Sponsors Link

4 Ciri-ciri Kaki Bengkak Karena Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Kaki memiliki berbagai peran vital untuk berpindah tempat, menopang tubuh, dan melancarkan aktivitas sehari-hari. Namun masih banyak penyakit yang menyerang kaki seperti nyeri, bengkak, patah tulang, pendarahan, kesemutan, dan lain-lain. Semua masalah pada kaki tentu mengganggu aktivitas maupun memengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya. Situasi paling parah yang mungkin terjadi ialah amputasi bagi kaki supaya menghindari komplikasi yang terjadi jika hal tersebut tidak dilakukan.

ads

Salah satu penyakit yang sering menyerang kaki ialah asam urat atau gout. Penyakit ini membuat kaki menjadi bengkak dan nyeri secara tiba-tiba sehingga memaksa penderita harus mengistirahatkan kaki di sela kesibukan beraktivitas. Ketika penyakit asam urat menyerang di malam hari, tidur menjadi terganggu bahkan bisa membuat susah untuk melanjutkan tidur. Namun rupanya pembengkakan kaki dapat disebabkan oleh banyak hal sehingga Anda harus mampu membedakan antara penyebab asam urat sering kambuh atau bukan. Hal ini akan memudahkan langkah pengobatan sehingga peradangan pada kaki bisa diatasi.

Sejatinya, penyakit asam urat merupakan kondisi ketika kadar asam urat naik secara drastis dalam tubuh. Kenaikan asam urat yang berasal dari tingginya zat purin ini tidak bisa dibuang melalui urin sehingga menumpuk di persendian. Akibatnya, persendian terutama pada kaki dan tangan mengalami rasa nyeri yang luar biasa dan disertai pembengkakan di sekitarnya karena penumpukan asam urat. Namun pembengkakan ini memiliki ciri-ciri tersendiri yang relatif mudah dikenali berdasarkan gejala yang disertai, kebiasaan penderita, riwayat keturunan, dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan ciri kaki bengkak karena asam urat:

  • Bagian Persendian Terasa Kaku dan Nyeri

Persendian bermanfaat untuk menghubungkan tulang sekaligus membantu menentukan arah gerak antartulang dan tumpuan gerakan tubuh. Jika kaki bengkak lalu menjadi lebih kaku dan disertai dengan nyeri pada bagian persendian di sekitar kaki, seperti lutut, tumit, pergelangan kaki, dan jari-jari kaki maka asam urat berpotensi menyerang Anda. Hal ini tentu berbeda dengan penyakit lain yang disertai dengan rasa nyeri pada tulang tubuh bagian bawah seperti betis maupun penyakit karena nyeri otot yaitu rematik. Jika memberi perlakuan yang salah untuk mengatasi asam urat di tumit dan bagian kaki lainnya, maka rasa nyeri dan peradangan tersebut justru bertahan lebih lama.

  • Munculnya Sensasi Terbakar dan Kesemutan

Penyakit asam urat juga menimbulkan sensasi terbakar pada kaki yang dipengaruhi oleh aliran darah yang terhambat penumpukan asam urat. Rasa panas yang mengawali akan terus meningkat seiring waktu, mulai dari jempol kaki, keseluruhan jari-jari, lalu menjalar ke telapak kaki, pergelangan kaki, tulang betis, hingga asam urat di paha. Pembengkakan kaki yang disertai sensasi terbakar juga mungkin ditambah dengan rasa kesemutan. Meskipun Anda tidak berada dalam posisi yang sama dalam waktu lama, tiba-tiba rasa kesemutan datang dengan sensasi terbakar. Semakin tinggi kadar asam urat dalam darah, maka tingkat rasa sakitnya juga semakin tinggi.

  • Kemerahan Pada Persendian

Pembengkakan kaki termasuk gejala yang terparah penyakit asam urat yang biasanya membuat kaki berubah warna menjadi kemerahan atau keunguan. Perubahan warna yang mencolok dapat terjadi pada area yang agak luas dan sering lelah karena menjalani aktivitas, misalnya gejala kemerahan karena asam urat di lutut. Sebelum perubahan warna terjadi, gejala yang pasti dialami ialah rasa terbakar pada persendian seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya. Bahkan jika penumpukan kristal asam urat terjadi di area jari-jari kaki yang dekat dengan kuku dapat mengakibatkan pengelupasan kulit.

Sponsors Link

  • Riwayat Kesehatan dan Kebiasaan Tidak Menyehatkan

Asam urat merupakan penyakit yang dapat diturunkan secara genetik sehingga keluarga Anda dapat memiliki potensi asam urat. Biasanya penderita asam urat pada anak muda yang berasal dari penyakit genetik akan memiliki gejala yang lebih sulit dirubah maupun diatasi karena faktor genetik telah menetap. Hal ini juga dipengaruhi oleh zat purin yang berperan dalam proses sintesis protein yang menguntai DNA. Hal ini diperparah dengan kebiasaan yang buruk seperti sering mengonsumsi makanan kaya zat purin, seperti hasil olahan laut, daging merah, makanan kaya pemanis, dan lain-lain. Mengonsumsi alkohol dan merokok juga dapat meningkatkan potensi asam urat sehingga Anda harus menguranginya.

Ciri kaki bengkak karena asam urat dapat diketahui dari gejala dan riwayat kesehatan yang dimiliki. Beberapa di antaranya memiliki kesamaan dengan penyakit lain sehingga sebaiknya Anda rutin memeriksa kadar asam urat dalam tubuh. Tindakan yang paling efektif untuk mengetahui potensi penyakit asam urat ini juga akan membantu Anda lebih cepat untuk menerapkan cara mengatasi asam urat di kaki.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab