Sponsors Link

Khasiat Daun Tapak Liman untuk Asam Urat dan Cara Penggunaannya

Sponsors Link

daun_tapak_limanSalah satu tanaman herbal atau tanaman obat-obatan yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit adalah tanaman tapak liman. Tanaman yang mempunyai nama latin Elphantopus Scaber ini berasal dari Amerika Serikat dan tumbuh subur di daerah tropis serta di lahan terbuka seperti ladang, pekarangan rumah, dan lain sebagainya.

ads

Di beberapa daerah di Indonesia tanaman ini juga dikenal dengan nama bala gaduh, cancang-cancang, lelobakan atau tutup bumi. Bagaimanakah bentuk dari tanaman tapak liman tersebut? Apa saja kandungan dan manfaat dari tanaman tapak liman? Dan bagaimana cara menyembuhkan penyakit asam urat menggunakan tanaman tapak liman? Mari kita bahas satu persatu di artikel ini.

Secara fisik, tanaman tapak liman mempunyai beberapa ciri-ciri sebagai berikut :

  • Akar

Tanaman tapak liman ini merupakan tanaman yang berakar tunggang sehingga kokoh dan sulit mencabut tanaman ini.

  • Batang

Batang tanaman tapak liman secara fisik terlihat kokoh, kaku dan bercabang. Batang tanaman ini dapat tumbuh sekitar 80 cm-130 cm. Di sekitar batang tanaman tapak liman ini terdapat bulu-bulu halus yang berwarna putih yang keras dan juga liat.

  • Daun

Daun tanaman tapak liman merupakan daun tunggal yang berbentuk oval memanjang dan mempunyai lekukan atau bergerigi di bagian pinggirnya. Panjang daun ini sekitar 20-30 cm dan lebarnya sekitar 3-6 cm. Daun tapak liman ini berwarna hijau pekat dan ada juga yang berwarna kebiru-biruan. Jika disentuh akan terasa empuk. Daun tapak liman tumbuh secara berdekatan dan menempel pada tanah sehingga menjadikannya terlihat rimbun.

  • Bunga

Bunga tanaman ini mempunyai mahkota yang berwarna putih atau ungu kemerahan. Bunga ini akan mekar di siang hari dan akan menguncup kembali di sore hari.

Sebagai salah satu tanaman herbal tentu tanaman tapak liman mempunyai khasiat untuk menjadi obat alami untuk menyembuhkan penyakit. Hal ini dikarenakan tanaman tapak liman mempunyai setidaknya 30 zat yang terkandung di dalam tanaman tapak liman, yang sebagian besar dari zat-zat tersebut dinilai efektif melawan kanker dan menyembuhkan penyakit lainnya. Zat-zat itu antara lain Flavanoid, Lupeol, Stigmasterol, Eprifieniol, Terpenoid, Deoxyelephantopin, Isodeozylephantopin dan masih banyak lainnya. Selain itu, daun dan buah tanaman tapak liman juga mengandung minyak astiri yang berfungsi sebagai antibakteri bagi tubuh manusia.

Berikut adalah beberapa penyakit yang juga dapat disembuhkan dengan menggunakan tanaman tapak liman :

  • Diare
  • Amandel
  • Anemia
  • Hepatitis
  • Nyeri haid
  • Cacar air
  • Keputihan pada wanita
  • Batuk
  • Liver
  • Tumor
  • kanker

Selain berbagai penyakit di atas yang bisa diobati menggunakan daun tapak liman, daun tapak liman juga dapat aman dan menyehatkan untuk ibu hamil dan meningkatkan stamina bagi para pria.

Pada dasarnya asam urat sebenarnya bukanlah suatu penyakit. Gejala ini sebenarnya diakibatkan oleh menumpuknya asam urat berlebih yang membentuk kristal tajam yang menyerang persendian. Jika hal dibiarkan akan menimbulkan nyeri dan pembengkakan pada sendi atau bisa juga dapat menyerang ginjal. Maka dari itu, asam urat ini  harus sedini mungkin dicegah dan diatasi sedini mungkin.

Beberapa orang menggunakan obat-obatan yang bersifat kimiawi. Namun obat-obatan tersebut mempunyai efek samping yang justru akan berakibat lebih parah pada organ tubuh lainnya, seperti ginjal. Maka dari itu untuk penderita asam urat disarankan menggunakan cara alami atau minum obat herbal untuk asam urat karena efek sampingnya sangat kecil atau bahkan tidak ada. Salah satunya adalah dengan menggunakan daun tapak liman.

Daun tapak liman sudah lama dimanfaatkan untuk mengobati penyakit asam urat secara alami.  Hal ini dikarenakan kandungan flavanoid dan alkoloid  yang dapat berfungsi untuk menghambat pembentukan kristal asam urat dalam urine. Selain itu, daun tapak liman juga mempunyai kandungan anti inflamasi yang dapat mengatas peradangan akibat asam urat. Cara mengolah daun tapak liman untuk asam urat adalah dengan cara merebusnya hingga mendidih dan setelah itu meminum air rebusan tersebut sebanyak 250 cc. Selain itu bisa juga dilakukan dengan cara ditumbuk daunnya lalu di peras airnya dam kemudian diseduh dengan air hangat.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai tanaman daun tapak liman untuk asam urat tinggi. Walau tanaman tampak liman ini mempunyai berbagai khasiat, namun untuk mengkonsumsinya sebaiknya janganlah berlebihan. Jika setelah mengkonsumsi tampak liman ini anda mengalami gejala samping ataupun asam uratnya tak kunjung sembuh, ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi anda dalam mencari pengobatan asam urat yang alami. Terimakasih telah membaca.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal