Sponsors Link

5 Ciri-ciri Asam Urat di Tangan dan Cara Mencegahnya

Sponsors Link

Asam urat merupakan sebuah zat yang dihasilkan dari proses pemecahan purin. Zat purin yang masuk pada aliran darah akan disaring pada ginjal lalu dibuangnya. Akan tetapi jika ginjal membuang zat purin dengan jumlah sedikit maka akan terjadilah penumpukan purin. Dengan terjadinya penumpukan zat purin maka biasanya akan tertumpuk pada bagian persendian. Zat purin yang menumpuk tersebut akan menjadi kristal sehingga muncullah penyakit asam urat dimana penderita akan mengalami kaku dan juga nyeri.

ads

Tempat yang paling sering terjadinya penumpukan purin yaitu pada bagian tangan. Akan tetapi banyak orang yang tidak mengetahui jelas bagaimana ciri-ciri penyakit asam urat. Oleh karena itu Anda harus mengetahui bagaimana ciri-ciri asam urat di tangan karena penyakit asam urat jika dibiarkan akan memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh yang lainnya.

Ciri-ciri asam urat di tangan haruslah diketahui karena dengan mengetahui ciri-cirinya maka Anda akan lebih awal mengetahui penyakit asam urat sehingga Anda dapat melakukan berbagai pengobatan dan pencegahan lebih dini. Penyakit asam urat yang tidak diobati akan menyebabkan berbagai hal buruk untuk tubuh. Ciri-ciri asam urat di tangan bukan hanya jari-jari tangan yang terasa nyeri dan kaku akan tetapi terdapat beberapa ciri-ciri lainnya. Berikut ini ciri-ciri asam urat di tangan diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Terasa sakit, nyeri dan kaku pada tangan

Pada bagian persendian akan terasa sakit, nyeri, kaku dan bahkan terasa panas hal ini disebabkan karena zat purin yang menumpuk menyebabkan peradangan pada persendian. Rasa nyeri yang dirasakan biasanya akan terasa lebih sakit setiap pagi hari atau saat bangun tidur dan juga pada malam hari. Rasa nyeri yang dirasakan akan terjadi secara berulang bahkan saat kadar asam urat semakin tinggi akan terasa sakit yang tak tertahankan setiap saat tangan akan bergerak.

2. Bengkak pada bagian tangan

Ciri-ciri yang kedua yaitu akan terjadi pembengkakan pada bagian persendian tangan yang terjadi penumpukan zat purin. Pembengkakan yang terjadi biasanya terjadi pada jari-jari tangan ataupun pada bagian persendian tangan yang terserang asam urat. Pada saat terjadi pembengkakan biasanya disertai dengan rasa nyeri yang terasa secara berulang. Pada bagian persendian yang terjadi penumpukan zat purin akan terasa panas. Persendian pada tangan akan terasa panas dengan tiba-tiba dan akan menghilang dengan sendirinya setiap hari.

3. Kesemutan

Selain rasa nyeri dan kaku ciri-ciri lainnya penyakit asam urat yaitu sering terjadi kesemutan terutama pada bagian tangan. Kesemutan terjadi secara sering sehingga sangat mengganggu berbagai aktivitas yang dilakukan penderita. Bahkan beberapa penderita asam urat mengelami kesemutan dalam jangka waktu yang lama sehingga mengalami kesulitan dalam menggenggam suatu barang.

4. Buang air kecil mencapai 5 kali pada malam hari

Beberapa penderita asam urat setiap malam hari sering buang air kecil bahkan dapat mencapai 5 kali pada malam hari. Frekuensi buang air kecil yang meningkat tersebut disebabkan karena adanya gangguan pada saluran kemih yang disebabkan karena zat purin.

Sponsors Link

5. Muncul Tofus

Muncul tofus, tofus yaitu sebuah benjolan yang merupakan tanda bahwa kadar asam urat sudah tinggi dan bahkan dapat menjadi tanda-tanda asam urat yang mulai serius. Munculnya tofus dapat disebabkan karena peradangan pada persendian yang tak kunjung diobati.

Semua ciri-ciri yang timbul pada penderita asam urat haruslah segera di obati karena jika dibiarkan akan mengakibatkan kesehatan lainnya terganggu. Pilihlah berbagai metode pengobatan yang tepat baik itu pengobatan melalui dokter ataupun melakukan berbagai cara penangan asam urat secara tradisional. Pastikan untuk selalu melakukan berbagai pengobatan agar penyakit asam ura lekas sembuh.

Cara Pencegahan Asam Urat

Untuk menghindari berbagai hal buruk yang akan ditimbulkan akibat penyakit asam urat maka perlulah diketahui cara mencegah terjadinya penyakit asam urat. Mengobati penyakit asam urat tidak hanya bisa dilakukan dengan berobat pada dokter akan tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi asam urat diantaranya yaitu sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Pilih makanan yang bersifat basa
  • Konsumsi air putih setidaknya 2500 ml dalam sehari
  • Hindari minuman beralkohol
  • Konsumsi kopi secukupnya jangan berlebihan
  • Konsumsi buah yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi
  • Konsumsi makanan yang rendah purin
  • Hindari berbagai makanan yang merupakan pantangan makanan asam urat dan diabetes
  • Lakukan olahraga secara rutin

Nah itu lah beberapa tips yang dapat dicoba dilakukan untuk menghindari terjadinya penyakit asam urat. Hindari berbagai hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit asam urat dan hal terpenting atur pola hidup sehat. Sekian pembahasan mengenai ciri-ciri asam urat di tangan. Semoga bermanfaat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab