Sponsors Link

Khasiat Daun Dewa untuk Asam Urat dan Cara Penggunaannya

Sponsors Link

daun dewaPenyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang akan dapat kambuh karena kondisi peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Seseorang yang mengalami asam urat hingga menunjukan gejala asam urat pada kaki dan bagian tubuh, serangannya pasti dapat terjadi kembali karena berbagai macam faktor. Meskipun penyakit asam urat identik dengan penyakti orang tua, belakangan ini mulai banyak juga diderita oleh anak muda terutama karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

ads

Sebagai penderita penyakit asam urat, merasakan gejala nyeri dan peradangan akibat meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh tentu dapat menyebabkan kondisi yang menyakitkan dan tentunya tidak ingin diulang kembali. Munculnya gejala serangan asam urat tersebut dikarenakan tingginya kadar asam urat menyebabkan penumpukan kristal asam urat di dalam darah terutama pada daerah persendian. Kondisi penumpukan tersebut terjadi akibat ginjal yang tidak mampu mengeksresi secara langsung asam urat berlebih dan harus berlangsung secara bertahap.

Demi mencegah munculnya penyakit asam urat dengan berbagai gejalanya tersebut maka setiap penderita asam urat perlu melakukan beberapa cara yang salah satunya adalah mengatur pola makan dengan baik terutama menghindari berbagai macam makanan yang memiliki kandungan zat purin tinggi. Selain itu, beberapa pengobatan tradisional dengan obat herbalnya sering digunakan di masyarakat dan salah satunya menggunakan daun dewa. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai daun dewa untuk asam urat dalam uraian di bawah ini.

Daun dewa menurut wikipedia merupakan tanaman yang memiliki nama latin  (Gynura divaricata), dan orang China biasa menyebutnya Samsit. Daun dewa dapat dikenali dengan cirinya yang berbentuk bulat lonjong berdaging, memiliki bulu halus, ujung daun lancip, bertoreh pada tepi daun dan memiliki warna hijau keunguan. Daun dewa umumnya memiliki lebar 10 cm dengan panjang 20 cm dan sudah lama dikenal sebagai tanaman dengan khasiat obat.

Sebagai tanaman obat tentu daun dewa memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan dan salah satunya ada manfaat daun dewa untuk asam urat yang membantu mengatasi peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat daun dewa untuk asam urat maka akan dijelaskan lebih dahulu mengenai manfaat kesehatan dari daun tersebut. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari daun dewa yang dikonsumsi dengan benar.

  • Pelancar sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah

Daun dewa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang salah satunya adalah membantu memperlancar sirkulasi darah. Selain sebagai pelancar sirkulasi darah, daun dewa dikenal memiliki manfaat yang baik bagi penderita tekanan darah tinggi yang mampu menurunkan dan menjaga kestabilannya.

  • Obat memar

Daun dewa juga memiliki manfaat untuk digunakan dalam mengatasi luka memar, flek hitam pada wajah, mengatasi dan beberapa permasalahan kulit lainnya. Cara penggunaannya cukup sederhana yakni hanya dengan mengambil getah dari daun dewa tersebut dan mengoleskannya secara rutin.

  • Mengatasi diabetes

Bagi penderita penyakit diabetes atau penyakit peningkatan gula di dalam darah tentu sudah sangat mengenal daun dewa karena memang salah satu tanaman obat herbal yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menjaga kestabilannya.

  • Membantu mengatasi beberapa penyakit lainnya

Daun dewa juga dikenal memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan yang memang sudah banyak teruji manfaat tersebut. Beberapa manfaat tersebut diantaranya seperti bersifat sebagai analgesik, membantu menurunkan panas atau demam, menjadi salah satu tanaman untuk pembersihan racun dalam tubuh, serta bertindak sebagai antiinflmasi atau anti peradangan alami.

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh daun dewa sehingga disebut salah satu tanaman untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Daun dewan juga sangat baik digunakan dalam pengobatan asam urat. Daun dewa untuk asam urat selain dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh sehingga dapat digunakan dalam upaya pencegahan juga dapat membantu mengatasi gejala yang muncul akibat adanya penyakit asam urat berupa nyeri dan pembengkakan.

Khasiat daun dewa dalam dalam bertindak sebagai obat herbal untuk asam urat secara alami tersebut dikarenakan beberapa kandungan dan sifat daun dewa yang dapat bertindak sebagai anti inflamasi atau anti peradangan dan juga anti nyeri. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, daun dewa harus digunakan dengan benar yakni dengan cara merebus beberapa lembar daun dewa yang sudah siap panen dengan air sebabnya 3 gelas dan rebus hingga jumlah air yang ada di dalamnya hanya tersisa 2 gelas.

Daun dewa tersebut dapat dikonsumsi secara rutin sebanyak 2 – 3 kali sehari. Tidak adanya efek samping daun dewa sebagai tanaman obat herbal alami tersebut menjadi nilai lebih bagi penderita asam urat dibandingkan harus menggunakan obat obatan kimia yang dikenal memiliki efek samping dalam penggunaan jangka panjangnya. Daun dewa menjadi salah satu jenis obat herbal yang tidak termasuk dalam pantangan makanan bagi penderita asam urat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal