Sponsors Link

16 Ciri-ciri Penyakit Asam Urat Tinggi dan Stadiumnya

Sponsors Link

Penyakit asam urat berkaitan dengan hiperurisemia yang terjadi karena peningkatan kadar purin dalam tubuh dan terganggunya fungsi ginjal sehingga tidak dapat mengeluarkan at purin yang berlebih. Perbandingan hiperurisemia di masyarakat diperkirakan antara 2,3% sampai 17,6% dengan laki-laki sebanyak 24,5% dan perempuan 23.9%. Penderita laki-laki lebih banyak dari perempuan karena laki-laki lebih banyak mengandung asam urat, sedangkan asam urat pada perempuan meningkat setelah mengalami menopause karena hormon estrogen berperan membantu sekresi asam urat melalui urin.

ads

Sebenarnya asam urat juga bermanfaat dalam tubuh, yakni sebagai antioksidan dan regeneresi sel. Bertindak sebagai antioksidan berarti menangkal radikal bebas di dalam tubuh, sedangkan dalam meregenerasi sel yakni membantu membentuk sel-sel baru untuk proses kimiawi tubuh selanjutnya. Namun, asam urat yang melebih batas inilah yang dapat menyebabkan penyakit asam urat. Kadar normal asam urat dalam darah untuk perempuan sebanyak 2-5,6 mg/dL dan untuk laki-laki sebanyak 3 – 7,2 mg/dL.

Penyebab asam urat tinggi ini bisa dari faktor eksternal maupun internal. Faktor dari luar misalkan makanan dengan kadar purin tinggi dan konsumsi alkohol. Sedangkan faktor internal bisa karena usia yang di atas 40 tahun, komplikasi penyakit sebelumnya yang dapat menyebabkan asam urat, seperti obat-obatan, polisitemia, obesitas dan diabetes mellitus.

Banyak macam-macam gejala umum penyakit asam urat. Utamanya peradangan atau inflamasi merupakan reaksi penting pada gejalanya. Reaksi ini merupakan pertahanan tubuh non spesifik untuk menghindari kerusakan jaringan akibat agen penyebab. Berikut beberapa ciri-ciri penyakit asam urat tinggi:

  1. Nyeri Sendi. Hal ini terjadi pada tengah malam dan merupakan gejala pertama. Gejala ini sering terjadi secara mendadak, padahal pada malam hari belum merasakan sesuatu apapun.
  2. Kesemutan
  3. Kemerahan dan bengkak pada sendi yang diserang. Warnanya merah atau keunguan, jika sudah agak lama sekitar lima hari, kulit di atasnya akan mengalami deskuamasi dan terkelupas.
  4. Terbentuk tofi (timbunan asam urat). Tofi merupakan kristal natrium urat yang mengendap dan mengakibatkan terjadinya penyakit asam urat akut. Apabila semakin parah maka sendi akan mengalami kerusakan sehingga penyakit asam urat akan masuk ke tahap kronis.
  5. Demam
  6. Kaku sendi. Persendian yang terkena asam urat menjadi kaku dan susah digerakkan.
  7. Sakit pada jempol kaki. Serangan pertama umumnya mengenai jempol kaki, kira-kira 70%. Urutan sendi yang terserang biasanya ibu jari kaki, sendi tarsal kaki, pergelangan kaki, sendi kaki belakang, pergelangan tangan, lutut, dan bursa olekron pada siku.
  8. Pembengkakan asimetris pada satu sendi. Pada bagian sendi yang bengkak akan terlihat lebih besar ketimbang sendi lainnya sehingga menimbulkan ketidak-simetrisan.
  9. Terdapat kristal urat yang khas dalam cairan sendi
  10. Nafsu makan berkurang dan jantung berdebar
  11. Hasil diagnosa inflamasi tidak disebabkan bakteri apapun
  12. Timbulnya perubahan bentuk organ tubuh akibat pembengkakan

Stadium Penyakit Asam Urat

Berkaitan dengan ciri-ciri penyakit asam urat tinggi, tentunya berhubungan dengan stadium penyakit asam urat tersebut. Ada empat stadium penyakit asam urat yang perlu anda ketahui, yaitu:

  • Asimptomatik: Asimptomatik adalah keadaan asam urat tinggi tanpa adanya gejala asam urat yang akut. Gejala hanya tubuh tidak segar dan ini tidak membutuhkan pengobatan.
  • Penyakit Asam Urat Akut
    • Pada awalnya serangan hanya bersifat monoartikular, artinya hanya satu bagian sendi saja. Namun lama kelamaan akan menyebar ke bagian tumit, sendi-sendi pada tangan dan pergelangan tangan.
    • Serangan terjadi pada malam hari selama 2-10 hari
    • Badan merasa lelah, demam dan menggigil
    • Dapat mengenai sendi-sendi yang besar seperti panggul dan bahu
    • Pembengkakan dan nyeri berkurang, kulit mengupas sampai normal kembali.
Sponsors Link

  • Asam Urat Interkritikal
    • Ditemukan cairan sendi pada kristal urat, menandakan kerusakan sendi yang progresif
    • Terdapat tanda peradangan yang akut dan kristal asam urat.
  • Asam Urat Kronis
    • Tofi semakin menyebar di sekitar sendi dan tulang rawan dari telinga serta jari tangan
    • Sendi-sendi dapat rusak hingga cacat
    • Terbentuk batu saluran kemih dan penyakit ginjal menahun atau ginjal kronik
    • Tofi dapat juga ditemukan dalam organ mata, laring dan katub jantung. Harus segera ditangani sebelum tofi pecah dan mengeluarkan kristal asam urat dalam urine.

Serangan akut asam urat terjadi jika perubahan kadar asam urat dalam serum darah (naik atau turun) sehingga sering kali diakibatkan oleh minuman alkohol, makanan yang berlebihan, kelelahan fisik, operasi dan minum obat-obatan yang menurunkan asam urat dalam serum. Penurunan asam urat dalam darah secara mendadak dengan obat tertentu seperti allopurinol dapat menimbulkan kekambuhan.

Sponsors Link

Asam urat akan menjadi akut jika dari awal tidak diberi pengobatan atau penanganan dengan benar. Kebanyakan orang mengalami serangan asam urat selama kurang lebih 1 tahun jika tidak diobati. Setelah serangan akut terjadi, terjadi proses lanjutan yang bersifat asimptomatik jika pemberian antiinflamasi tidak diberikan pada waktu yang cukup.

Untuk memastikan adanya penyakit asam dengan pasti maka harus dilakukan diagnosis dan membuktikan adanya kristal asam urat. Jika belum ditemukan cairan atau tofi sebagai bahan untuk diperiksa, maka bisa menggunakan diagnosa klinis dasar, seperti serangan yang khas dan hebat dan hiperurisemia atau kelebihan kadar asam urat dalam serum.

Menurut kriteria ACR atau The American College of Rheumatology, diagnosis dilakukan dengan adanya kristal urat dalam cairan sendi atau tofus, inflamasi maksimum pada hari pertama, serangan akut lebih dari satu kali, sendi berwarna merah, bengkak dan nyeri serta adanya pembengkakan asimetris.

Jika sudah ada tanda ciri-ciri penyakit asam urat tinggi,  maka segeralah melakukan pemeriksaan atau pencegahan sejak dini agar tidak menimbulkan asam urat akut atau bahkan kronis. Penyakit asam urat ini jika sudah stadium akhir akan menyebabkan komplikasi penyakit lainnya.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab