Sponsors Link

10 Ciri-Ciri Asam Urat di Kaki dan Cara Mencegahnya

Sponsors Link

Penyakit asam urat atau dikenal juga dengan nama penyakit gout merupakan penyakit yang akan menyerang pada bagian persendian. Pada penderita asam urat mereka biasanya akan merasakan rasa nyeri yang sangat hebat disertai dengan rasa panas yang tidak bisa ditahan pada bagian sendinya. Meskipun asam urat bisa dialami pada bagian persendian, namun bagian yang paling sering dirasakan sakit adalah pada jari kaki, lutut dan juga pergelangannya.

ads

Berikut ini penyebab asam urat pada kaki:

  • Karena pola hidup yang buruk dan mengkonsumsi makanan mengandung purin serta kolesterol yang sangat berlebihan
  • Terlalu sering mengkonsumsi alkohol, nikotin dan minuman bersoda
  • Ginjal mengalami gangguan sehingga tidak mampu mengolah dan mengeluarkan zat purin dengan baik
  • Penumpukan purin pada darah dan tubuh yang semakin parah dan sulit untuk bisa diturunkan
  • Jarang melakukan olahraga atau aktivitas yang bergerak
  • Sangat sedikit mengkonsumsi air putih
  • Adanya faktor keturunan dari keluarga dekatnya atau orang tuanya
  • Faktor umur yang biasanya akan menyerang pada orang lanjut usia diatas usia 50 tahun

Sebelum Anda melakukan pencegahan dan penyembuhan untuk mengatasi asam urat. Ada baiknya, Anda mengetahui 10 ciri-ciri asam urat di kaki. Sehingga saat gejala-gejala ini muncul, Anda bisa segera mengatasinya. Karena banyak orang-orang yang tidak mengetahui saat mereka merasakan sakit pada bagian kaki ternyata mereka sedang terserang oleh gejala asam urat. Berikut ciri-cirinya:

1. Bagian persendian dirasa tidak nyaman

Saat bagian sendi kaki Anda merasa ada yang tidak nyaman, termasuk pada bagian lutut. Ini adalah kondisi yang biasa terjadi pada awal terjadinya gejala asam urat. Rasa tidak nyaman pada bagian sendi ini sangat berpotensi terjadi saat malam dan siang hari. Saat tiba-tiba Anda merasakan bahwa bagian sendi kaki sangat aneh dan tidak terasa biasa, ada baiknya Anda segera memeriksakan pada dokter. Biasanya hal yang dapat dirasakan adalah bagian pergelangan kaki dan lutut hingga sangat sulit untuk digerakkan, inilah yang mengakibatkan Anda merasa sangat tidak nyaman. Biasanya rasa tidak nyaman pada sendi akan bertahan dan berlangsung selama lebih dari 3 hari. Namun, rasa tidak nyaman tersebut bisa hilang dengan sendirinya. Baca juga: Cara Mengatasi Asam Urat di Kaki.

2. Sendi kaki mulai terasa sangat nyeri

Gejala selanjutnya adalah Anda akan merasakan rasa nyeri atau sakit pada bagian persendian kaki. Hal ini biasanya sering dikeluhkan oleh para orang tua yang sudah lanjut usia. Rasa sakit yang dirasakan, pada umumnya timbul saat malam hari atau setelah Anda bangun tidur. Nyeri yang dialami juga akan sangat beragam, beberapa orang menganggap bahwa rasa nyeri ini adalah rematik. Padahal sebenarnya rasa nyeri tersebut timbul karena ada penumpukan asam urat dibagian sendi kakinya. Memang rasa sakitnya tidak jauh berbeda dengan rematik, sehingga kerap kali penderita tidak bisa membedakan rasa sakit antara keduanya. Baca juga: Cara Pijat Penyakit Asam Urat.

3. Bagian sendi terasa kesemutan

Selain mengalami rasa nyeri pada bagian persendian kaki, Anda juga akan merasakan adanya kesemutan pada bagian sendi. Jika biasanya kesemutan terjadi karena Anda berada di posisi yang sama dalam waktu yang lama, sehingga akan menyebabkan adanya peredaran darah yang tidak lancar. Namun kali ini, Anda akan merasakan kesemutan karena kadar asam urat yang ada dalam darah sangatlah tinggi. Bahkan kesemutan pun bisa disebabkan karena kondisi asam urat sudah semakin meradang pada bagian persendian. Baca juga: Bahaya Asam Urat.

4. Anda akan merasakan kaki seperti terbakar

Selain mendapatkan rasa nyeri, Anda juga akan merasakan kaki anda seperti sedang terbakar atau dengan tiba-tiba kaki Anda terasa sangat panas. Hal ini disebabkan karena adanya kadar asam urat dalam tubuh yang sangat tinggi dan tersimpan di dalam darah, sehingga rasa panas akan timbul dan terus menjalar pada bagian kaki. Biasanya yang paling pertama akan terserang rasa sakit adalah bagian jempol kaki, kemudian sedikit demi sedikit akan menyebar pada seluruh bagian kaki. Tidak sedikit mereka yang mendapatkan rasa panas pada kaki akan kekurangan waktu tidurnya karena tidak bisa menahan rasa panas dan nyeri secara bersamaan. Baca juga: Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat.

Sponsors Link

5. Mengalami rasa sakit pada bagian jempol kaki

Apakah Anda sering merasakan sakit pada bagian jempol kaki? Sebaiknya Anda berhati-hati, karena bisa jadi ini merupakan tanda awal karena disebabkan kadar asam urat dalam tubuh yang sangat tinggi. Rasa sakit ini biasanya akan terjadi pada malam hari, sehingga Anda akan kesulitan untuk beristirahat dengan baik. Bahkan rasa sakit yang Anda rasakan, bisa memicu perubahan emosi pada diri Anda. Penderita yang mendapatkan gejala sakit pada bagian jempol kaki akan kesulitan saat menggerakan jempolnya, ia juga akan merasa tubuhnya semakin melemah. Jika ternyata Anda sangat sering mendapatkan gejala sakit pada jempol sebaiknya Anda segera memeriksakannya pada dokter, karena kemungkinan besar itu adalah tanda-tanda peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Baca juga: Buah Pada Asam Urat.

6. Sendi pada bagian kaki mulai terasa gatal

Memang akan agak terasa aneh, bagaimana mungkin persendian akan terasa gatal? Saat sendi sedang mendapatkan rasa panas, biasanya akan diikuti dengan rasa gatal, lebih tepatnya gatal terjadi pada jaringan dipermukaan kulit. Gejala awal yang seperti ini, biasanya tidak terlalu menjadi perhatian dan kebanyakan orang hanya menganggap sebagai gatal karena alergi biasa saja. Kulit yang terasa gatal lama-kelamaan akan berkembang menjadi kulit sendi yang semakin mengeras. Ini merupakan sebuah petunjuk untuk Anda agar dapat mengetahui bahwa kada asam urat dalam tubuh Anda mulai meningkat. Saat kadarnya mulai tidak terkendali, gejala akan semakin lebih buruk dan pada akhirnya akan mulai menyebar pada semua bagian persendian dan sekelilingnya. Baca juga: Sayuran yang Dilarang Asam Urat.

7. Bagian sendi kaki mulai terasa sangat kaku

Setelah Anda merasakan hal yang tidak nyaman pada bagian sendi. Gejala selanjutnya yang akan Anda rasakan adalah adanya rasa kaki yang membuat Anda tidak mampu untuk menggerakan kaki dengan normal. Karena tidak bisa menggerakan kaki dengan bebas ini juga sangat berhubungan dengan rasa tidak nyaman sebelumnya. Saat Anda merasakan gejala ini, Anda harus mulai mengontrol kadar asam urat yang masuk kedalam tubuh. Jika penanganannya tidak segera diatasi dan sangat terlambat atau Anda ternyata malam mengabaikannya karena Anda mengira rasa kaku tersebut akan hilang dengan sendirinya maka hal itu adalah kesalahan besar. Karena jika didiamkan malah akan memperburuk kondisi Anda. Biasa saja, sendi yang awalnya bisa sedikit digerakan, lama-kelamaan akan sangat terasa kaku.

ads

Baca juga :

8. Permukaan kulit seperti bersisik

Gejala selanjutnya adalah bagian permukaan kulit Anda akan terasa seperti bersisik, ini juga bisa menjadi salah satu gejala awal asam urat yang menyerang kaki Anda. Sehingga tidak hanya terserang rasa nyeri atau panas saja. Biasanya kulit bersisik tersebut akan disertai dengan rasa gatal yang sulit ditahan. Kondisi ini juga merupakan salah satu tanda kadar asam urat dalam tubuh mulai semakin tinggi.

9. Bagian sendi mulai terlihat seperti kemerahan

Rasa panas dan juga gatal bisa menjadi salah satu gejala awal pada penyakit asam urat. Namun bagian sendi menjadi kemerahan pun harus Anda waspadai sebagai salah satu gejala yang cukup dominan. Merahnya bagian sendiri kaki Anda, akan timbul saat gejala sebelumnya yaitu terasa terbakar menyerang Anda. Hal ini juga menjadi salah satu tanda bahwa asam urat sudah memasuki tahap yang mulai serius.

10. Sendi terasa membengkak

Gejala selanjutnya adalah adanya pembengkakan. Penumpukan asam urat dan kadarnya yang semakin meninggi pada bagian sendi akan menjadi salah pemicu terjadinya pembengkakan pada bagian persendian. Ini disebabkan karena asam urat diketahui sudah menimbun pada bagian peredaran darah, akibatnya masuklah pada bagian sendi. Namun, pembengkakan ini bukan merupakan gejala awal karena sendi hanya akan mulai semakin membengkak saat asam urat sudah benar-benar sangat parah.

Cara Mencegah Asam Urat pada Kaki

Bagaimana cara mencegah asam urat agar tidak sering kambuh? Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan:

  • Anda mulai mengurangi asupan purin dan kolesterol, atau Anda sebaiknya benar-benar menghindari dan tidak mengkonsumsinya.
  • Anda bisa melakukan terapi, baik menggunakan jus atau terapi dengan menggunakan obat herbal seperti daun salam, sambiloto, kumis kucing atau daun sirsak.
  • Mulailah rutin melakukan olahraga ringan, tidak perlu yang berat. Anda bisa melakukan jalan sehat atau lari santai setiap harinya. Atau Anda bisa melakukan olahraga lainnya yang berhubungan dengan penguatan otot dan bagian persendian.
  • Mulailah mengkonsumsi air putih sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh agar kesehatan ginjal semakin baik.
  • Konsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat seperti anggur, strawberry, blueberry, apel, pir, delima, mentimun dan banyak lagi.

Lakukanlah hal-hal di atas dengan rutin dan baik agar tidak terkena penyakit asam urat. Itulah informasi mengenai 10 ciri-ciri asam urat di kaki yang dapat Anda waspadai. Jika Anda merasakan beberapa gejala di atas, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Karena jika didiamkan terlalu lama kondisinya bisa saja akan semakin buruk. Di atas juga telah diberikan tambahan informasi mengenai penyebab dan cara melakukan pencegahannya. Inti dari semuanya adalah Anda haruslah bisa menerapkan pola hidup sehat pada diri Anda.

Baca juga :

Untuk mulai melakukan pencegahan, Anda bisa mulai melakukan list pantangan makanan bagi penderita asam urat yang perlu dihindari, atau makanan-makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk tubuh anda. Setiap harinya sebelum Anda bekerja juga, Anda bisa menyiapkan makanan terlebih dahulu. Dengan menyiapkan makanan Anda sendiri, maka Anda akan mengetahui kandungan apa saja yang sudah masuk ke dalam tubuh.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan