Sponsors Link

17 Daun untuk Menurunkan Asam Urat dan Buah yang Boleh Dikonsumsi

Sponsors Link

Penyakit asam urat adalah penyakit yang sering diderita oleh orang tua, namun tidak untuk sekarang. Nyatanya banyak dari mereka yang memiliki asam urat dengan usia yang masih sangat muda. Penyakit yang disebabkan penumpukan purin didalam tubuh bisa menyebabkan penderita mengalami sakit yang sangat hebat pada bagian persendian. Selain rasa nyeri, bisa saja jari kaki mereka menjadi bengkak dan sulit digerakkan sama sekali karena ada penumpukan kristal purin yang menjadi penghambat untuk bergerak leluasa.

ads

Kenapa penyakit ini bisa menyerang anak muda? Karena penumpukan purin pada asam urat bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang memiliki banyak sekali kandungan purinnya. Ditambah dengan konsumsi minuman soda dan alkohol, asam urat akan menjadi resiko yang sangat pasti untuk anak usia muda. Baca juga: Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda.

Jika sudah terlanjur mendapatkan asam urat, salah satu jalan keluarnya adalah menyembuhkan dan jangan membiarkanya. Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter dan mendapatkan resep untuk bisa menurunkan kadar purin dalam tubuh. Namun tidak hanya resep dokter saja. Anda juga bisa memanfaatkan daun yang bisa diolah menjadi ramuan penurun kadar asam urat secara tradisional. Berikut adalah 10 daun untuk menurunkan asam urat:

1. Daun Sidaguri

Daun pertama yang bisa menurunkan asam urat adalah sidaguri. Daun ini mempunyai banyak sekali kandungan manfaatnya seperti alkaloid, kalsium, asam amini, saponin, oksalat, fenol, tannis, lubrikan, minyak atsiri dan juga zat phlegmatic. Daun sidaguri sudah banyak diketahui bisa membantu menyembuhkan asam urat. Sidaguri bisa Anda konsumsi dalam bentuk kering atau masih segar. Selain dimakan, obat ini juga bisa dijadikan sebagai obat luar. Cukup mudah untuk menjadikan sidaguri sebagai ramuan asam urat. Anda bisa menakar daun sampai 20 gram dan ditambah dengan 3 gelas air. Panaskan hingga mendidih dan hanya tersisa setengah bagian. Anda bisa meminum ramuan ini 3 kali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Baca juga: Khasiat Sidaguri untuk Asam Urat.

2. Daun Salam

Salam adalah daun yang biasanya dijadikan sebagai salah satu penyedap masakan. Kandungan yang ada pada daun salam, mampu membantu untuk menurunkan asam urat didalam tubuh. Beberapa kandungannya seperti tannin, polifenon, flavonoid dan juga minyak asiri. Jika Anda ingin menggunakan daun salam sebagai alternatif penyembuhan asam urat, Anda bisa mengolahnya menjadi rebusan daun salam. Air dari rebusan tersebut yang bisa Anda konsumsi. Ada baiknya Anda mengkonsumsi saat pagi dan malam hari. Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Salam.

3. Daun Binahong

Daun binahong memiliki kandungan polifenil, alkaloid, oleanotik, saponin dan minyak astirin. Binahong dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat yang ada di dalam tubuh. Selain bermanfaat untuk penderita asam urat, binahong juga bermanfaat jika dikonsumsi oleh penderita diabetes, sebab bisa membuat turun angka glikemiknya. Selain itu, binahong juga bisa dijadikan antibiotik yang alami, sebab di dalamnya terdapat kandungan saponin. Anda tinggal mencampurkan daun binahong dalam larutan alkohol 70%. Baca juga: Manfaat Binahong untuk Asam Urat.

4. Daun Sirsak

Daun sirsak mempunyai kandungan vitamin yang cukup tinggi, seperti vitamin A dan C. Kedua vitamin ini bisa membantu untuk mengeluarkan sejumlah racun didalam tubuh. Pada penderita asam urat, sirsak dinilai mampu menurunkan kadar asam urat dan mengurangi rasa nyeri akibat penumpukan Kristal purin pada persendian. Anda tinggal membuat rebusan daun sirsak ditambahkan tiga gelas air putih. Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sirsak.

5. Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing memiliki kandungan damar, kalium, tannin, filatin, hipolatin dan juga flavonoid yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Biasanya daun kumis kucing digunakan sebagai ramuan untuk membantu menghancurkan batu di saluran urin pada penderita kencing manis dan batu. Kumis kucing juga dinilai mampu untuk mengurangi kadar asam urat yang ada dalam tubuh. Sifat diuretik kumis kucing bisa membuat larut Kristal purin dan mengeluarkannya lewat urin.

Sponsors Link

6. Daun Bidara

Daun bidara merupakan tanaman obat yang memiliki kandungan kalsium, natrium, alkalin, aldehid, flavoinoid dan keton. Bidara biasanya bisa berguna bagi mereka yang memiliki asam urat, untuk menurunkan kadar purin dalam tubuhnya. Anda bisa membuat ramuan bidara dengan mencampurkan temulawak, lada dan komfrey. Semua bahan dicampurkan menjadi satu, lalu direbus. Air rebusannya bisa Anda konsumsi pada pagi, siang dan malam hari.

7. Daun Pare

Daun selanjutnya yang mampu membantu menurunkan kadar asam urat adalah daun pare. Namun tidak hanya daunnya saja, tapi buahnya juga dipercaya bisa membantu penurunan asam urat. Daun pare memiliki kandungan yang sangat bermanfaat seperti glikosida, elasterol, alkaloid, polipeptida, asam folat, vitamin A, B1, B12, C dan juga vitamin E. Dengan membuat ramuan dari daun pare, kadar asam urat pada tubuh akan terbantu untuk berkurang. Biarpun rasanya pahit, namun khasiatnya cukup ampuh. Baca juga: Jenis Sayur yang Dilarang untuk Asam Urat.

8. Daun Seledri

Biasanya untuk para ibu, seledri dijadikan tambahan masakan pada sop. Namun ternyata, seledrei memiliki manfaat lain khususnya untuk kesehatan yang berkaitan dengan asam urat. Kandungan pada seledri adalah klorin, sulfur, inositol, asam lemak, esensial, folat, pottasium, selenium, seng, mangan, vitamini A dan juga B1. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh. Bukan hanya bermanfaat pada penderita asam urat saja, ternyata seledri juga mampu menjadi obat untuk yang terkena rematik. Baca juga: Obat Herbal untuk Asam Urat.

9. Daun Sambiloto

Sambiloto adalah jenis obat yang sangat dikenal bisa dijadikan obat. Biasanya sambiloto digunakan sebagai obat rada, pengurang rasa nyeri, analgetik dan pengurangan racun dalam tubuh. Kandungan yang ada pada daun ini diantaranya keton, flavonoid, keton, alkane, kalium, natrium, aldehid, kalsium dan juga kimia lactone. Kandungan-kandungan tersebut juga dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat didalam tubuh.

Anda bisa membuat ramuan sambiloto untuk asam urat, dengan cara mencampurkan 10 gram sambiloto kering bersama 10 gram temulawak kering, kemudian direbus menggunakan lima gelas air putih. Anda bisa menunggu sampai rebusan sambiloto mendidih dan airnya menyusut hingga hanya menyisakan 3 gelas saja. Anda bisa mengkonsumsi selama 2 jam setelah makan atau pun sebelum makan. Seperti daun pare, sambiloto juga akan terasa pahit namun sangat bermanfaat. Baca juga: Manfaat Sambiloto untuk Asam Urat.

ads

10. Daun Kelor

Daun kelor sudah banyak digunakan untuk pengobatan tradisional khususnya di Indonesia. Daun ini sangat dipercaya bisa membantu mengobati banyak penyakit, salah satunya adalah asam urat yang disebabkan penumpukan purin didalam tubuh. Daun kelor bukan masuk kedalam tumbuhan langka, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya. Pada daun kelor terdapat kandungan penting yang bisa membantu penurunan kadar asam urat dalam tubuh seperti alkaloid dan flavonoid. Kedua kandungan tersebut mampu menurunkan dan mencegah adanya pembentukan asam urat yang baru. Daun kelor juga dipercaya mampu menyembuhkan radang dan rasa nyeri. Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kelor.

Buah yang Boleh Dikonsumsi untuk Penderita Asam Urat

Selain daun sebagai pengobatan asam urat, berikut ini buah untuk asam urat yang boleh dikonsumsi dan tidak menyebabkan kadar asam urat naik:

1. Apel

Buah ini mempunyai banyak manfaat khususnya bagi penderita asam urat. Dengan mengkonsumsi buah apel, bisa membantu penderita asam urat untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuhnya. Kandungan yang terdapat pada buah apel dinilai sangat penting sebagai penetral asam urat dalam tubuh. Akan lebih baik bagi penderita asam urat untuk mengkonsumsi apel setelah makan.

2. Ceri

Buah ini baik untuk dikonsumsi sebagai cemilan pada penderita asam urat. Buah ceri tidak mempunyai lemak dan juga hanya memiliki sedikit kalori, sehingga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan lemak dalam tubuh. Baca juga: Jus untuk Asam Urat.

3. Alpukat

Buah ini mempunyai kandungan gula yang rendah dan bisa membantu mencegah adanya kadar asam didalam tubuh. Kandungan lemak yang tak jenuh pada buah alpukat mampu menurunkan kolesterol buruk dalam tubuh dan menggantinya menjadi kolesterol sehat. Alpukat bisa membantu Anda menurunkan berat badan yang bisa membuat resiko asam urat tinggi.

4. Pisang

Buah selanjutnya yang baik untuk dikonsumsi untuk penderita asam urat adalah pisang. Pisang mempunyai kandungan gula yang rendah dan alkali yang tinggi, selain itu terdapat kandungan kalium yang bisa membantu pada penurunan kadar asam urat dalam tubuh. Kalium bisa membantu Anda mengeluarkan asam urat berlebih pada tubuh dan mengeluarkannya lewat urine. Baca juga: Cara Mencegah Asam Urat.

5. Berry

Buah berry seperti acai berry, blueberry dan strawberry mempunyai kandungan anti inflamasi yang bisa membantu untuk mencegah terjadi peradangan. Buah berry juga mempunyai kandungan vitamin C yang bisa menjadi salah satu antioksidan pencegah terjadinya radikal bebas dalam tubuh. Namun kandungan fruktoas dalam berry cukup berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Baca juga: Makanan dan Minuman untuk Penderita Asam Urat.

6. Pir

Buah pir dinilai sebagai buah alami untuk menjaga agar terhindar dari adanya hidrasi pada tubuh, sebab kandungan air pada pir cukup banyak. Pir juga mempunyai kandungan serat yang mampu membantu agar bisa meminimalisir asam urat dalam tubuh yang berlebihan. Kandungan air dalam pir juga dapat membantu ginjal agar bisa membuang racun yang ada dalam tubuh lewat pembuangan urin.

7. Jambu Biji

Buah selanjutnya yang bisa membantu pada penderita asam urat adalah jambu biji. Dengan mengkonsumsi jambu biji, akan bermanfaat untuk menguatkan sendi dan tulang pada penderita asam urat. Sebab biasanya asam urat memang menyerang pada persendian. Anda bisa memakannya langsung tanpa diolah menjadi jus, namun jika ingin dijadikan jus jangan terlalu menambahkan banyak gula didalamnya.

Itulah 10 daun untuk menurunkan asam urat yang bisa Anda manfaatkan. Bagi Anda yang masih dalam keadaan sehat, akan lebih baik untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan pencegah asam urat dan menghindari makanan penyebab asam urat.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal