Sponsors Link

Khasiat Daun Sambung Nyawa untuk Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

daun sambung nyawaTanaman Sambung nyawa atau yang dalam bahasa latinnya bernama Gynura procumben merupakan salah satu tanaman yang berasal dari afrika yang banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit, yang salah satunya adalah asam urat. Di wilayah Indonesia, daun sambung nyawa banyak ditemui di pulau Jawa, Sumatera dan 1. juga Bali.

ads

Tanaman ini juga banyak tumbuh liar di pekarangan, ladang, selokan, semak belukar dan padan rumput, Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik  hingga ketinggian 500 meter diatas permukaan laut, dan dapat dipanen setelah berusia 4 bulan. Cara mengembangbiakan tanaman sambung nyawa ini bisa dilakukan dengan cara stek batang. Di artikel ini kita akan mengenal bagian-bagian dari tanaman sambung nyawa, serta  mengenal berbagai khasiat dari tanaman sambung nyawa, termasuk bagaimana cara menyembuhkan penyakit asam urat melalui daun sambung nyawa.

  • Batang

Batang tanaman sambung nyawa ini berbentuk segi empat yang mempunyai ruas yang berwarna hijau dengan bercak ungu  yang panjangnya semakin ke ujung semakin pendek.

  • Daun

Daun sambung nyawa berbentuk elips memanjang dengan tepi daun bertoreh dan berambut halus. Daun sambung nyawa ini berwarna hijau mengkilat dengan tulang daunnya yang menyirip dan menonjol di bawah permukaan daun. Lebar daun tanaman sambung nyawa sekitar 1,5-5 cm.

  • Bunga

Bunga sambung nyawa mempunyai susunan bunga majemuk cawan yang setiap cawannya terdiri dari 20-35 bunga yang berwarna orange dan kuning. Bunga tersebut mempunyai mahkota yang berbentuk tabung dan berwarna Hijau atau jingga. Benang sarinya berbentuk jarum yang berwarna kuning yang berlekatan dengan kepala sari dan juga brachtea involucralis yang berbentuk garis dan berujung runcing atau tumpul. Bunga sambung nyawa ini sebenarnya juga mempunyai bau yang tidak harum.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tanaman sambung nyawa mempunyai khasiat dalam mengobati berbagai macam penyakit, dan hal ini juga sudah dibuktikan dengan berbagai macam penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Batang sambung nyawa sering digunakan untuk menurunkan demam. Daunnya dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah, mengobati diabetes, kolestrol, ambeien, liver, kanker, kista, dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Maka tak heran jika Daun sambung nyawa ini juga sering disebut dengan daun dewa, karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Biasanya cara memanfaatkan daun sambung nyawa ini adalah dengan menjadikannya sebagai lalapan nasi atau juga jus ataupun bisa meminum rebusan airnya. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa tanaman sambung nyawa memiliki kandungan flavonoid, saponin, tanin, dan terpenoid yang membuatnya mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain menyembuhkan berbagai penyakit, tanaman sambung nyawa ini juga mempunyai manfaat untuk kecantikan, antara lain untuk mengatasi jerawat, menghaluskan kulit, menghilangkan flek hitam, dan juga mengatasi kulit berminyak. Cara memanfaatkannya dengan cara menumbukkan atau meremas daun tersebut hingga mengeluarkan getah dan oleskan ke bagian kulit yang bermasalah.

Seperti yang kita ketahui bersama, penyakit asam urat terjadi karena penumpukan asam urat berlebih yang mengkristal yang menyerang di wilayah persendian tubuh. Serangan ini juga menimbulkan peradangan yang dapat membuat tubuh menjadi nyeri dan bengkak. Daun sambung nyawa mempunyai senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita, termasuk jumlah asam urat yang berlebih.

Daun sambung nyawa untuk asam urat ini juga mempunyai  efek anti peradangan berupa konstituen bioaktif, alkaloid dan steroid yang juga mampu menangkal peradangan yang diakibatkan oleh asam urat. Hal inilah yang membuat daun sambung nyawa menjadi pilihan yang tepat untuk menyembuhkan asam urat secara alami. Cara penggunaan daun sambung nyawa untuk mengobati asam urat adalah dengan cara dibuat sup, sebagai lalapan. Atau bisa juga diolah sebagai jus. Di era modern ini, daun sambung nyawa juga banyak  yang diolah dalam bentuk pil agar lebih mudah dan praktis untuk dikonsumsi.

Memanfaatkan bahan alami atau herbal sebagai pengobatan penyakit sebenarnya jauh lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi obat yang bersifat kimiawi karena bagan-bahan alami ini lebih sedikit efek sampingnya jika dibandingkan dengan obat-obatan kimiawi. Terlebih lagi jika efek dari obat-obat kimia ini dapat juga mengenai organ tubuh lainnya, misalnya dalam kasus penyakit asam urat ini, bisa jadi obat-obatan tersebut mempunyai efek samping terhadap ginjal.

Demikianlah beberapa hal yang bisa disampaikan mengenai daun sambung nyawa untuk asam urat tinggi dan juga bagaimana cara pengobatan asam urat dengan memanfaatkan daun sambung nyawa atau daun dewa ini. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang baik bagi anda dan terimakasih telah membaca.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal