Sponsors Link

Khasiat Daun Tempuyung untuk Asam Urat dan Cara Penggunaannya

Sponsors Link

daun tempuyungPenyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang muncul akibat adanya peningkatan kadar asam urat di dalam darah. Asam urat sendiri merupakan hasil metabolisme purin di dalam tubuh yang tentunya memiliki fungsi tertentu. Fungsi asam urat tersebut bagi tubuh diantaranya seperti antioksidan bagi tubuh, bertindak sebagai neuroprotektif, mobilisasi progenitor ke sel endotel, dan juga berperan dalam proses sistem imun adaptif di dalam tubuh sehingga dapat dikatakan sebagai senyawa penting tubuh.

ads

Kondisi kadar asam urat yang tinggi di dalam darah membutuhkan waktu lama untuk proses ekskresinya melalui ginjal sehingga menimbulkan penumpukan pada beberapa daerah tubuh terutama di bagian persendian. Penumpukan asam urat yang berupa kristal jarum tersebut menyebabkan munculnya rasa nyeri dan dapat berlanjut menjadi pembengkakan sebagai salah satu gejala atau ciri ciri penyakit asam urat tinggi. Kondisi nyeri dan pembengkakan tersebut tentu menimbulkan gangguan yang besar bahkan menjadikan penderitanya mengalami kesulitan beraktifitas.

Untuk menghindari kondisi penyakit asam urat menjadi kambuh kembali maka perlu upaya untuk mencegahnya yang salah satunya melalui pengaturan pola makan yang baik dan lebih menghindari berbagai macam makanan dengan kandungan purin di dalamnya. Selain itu, beberapa penderita lebih sering mengkonsumsi ramuan tradisional tertentu yang salah satunya berasalh dari daun tempuyung. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai daun tempuyung untuk asam urat dalam penjelasan di bawah ini.

Daun tempuyung merupakan jenis tanaman yang mempunyai nama Latin Sonchus Arvensis. Daun tempuyung tersebut dikenal sebagai salah satu tanaman obat alami. Menurut wikipedia, daun tempuyung memiliki beberapa nama lokal di berbagai daerah seperti lobak air, lempung jombang, galibug, lampenas, dan rayana, tanaman ini juga sangat mudah ditemukan karena berada di lokasi sekitar pemukiman dapat tumbuh di antara puing-puing bangunan, tembok, ataupun pinggir jalan.

Tanaman yang termasuk dalam tumbuhan terna karena tidak mempunyai kayu tersebut merupakan salah satu tanaman yang menyukai hidup di daerah dengan sengatan sinar matahari langsung. Meskipun lebih banyak dikenal sebagai tanaman liar, tempuyung juga dapat dibudidayakan. Tanaman yang banyak di manfaatkan untuk kesehatan tersebut memiliki beberapa nutrisi penting diantaranya seperti  kalium, flafonoid, taraksasterol, inositol, dan beberapa kandungan lainnya.

Daun tempuyung untuk asam urat dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat herbal untuk asam urat alami yang mampu membantu menurunkan kadar asam urat sehingga berbagai gejala yang muncul dapat dihindari. Daun tempuyung tersebut memiliki mekanisme hambatan terhadap enzim xantin oksidase sehingga melalui hambatan tersebut purin tidak akan dibentuk menjadi asam urat sebagai produk akhirnya. Menurunnya produksi asam urat akan mengurangi kadar asam urat di dalam darah.

Agar dapat mendapatkan manfaat yang ada pada daun tempuyung untuk asam urat maka harus digunakan dengan cara yang benar. Bagian yang perlu dipersiapkan adalah daun tempuyung dan akarnya sebanyak kurang lebih 15 0 60 gram. Setelah itu lalu cuci bersih daun dan akar tersebut dan rebus dengan air sebanyak 3 gelas sampai mendidih dan menyisakan setengah airnya. Hasil rebusan tersebut dapat diminum dan dibagi sebanyak dua kali sehari. Usahakan untuk selalu membuat rebusan baru sebelum mengkonsumsinya.

Dengan cara penggunaan yang tepat maka manfaat daun tempuyung untuk asam urat dapat diperoleh dengan baik. Selain memberikan manfaat bagi asam urat ternyata daun tempuyung juga memiliki berbagai macam khasiat lain untuk kesehatan tubuh. Beberapa bentuk manfaat atau khasiat dari daun tempuyung yang lainnya diantaranya sebagai berikut ini.

  • Menyehatkan saluran kencing

Daun tempuyung banyak digunakan untuk menyehatkan saluran kencing dan memperlancarnya. Selain menyehatkan saluran kencing, daun tempuyung juga dipercaya dapat membantu meluruhkan endapan dalam penyakit kencing batu.

  • Menyehatkan saluran pencernaan

Daun tempuyung juga banyak dimanfaatkan dalam membantu mengatasi beberapa penyakit saluran pencernaan seperti usus buntu dan disentri. Dengan tidak adanya masalah pada kesehatan tentu sistem pencernaan dapat berkerja dengan optimal dan semakin sehat.

  • Mengobati wasir dan bisul

Sebagai salah satu tanaman obat dengan banyak khasiat, daun tempuyung juga dikenal memiliki manfaat dalam mengatasi penyakit wasir dan bisul. Selain dapat mengempeskan wasir maupun bisul, daun tempuyung juga bertindak untuk mengurangi nyeri yang ditimbulkan.

  • Mencegah hipertensi

Dalam kandungan daun tempuyung terdapat banyak mineral yang mampu membantu menyehatkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya hipertensi atau penyakit peningkatan tekanan darah. Selain untuk hipertensi, daun tempuyung juga dimanfaatkan dalam pengobatan penyakit mastitis, membantu menurunkan berat badan, menyehatkan empedu, menurunkan panas atau demam, meredakan peradangan, dan dapat bertindak sebagai penawar racun di dalam tubuh.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat daun tempuyung untuk asam urat dan cara penggunaannya serta beberapa manfaat lain bagi kesehatan. Daun tempuyung cocok digunakan sebagai pengobatan asam urat yang alami dan tanpa efek samping sehingga dapat dikonsumsi dalam jangka yang panjang serta tidak termasuk dalam golongan makanan pantangan bagi penyakit asam urat yang patut dihindari.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal