Sponsors Link

Colchicine : Fungsi – Dosis – Efek Samping – Cara Penyimpanan

Sponsors Link

Apa itu colchicine? Apa fungsi colchicine bagi tubuh? Bagaimana dosis yang seharusnya dianjurkan untuk mengkonsumsi colchicine? Apa efek samping dari mengkonsumsi colchicine? Bagaimana cara penyimpanan obat colchicine? Apa saja contoh obat bermerk yang memiliki kandungan colchicine?

ads

Colchicine merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit asam urat dengan cara mengurangi rasa nyeri pada persendian yang sering kambuh secara tiba-tiba. Ketika kadar asam urat tinggi, zat asam urat tersebut membentuk kristal-kristal yang mengeras dan mengendap di persendian tangan dan kaki.

Cara kerja colchicine dalam tubuh yaitu dengan mengurangi jumlah sel darah putih yang bergerak menuju persendian sehingga berfungsi untuk meredakan nyeri. Colchicine tidak berfungsi sebagai penghilang rasa sakit, tetapi hanya sebagai pereda nyeri dengan mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat tersebut dan tidak digunakan untuk meringankan penyebab nyeri dari penyakit lainnya.

Dosis Colchicine

Lalu, bagaimana dosis yang seharusnya dianjurkan untuk mengkonsumsi colchicine? Dosis dalam mengkonsumsi colchicine bergantung dari serangan asam uratnya itu sendiri. Pada tahap awal apabila penderita mengalami serangan pertama asam urat sebaiknya mengkonsumsi 1 mg colchicine yang kemudian dilanjutkan dengan mengkonsumsi kembali 0,5 mg setelah 1 jam berikutnya. Jika penderita masih merasakan nyeri yang tak kunjung reda, maka dianjurkan mengkonsumsi lagi sebanyak 0,5 mg per 8 jam sampai gejala asam urat tersebut hilang. Setelah penderita mengkonsumsi colchicine sebanyak 6 mg dalam sehari, maka colchicine baru dapat dikonsumsi lagi setelah 3 hari berikutnya.

Berbeda halnya pada penderita yang sudah memiliki riwayat asam urat dan ingin mencegahnya agar tidak kambuh lagi, yaitu dengan mengkonsumsi 0,5 mg setiap dua kali sehari. Selebihnya, dalam mengkonsumsi colchicine tidak diperkenankan melalui ukuran dan perkiraan diri sendiri, akan tetapi harus sesuai petunjuk dokter. Mengapa? Karena obat ini memiliki efek samping yang akan mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya apabila dikonsumsi dengan tidak sesuai dosis atau aturan yang dianjurkan.

Perlu diperhatikan bahwa colchicine tidak dianjurkan pada penderita asam urat di bawah usia 16 tahun, ibu hamil dan menyusui, alergi obat, dan lain sebagainya. Apabila rasa nyeri yang disebabkan oleh penyakit asam urat tinggi yang diderita tak kunjung juga reda setelah mengkonsumsi colchicine, sebaiknya konsultasikan ke dokter dan jangan meningkatkan dosis atau penggunaan dalam jangka panjang yang berlebihan karena akan membahayakan kesehatan tubuh.

Sebaiknya juga apabila penderita sedang dalam kondisi mengkonsumsi alkohol lebih baik untuk tidak meminum obat colchicine karena nantinya kinerja obat tidak akan bereaksi di dalam tubuh. Colchicine dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan dan baik dikonsumsi secara teratur. Agar lebih aman, sebaiknya mengkonsumsi colchicine sesuai anjuran dokter atau membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada label kemasan terlebih dahulu.

Efek Samping Colchicine

Pada penggunaannya terutama dalam jangka panjang, colchicine memiliki efek samping yang tidak baik bagi tubuh. Bagi penderita asam urat lansia memiliki respon yang lebih sensitif apabila mengkonsumsi jenis obat colchicine. Respon yang dialami oleh penderita asam urat lansia biasanya terasa nyeri dan lemah otot apabila tidak cocok atau over dosis. Selain itu, kondisi kesehatan Anda juga perlu dikonsultasikan kepada dokter sebelum mengkonsumsi colchicine. Hal ini dikarenakan agar penderita aman ketika mengkonsumsi colchicine tanpa harus mengkhawatrikan kondisi kesehatan diri sendiri. Adapun beberapa efek samping obat asam urat colchicine lainnya yang diperoleh apabila dikonsumsi dalam jangka panjang atau over dosis dan ketidakcocokan karena faktor tertentu, yaitu diantaranya:

  1. Merasa lelah
  2. Sakit kepala
  3. Nyeri
  4. Gangguan pencernaan
  5. Cidera sel yang meliputi ginjal, pembuluh darah, hati, dan otak
  6. Gangguan saraf
  7. Gangguan kulit (seperti timbul lebam dan ruam pada kulit)
  8. Gangguan sistem hati dan empedu
  9. Gangguan otot, seperti nyeri otot, tegangan atau lemah pada otot, dan rhabdomyolysis
  10. Gangguan sperma (khusus pada laki-laki) sehingga dapat mempengaruhi kesuburan laki-laki.
Sponsors Link

Beberapa efek samping tersebut terjadi apabila penderita meningkatkan jumlah dosis, terlalu sering mengkonsumsi colchicine dengan ketergantungan, atau penderita tidak merasakan kondisi yang membaik walaupun sudah dalam waktu lama mengkonsumsi colchicine. Jika efek samping tersebut telah Anda rasakan, lebih baik segera hentikan pemakaian dan berobat ke dokter untuk mengatasi efek samping yang diperoleh dari colchicine.

Cara Penyimpanan Obat Colchicine

Pada umumnya obat jenis colchicine dapat disimpan dalam suhu ruangan normal (tidak terlalu panas atau dingin), tidak terkena paparan sinar matahari langsung, dan tidak disimpan di tempat lembab. Namun teruntuk merek lain yang memiliki kandungan colchicine, biasanya memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Aturan penyimpanan colchicine pada merk lain biasanya tertera pada petunjuk dalam kemasan masing-masing. Jika tidak tertera cara penyimpanan colchicine pada petunjuk penggunaannya, lebih baik tanyakan pada apoteker atau dokter secara langsung.

Contoh Obat Bermerk/Paten dari Colchicine

Colchicine merupakan kandungan obat yang digunakan untuk mengatasi asam urat. Obat colchicine digunakan apabila penderita asam urat tidak mampu mengkonsumsi obat pereda nyeri dari golongan anti-inflamasi non-steroid yang disebabkan karena alasan tertentu. Colchicine bekerja dengan cara mengurangi pembentukan sel darah putih yang terjadi di area peradangan sehingga siklus radang terputus. Oleh sebab itu colchicine mampu mengatasi nyeri yang disebabkan dari asam urat. Selain untuk mengatasi asam urat, colchicine digunakan untuk mengobati demam mediterania familial, perikarditis, dan sebagainya. Adapun jenis obat bermerk yang mengandung colchicine, yaitu diantaranya:

Sponsors Link

  1. Colchicine

Colchicine merupakan obat jenis anti-inflamasi untuk penyakit asam urat dengan merek dagang Colcrys, Mitigare, Colchicine. Obat ini khusus dikonsumsi untuk anak dan dewasa diatas 12 tahun dan tersedia dalam bentuk tablet. Sebaiknya tidak dikonsumsi bagi penderita yang memiliki riwayat hipertensi, alergi, dan sejenis kelainan obat lainnya untuk menghindari efek samping dari penggunaan obat ini.

  1. Recolfar (0,5 mg tablet)

Obat ini mengandung colchicine yang digunakan untuk penyakit asam urat, profilaksis jangka pendek selama awal terapi dengan alopurinol dan obat urikosurik. Dosis yang digunakan dalam obat ini secara bertahap, yaitu pada penderita asam urat awal sebaiknya dikonsumsi 0,5-12 mg diikuti dengan 0,5 mg setiap 2 jam sekali hingga rasa nyeri yang disebabkan dari asam urat tersebut mereda atau timbul efek samping muntah atau diare. Dosis rata-ratanya mencapai 4-8 mg. Penggunaan obat ini sebaiknya diberikan bersamaan dengan makanan.

Itulah pemaparan mengenai colchicine sebagai obat asam urat di apotik yang mampu mengatasi asam urat secara bertahap dan merupakan jenis obat paten buatan pabrik. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan