Sponsors Link

Manfaat Daun Pepaya Untuk Asam Urat Yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Asam urat adalah produk akhir dari didapat dari pemecahan purin. Pada umumnya asam urat adalah antioksidan dari manusia dan hewan yang akan menyebabkan gout jika terjadi pengkristalan karena dalam terdapat dalam jumlah yang berlebihan pada darah. Jika kadar asam urat tidak berlebihan maka asam urat dapat menjadi antioksidan tetapi sebaliknya jika kadarnya berlebihan justru asam urat akan berperan sebagai prooksidan.

ads

Bahkan penyakit ini bisa memunculkan komplikasi penyakit lainnya, antara lain: tophi, kerusakan sendi, dan batu ginjal. Asam urat pada umumnya sering menyerang laki-laki atau  Bagi penderita asam urat, wajib hukumnya untuk mengetahui batas normal kadar asam urat atau zat purin sebelum mengonsumsi makanan atau minuman. Untuk pengecekan kadar asam urat dapat kamu lakukan ke dokter atau ahli medis dengan pemeriksaan darah. Berdasarkan jenis kelaminnya, batas normal kadar asam urat terbagi menjadi 2, diantaranya:

  1. Laki-laki : 2,5 – 7 mg
  2. Perempuan : 2,6 – 6 mg.

Penyebab Asam Urat

Berikut ini hal-hal yang dapat menyebabkan meningkatnya kadar asam urat:

  1. Tidak mampunya ginjal untuk membuang asam urat melalui urine
  2. Produksi purin secara berlebihan.
  3. Minuman beralkohol dan soda yang dapat meningkatkan produksi purin dan menganggu tubuh untuk membuat asam urat melalui urine.
  4. Mengkonsumsi makanan tinggi purin, seperti: daging merah, sea food, anggur, minuman alkohol, ragi, kacang-kacangan, coklat.
  5. Tidak mengatur pola makan secara baik.
  6. Tidak cukup minum air.
  7. Tidak rutin berolahraga.
  8. Kebiasaan buruk mandi di malam hari.

Purin

Dari penyebab asam urat diatas kita seringkali menemukan jika salah satu penyebab yang sering menjadi pemacu munculnya penyakit asam urat adalah kandungan zat purin yang tinggi. Lalu, apa itu zat purin?

Zat purin adalah senyawa kimia penting yang terdiri dari dua atom nitrogen yang merupakan dasar dari semua kehidupan karena memberi energi dan membentuk DNA sehingga setiap manusia memiliki karakteristik dan keunikan yang berbeda. Itulah sebabnya mengapa zat purin dapat kita temukan pada setiap bahan makanan baik yang berasal dari hewan ataupun tumbuhan. Zat purin dibutuhkan oleh anak-anak karena kandungan zat purin membantu dalam pembentukan sel-sel baru dalam tubuh, sehingga makanan yang mengandung purin atau protein tinggi dianjurkan. Justru tubuh yang kekurangan purin dalam terganggu perkembangan dan metabolismenya.

Tetapi hal ini tidak berlaku bagi penderita asam urat, mengapa? Karena tubuh manusia memiliki kemampuan untuk memecah purin menjadi asam urat yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah dan sel-sel darah. Tetapiu karena gangguan pada metabolisme, purin dapat menjadi masalah yang serius bagi tubuh. Purin ang terlalu tinggi masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah serius, mulai dari: asam urat, kelainan ginjal, tekanan darah rendah, anemia, atau membuat tubuh menjadi mudah terkena infeksi. Ada dua kemungkinan mengapa kadar zat purin yang tinggi dapat berpengaruh buruk bagi penderita asam urat, yaitu:

  1. Sistem metabolisme terganggu

Asam urat disebabkan oleh pengkristalan zat purin dalam tubuh larena tubuh mengalami gangguan metabolisme kerja ginjal. Saat ginjal mengaami gangguan dan tidak mampu mengolah zat purin daam darah, ginjal akan mengembalikan purin ke darah sehingga terjadi pengendapan dan pengkristalan zat purin dalam persendian. Zat purin yang mengendap inilah yang kita kenal dengan asam urat.

Sponsors Link

  1. Kinerja ginjal tidak maksimal untuk mengolah zat purin.

Pada umumnya purin yang masuk ke tubuh dikeluarkan melaui sekresi, tetapi memproses purin dalam jumlah yang tinggi dapar menyebabkan kinerja ginjal menjadi kurang maksimal sehingga purin yang masuk ke tubuh tidak terproses dan mengendap serta mengkristal pada persendian. Penumpukan zat purin ini kemudian akan menyebabkan bengkak dan rasa nyeri, keadaan seperti inilah yang kita kenal dengan asam urat.

Meskipun dalam keadaan umum zat ini berguna bagi pertumbuhan tubuh tetapi zat ini bisa sangat berbahaya bagi penderita asam urat. Maka dari itu hindarilah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin dalam jumlah yang banyak.

Jika penderita asam urat mengkonsumsi makanan yang mengadung kada purin yang tinggi dapat timbul level asam urat yang tinggi hingga akhirnya mengakibatkan kelumpuhan. Meskipun zat purin terkandung pada semua bahan makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan tetapi tidak semua makanan menjadi pantangan bagi penderita asam urat.

Ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat justru dianjurkan, diantaranya makanan yang rendah lemak dan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan kalium yang bisa menolong para penderita asam urat untuk terhindar dari encok yang dapat tiba-tiba kambuh. Meskipun tidak bisa menyembuhkan asam urat tetapi dengan menjauhi makanan pantangan asam urat dapat membantu tubuh menurunkan kadar zat purin dalam darah. Disisi lain dengan mengurangi makanan pantangan ini juga dapat membantu menurunkan resiko terkena serangan asam urat berulang yang membuat nyeri dan memperlambat kerusakan pada persendian.

Daun Pepaya untuk Asam Urat

Sponsors Link

Daun pepaya bermanfaat bagi kesehatan seperti untuk pencernaan, mencegah malaria dan demam berdarah, anti kanker, disendri, bahkan diare. Lalu bolehkah penderita asam urat mengkonsumsi daun pepaya? Atau bahkan daun pepaya bisa menjadi obat bagi penderita asam urat? Jawabannya TIDAK! Daun pepaya tidak boleh dikonsumsi apalagi menjadi obat bagi para penderita asam urat, mengapa? Karena daun pepaya adalah salah satu makanan yang mengandung kandungan purin yang tinggi, dimana pada penjelasan sebelumnya kita tahu jika kandungan purin yang tinggi masuk ke badan dapat memicu terjadinya asam urat. Saat mengkonsumsi daun pepaya berlebih maka kandungan purin yang masuk ke dalam tubuh menjadi tinggi, ini akan menyebabkan zat purin membuat ginjal jadi tidak bisa bekerja secara maksimal sehingga terjadi penumpukan di bagian sendi yang menyebabkan terjadinya pembengkakan dan munculnya rasa nyeri.

Jangan salah bedakan daun pepaya dan buah pepaya!

Banyak yang masih keliru membedakan dua hal ini, terkadang khalayak masih berfikir jika daun pepaya boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat karena tidak sering tertukar informasi mengenai buah pepaya dan daun pepa. Jika buah pepaya bisa kalian jadikan alternatif obat untuk penyakit asam urat karena pepaya memiliki kandungan vitamin C yang dapat mencegah terjadinya peradangan akibat asam urat.

Demikian artikel mengenai daun pepaya untuk asam urat, semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

, , ,



Oleh :
Kategori : Sayuran