Sponsors Link

Khasiat Daun Gedi untuk Asam Urat Tinggi dan Cara Penggunaannya

Sponsors Link

daun gediBagi anda warga Sulawesi Utara tentu anda sudah tidak asing lagi dengan daun gedi. Daun yang sering dimanfaatkan warga Sulawesi Utara untuk dijadikan sayuran dan untuk campuran bubur Manado ini ternyata bisa juga dijadikan sebagai tanaman obat atau tanaman herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk asam urat.

ads

Tidak hanya di Indonesia, ternyata daun gedi juga ada di berbagai negara lainnya seperti Filipina, yang mengenal daun gedi dengan sebutan Lagikuay, di Thailand dengan nama To Fai, di Jepang dikenal dengan nama totoro aoi, dan di Korea dikenal dengan nama Hwang cok kyu. Apa saja sebenarnya manfaat dan kandungan daun gedi? Dan bagaimana cara pengolahannya untuk mengobati asam urat? Marikita bahas satu persatu.

Daun yang mempunyai nama latin Abelmoschus manihot ini banyak tumbuh di wilayah Indonesia timur, khususnya Sulawesi Utara. Daunnya berwarna hijau dan mempunyai 5 ruas jari sehingga mirip dengan daun singkong atau daun pepaya, namun mempunyai permukaan yang lebih lembut. Cara menanamnya bisa dilakukan dengan cara stek batang dan ditanam di tanah yang gembur. Dan jika tanah tersebut cocok maka akan rimbun dengan daun dan tinggi tanaman tersebut bisa mencapai dua meter. Tanaman gedi juga juga mempunyai bunga yang bentuknya mirip dengan bunga sepatu.

Daun gedi biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran atau juga sebagai campuran untuk makanan lainnya dikarenakan daun kedi mengandung saponin yang berfungsi penambah rasa gurih dan mengentalkan makanan. Selain sebagai bahan makanan, daun gedi juga mempunyai fungsi sebagai obat herbal yang berkhasiat menyembuhkan penyakit secara alami. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan daun gedi :

  • Maag
  • Jantung
  • Osteoporosis
  • Diabetes
  • Ginjal
  • Kejang
  • Depresi
  • Darah tinggi

Selain untuk bahan makanan dan juga pengobatan penyakit, di Korea dan Jepang daun gedi ini dimanfaatkan sebagai salah satu campuran untuk membuat kertas tradisional.

Daun gedi kaya akan vitamin A ,vitamin C zat besi dan juga serat untuk baik melancarkan pencernaan dan juga menyerap kolesterol dan lemak. Daun gedi juga kaya akan kolagen yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan melancarkan peredaran darah. Selain beberapa  diatas, Berikut beberapa senyawa lainnya yang ada pada daun gedi yang membuatnya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit :

  • Alkaloid: Senyawa ini berfungsi untuk menetralkan asam lambung di dalam tubuh
  • Terpenoid: Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas
  • Flavanoid: Senyawa ini berfungsi sebagai anti peradangan dan juga pemerkuat kapiler darah
  • Polifenol: Senyawa ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung
  • Serotonin: Senyawa ini berfungsi sebagai anti depresan yang berfungsi untuk meredakan nyeri

Asam urat tentu bukan merupakan hal yang asing di telinga kita. Ya, asam urat ini adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh menumpuknya zat purin yang berlebih di dalam tubuh kemudian menjadi mengkristal dan menyerang persendian. Hal ini ditandai dengan adanya nyeri yang kemudian menimbulkan bengkak dan merah pada sendi yang terkena.

Pada dasarnya asam urat bukanlah suatu penyakit yang membahayakan. Namun jika dibiarkan, selain akan mengganggu aktivitas juga akan akan menyebar ke bagian tubuh yang lainnya dan juga lebih parahnya akan menyerang organ-organ tubuh, seperti ginjal. Maka dari itu perlu dilakukan pengobatan untuk mengatasainya. Salah satu cara alami yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit asam urat adalah dengan daun gedi.

Ditilik dari kandungan yang ada pada daun gedi, terdapat beberapa zat atau senyawa yang dapat membantu untuk mengatasi gejala asam urat, antara lain  flavanoid, terpenoid dan serotonin yang berfungsi untuk menurunkan asam urat berlebih yang ada di dalam tubuh dan juga untuk mengurangi rasa nyeri dan peradangan yang ditimbulkan dari asam urat tersebut. Cara menggunakan daun gedi untuk asam urat tinggi adalah dengan meminum air rebusan daun gedi ataupun bisa juga mengkonsumsinya sayuran tersebut 3 kali sehari,

Demikianlah pembahasan mengenai daun gedi dan juga manfaatnya yang salah satunya adalah untuk mencegah dan membantu pengobatan asam urat. Menggunakan cara alami untuk menyembuhkan penyakit, seperti menggunakan daun kedi ini sebenarnya jauh lebih baik dibandingkan jika menggunakan obat-obatan kimia yang justru dapat menimbulkan efek samping yang beresiko.

Sebelum berobat ke dokter atau anda sudah merasakan adanya gejala kaki asam urat ataupun di bagian tubuh lainnya, ada baiknya anda bisa menggunakan cara alami dahulu seperti meminum rebusan daun gedi ini untuk mengatasinya. Namun jika masih terus berlanjut, ada baiknya untuk segera konsultasi ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga artikel daun gedi untuk asam urat ini bermanfaat bagi anda dan terimakasih telah membaca.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal