Sponsors Link

Khasiat Daun Bidara untuk Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

daun bidaraSelain melalui obat-obatan yang bersifat kimiawi, penyembuhan asam urat dapat juga menggunakan berbagai macam tanaman alami yang ada di sekitar kita. Salah satu tanaman alami untuk yang dapat menjadi sarana pengobatan untuk penyakit asam urat adalah daun bidara. Bagaimana bisa daun bidara bisa menyembuhkan asam urat? Mari kita telusuri dalam artikel ini.

ads

Sebelum kita membahas tentang bagaimana khasiat daun bidara untuk asam urat, ada baiknya kita mengenal lebih dahulu apa itu bidara. Tanaman bidara adalah jenis tanaman yang tumbuh di daerah kering yang mempunyai bentuk pohon yang melebar dan ranting yang simpang siur. Tanaman  bidara dapat tumbuh hingga 15 meter. Tanaman obat asam urat dan rematik ini juga mempunyai bunga yang berbentuk payung dan berukuran kecil dan berdiameter 2-3 mm.

Bunga pada tanaman bidara ini berwarna kekuningan dan mempunyai bau yang harum. Bunga tanaman bidara ini tumbuh sekitar bulan Juli hingga Agustus. Kulit kayunya berwarna kemerahan dan mempunyai tekstur yang halus dan berwarna coklat dan kuning kemerahan. Buah bidara berbentuk bulat dan mempunyai biji yang berwarna krem dengan alur yang tidak beraturan. Daun bidara berwarna hijau dan mempunyai 3 tulang daun sejajar yang diselimuti oleh duri. Tumbuhan bidara itu sendiri terdiri dari lima jenis. Kelima jenis daun bidara tersebut adalah:

  • Bidara Upas: Mempunyai daun berbentuk telur dan juga melebar dengan pangkal berbentuk hati ini berasal dari Asia tenggara dan dibudidayakan untuk dimakan umbinya. Tanaman ini dipercaya dapat menetralkan racun, menyembuhkan sakit tenggorokan serta dipercaya juga dapat menyembuhkan penyakit TBC atau Tubercolosis.
  • Bidara Cina: Mempunyai nama latin Ziziphus zizyphus atau ziziphus jujuba. Sesuai dengan namanya, tanaman ini banyak dikembangkan di negeri Cina. Bidara cina mempunyai daun yang panjang dan lancip, dan juga buah yang berwarna merah yang rasanya seperti apel.
  • Bidara Arab: Mempunyai nama latin ziziphus spina christi ini tumbuh di daerah tropis dan juga asia barat. Tanaman ini mempunyai daun yang berbentuk bulat dengan ruas daun yang renggang. Jenis bidara inilah yang banyak digunakan untuk berbagai macam pengobatan dan juga digunakan untuk rukiyah bagi umat muslim.
  • Bidara laut: Mempunyai nama latin ziziphus mauritiana. Tanaman ini biasa tumbuh di daerah pantai atau pesisir laut. Buahnya terasa asam dan berwarna kuning. Permukaan daunnya terlihat lebih mengkilap serta halus
  • Bidara Putsa/ Apel India: Jenis tanaman bidara yang satu ini mempunyai buah yang mirip apel hijau dan rasanya manis. Daunnya juga berbentuk bulat dan lancip, namun tidak berduri

Tanaman bidara sudah dikenal dari dulu mempunyai berbagai macam khasiat dari akar sampai kepada daunnya. Kulit akarnya, jika dicampur dengan pulasari dan bawang putih berkhasiat mengobati penyakit kencing dan berdarah. Kulit kayunya bisa bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan pencernaan dan juga sebagai obat luka. Kayunya bisa digunakan sebagai bahan kerajinan, konstruksi bangunan, dan lain sebagainya. Buahnya juga mrmpunyai berbagai macam nutrisi yang berguna bagi tubuh, antara lain karbohidrat, protein, kalsium, vitamin A, vitamin C, dan lain sebagainya.

Daunnya juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit antara lain haid yang tidak lancar, diabetes dan juga dapat menyehatkan lambung. Daun bidara juga mempunyai manfaat bagi kulit, yakni membersihkan kulit yang kotor serta melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari. Selain berbagai manfaat di atas, daun bidara juga mempunyai khasiat yang cukup unik, yakni bisa sebagai penangkal dari gangguan sihir atau jin yang digunakan umat islam dalam prosesi rukyah. Daun bidara juga sering digunakan untuk memandikan jenazah, dan juga mandi nujub bagi wanita yang sedang haid.

Daun bidara ternyata dapat juga berkhasiat untuk cara menyembuhkan asam urat secara alami dan cepat. Seperti yang kita sudah ketahui, penyakit asam urat ini menyerang sendi-sendi tubuh sehingga penderitanya nyeri dan juga bengkak di persendiannya. Jika dibiarkan nyeri sendi asam urat dan bengkaknya akan semakin membesar dan juga bisa menjalar ke berbagai bagian tubuh yang lain karena jumlah asam urat yang semakin menumpuk. Maka dari itu asam urat ini harus segera dicari pengobatannya. Salah satunya yang alami adalah dengan menggunakan daun bidara.

Membuat ramuan untuk asam urat dari daun bidara tidaklah sulit. Yang perlu kita lakukan adalah merebus daun bidara tersebut dan meminum air rebusannya secara teratur sehingga penyakit asam uratnya berangsur-angsur hilang. Sebenarnya selain daunnya, buah bidara juga mempunyai khasiat yang sama dalam mengobati asam urat.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang daun bidara untuk asam urat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan terimakasih sudah membaca.

, , ,



Oleh :
Kategori : Herbal