berlebihan, sebaiknya Anda mulai melakukan diet sehat untuk menurunkan lemak dalam tubuh agar bisa mencapai ukuran normal. Karena obesitas atau berat bada berlebihan juga adalah salah satu faktor resiko untuk terserang asam urat. Dengan melakukan diet sehat, Anda bisa mengurangi jumlah tekanan pada bagian sendi.
  • Perbanyaklah mengkonsumsi vitamin C, yang bisa membantu Anda untuk mengurangi asam urat. Sebab bagi mereka yang sering dan banyak mengkonsumsi vitamin C biasanya bisa terhindari dari resiko asam urat.

Baca juga:

Demikianlah ulasan tentang informasi asam urat dan cara pijat penyakit asam urat yang benar. Anda bisa melakukannya dirumah dengan santai dan hati-hati.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan