Sponsors Link

Diet Rendah Purin untuk Penderita Asam Urat

Sponsors Link

Purin merupakan salah satu jenis protein yang masuk dalam golongan nukleoprotein dan bisa menyebabkan penyakit asam urat. Metabolisme yang akan dihasilkan purin adalah asam urat. Adanya peningkatan kadar asam urat dalam darah yang sangat berlebihan, akan mengakibatkan penumpukan asam urat pada bagian sendi tangan atau kaki yang akan menimbulkan rasa sakit.

ads

Asam urat juga bisa menumpuk pada ginjal dan menyebabkan batu ginjal. Melakukan diet dengan tujuan mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dan juga melancarkan pengeluaran asam urat dan mendapatkan berat badan yang ideal. Diet ini sangat dibutuhkan untuk mereka yang memang mempunyai kadar asam urat dalam tubuh terlalu berlebihan.

Tujuan Melakukan Diet:

  • Merupakan salah cara mencegah asam urat dan mengurangi pembentukan asam urat karena bahan makanan yang memiliki kandungan purin tinggi
  • Untuk mengurangi berat badan agar tidak menghambat pada pengurangan purin secara alami yang dilakukan oleh ginjal dalam tubuh.

Syarat Melakukan Diet:

  • Anda hanya diperbolehkan mengkonsumsi purin sebanyak 120-150 mg/hari
  • Perbanyak asupan cairan untuk membantu ginjal mengeluarkan asam urat
  • Perbanyak hidrat arang yang dapat membantu mengeluarkan asam urat
  • Tidak terlalu banyak konsumsi lemak karena akan beresiko pada kenaikan berat badan.

Prinsip Melakukan Diet :

  • Diet ini  merupakan cara untuk bisa menghindari atau membatasi jenis makanan tertentu yang memiliki kandungan purin sangat banyak. Saat melakukan diet, usahakan untuk melakukan dengan benar agar senyawa asam urat bisa dikurangi lewat metabolisme purin kemudian dikeluarkan lewat saluran urin dengan lancar.
  • Karena asam urat merupakan zat yang mudah larut dalam urin alkalis sehingga hidrat arang sangat baik untuk membantu mengeluarkan asam urat yang terlalu berlebihan.
  • Kandungan lemak terlalu tinggi pada makanan bisa mengakibatkan kondisi urin menjadi lebih asam dan ginjal akan sulit melakukan ekresi asam urat. Sehingga menghindari lemak adalah hal yang harus sangat diterapkan.

Makanan yang merupakan sumber purin sangatlah beragam. Jika mengkonsumsi semua jenis makanan dengan porsi wajar tentu tidak akan menjadi masalah. Namun, kebiasaan diet yang salah malah akan menyebabkan keadaan purin lebih tinggi dan Anda menjadi kekurangan gizi. Sehingga sebaiknya Anda benar-benar mengatur menur diet sesuatu dengan kebutuhan tubuh.

Berikut adalah beberapa daftar batasan yang boleh masuk dalam tubuh:

  1. Besi: 15,9 gram
  2. Vitamin A: 8.642 SI
  3. Tiamin: 0,8 mg
  4. Vitamin C: 170 mg
  5. Purin : 50-150 mg
  6. Kalori: 1.848 kalori
  7. Protein: 51 gram
  8. Lemak: 32 gram
  9. Karbohidrat: 338 gram
  10. Kalsium: 0,3 gram

Tips Diet :

  1. Pada diet biasa dengan rendah purin ada pada asupan kadar purin nya. Diet biasa asupan purin cenderung tidak dijaga, sedangkan diet rendah purin asupan nya tidak boleh lebih dari 150 mg/hari.
  2. Pada saat diet akan dibatasi juga asupan lemak, guna melancarkan pengeluaran asam urat.
  3. Saat sedang diet, sebaiknya Anda perbanyak minum air putih, agar asam urat dapat dikeluarkan dengan cepat lewat saluran urin.
  4. Konsumsi lah makanan yang masuk dalam kategori rendah purin dengan kandungannya tidak lebih dari 150 mg. Makanan untuk penderita asam urat rendah purin diantaranya seperti: Nasi, jagung, makaroni, bihun, singkong, ubi, talas, sagu, keju, telur, apel, yoghurt, pisang.
  5. Anda bisa coba diet ala Mediterania, yang banyak menggunakan minyak sayuran seperti minyak zaitun.
  6. Batasi lah mengkonsumsi minuman fermentasi seperti bir. Jika mau, Anda bisa menggantinya dengan anggur yang benar-benar murni.
  7. Perhatikan pengolahan makanan saat sedang diet. Ada baiknya hindari mengolah makanan dengan cara digoreng.
  8. Sebaiknya hindari makanan yang mempunyai kadar purin tinggi, seperti: Sarden, hati, kacang polong, daging merah, jeroan dan yang lainnya.
  9. Sebaiknya saat sedang diet, Anda benar-benar mengolah makanan sendiri agar dapat mengukur tiap kandungan purin yang masuk dalam tubuh.
  10. Buatlah list menu diet untuk beberapa hari agar Anda bisa mempersiapkannya.
  11. Anda bisa coba konsumsi suplemen untuk Asam Urat  atau tablet natrium bikarbonat agar keadaan urin menjadi lebih alkalis sehingga akan memudahkan pada ekskresi ginjal untuk mengolah purin.
  12. Anda juga dapat mengkonsumsi beberapa obat herbal untuk asam urat yang diolah sendiri, seperti ramuan dari rebusan daun salam, daun sirsak, sambiloto, atau binahong.
  13. Anda juga sebaiknya melakukan diet rendah protein agar kandungan protein tidak mengakibatkan peningkatan pada kadar asam urat di dalam darah. Asupan protein yang dianjurkan per hari sebaiknya tidak lebih dari 70 gram.
Sponsors Link

Rekomendasi Menu Makanan Untuk Diet:

  • Menu pagi hari: Nasi, telur dadar, wortel, tomat, teh hijau, saat pukul 10 pagi, Anda bisa makan semangka
  • Menu siang hari: Nasi, Ikan bakar saos kecap (1/2 potong), sayur sop, buah jeruk
  • Menu malam hari: Pisang, tomat, sawi

Beberapa makanan diatas bisa menjadi alternatif menu pilihan Anda untuk melakukan diet. Namun jika memang Anda tidak terlalu menyukai menu diatas, terdapat beberapa daftar makanan rendah purin yang bisa coba Anda konsumsi dan Anda atur sendiri menu nya.

Berikut adalah daftar makanan rendah purin yang dapat Anda atur sendiri:

1. Asparagus

Asparagus merupakan jenis  sayur untuk asam urat hijau yang rendah purin dan kaya akan nutrisi folat serta vitamin K. Dalam sayuran ini terdapat kandungan antioksida yang sangat baik untuk penderita asam urat. Asparagus mempunyai sifat dieuretik sehingga bisa membantu untuk menjaga kesehatan ginjal dan mengobati adanya peradangan

2. Buncis

Buncis adalah sayuran golongan kacang yang memiliki kandungan purin rendah. Anda bisa menjadikan buncis sebagai menu diet rendah dan bisa dikonsumsi pada siang hari. Dengan mengkonsumsi buncis akan membantu untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh.

3. Jamur

Jamur merupakan jenis sayuran yang rendah purin. Kandungan karbohidrat dan mineral dalam jamur cukup tinggi dan sangat baik jika dikonsumsi penderita asam urat. Anda bisa menjadikan jamur sebagai menu sarapan atau makan siang. Saat Anda mengolah jamu, sebaiknya hindari tambahan penyedap rasa terlalu banyak.

4. Jagung

Jagung adalah jenis sayuran lainnya yang memiliki kandungan purin rendah. Mengkonsumsi jagung bisa membantu Anda untuk memperbaiki metabolisme tubuh. Anda bisa mengolah jagung menjadi sup jagung dan dikonsumsi pada siang atau malam hari.

ads

5. Kacang Hazel

Kacang hazel adalah makanan jenis kacang-kacangan yang kandungan purin nya juga rendah. Menu kacang hazel bisa Anda gunakan untuk pagi atau malam hari. Anda bisa mengolah kacang hazel sesuai dengan selera Anda sendiri.

6. Kacang Tanah

Kacang tanah juga masuk dalam golongan kacang-kacangan yang kandungan purin nya rendah. Selain bisa dijadikan menu diet purin, kacang tanah juga bisa dijadikan menu untuk menurunkan berat badan. Anda bisa menjadikan kacang tanah sebagai cemilan di siang hari.

7. Kentang

Kentang adalah salah satu sayuran yang memiliki kandung protein, karbohidrat, dan lemak nabati yang cukup tinggi. Kandungan purin dalam kentang tidak terlalu tinggi dan akan aman untuk dikonsumsi oleh Anda. Anda bisa menjadikan kentang sebagai menu pilihan untuk pagi atau siang hari. Cara pengolahan nya bisa disesuaikan dengan selera Anda sendiri.

8. Lobak

Masih masuk dalam jenis sayuran yang rendah purin, yaitu lobak. Anda bisa menjadikan lobak sebagai menu makanan di pagi atau siang hari. Kandungan purin dalam lobak sangat rendah, sehingga sangat cocok menjadi menu makan Anda.

9. Wortel

Selanjutnya adalah sayuran berbentuk panjang dan berwarna orange yang sangat banyak disukai orang yaitu wortel. Sayuran ini bisa menjadi menu untuk diet. Anda bisa membuat tumis dengan campuran wortel di dalam nya. Mengkonsumsi wortel bisa kapan saja pada pagi, siang atau malam hari.

10. Pisang

Pisang adalah jenis buah-buahan yang bisa menjadi penambah energi untuk Anda yang sedang melakukan diet. Anda bisa mengkonsumsi pisang 1 kali dalam 1 hari, dan bisa dikonsumsi pada pagi atau siang hari sebagai menu penambah energi.

11. Melon

Melon adalah buah-buahan yang memiliki banyak sekali kandungan airnya. Dengan mengkonsumsi melon biasanya perut akan mudah kenyang. Anda bisa menjadikan melon menu selingan di pagi, siang atau malam hari.

12. Ceri

Ceri adalah salah satu jenis buah untuk asam urat yang purin yang dapat dijadikan menu cemilan siang atau malam hari. Bagi Anda yang diet, mengkonsumsi ceri sangat baik untuk mengurangi penumpukan asam urat pada bagian sendi.

13. Apel

Jenis buah lainnya yang bisa dijadikan menu diet  adalah apel. Kandungan purin dalam apel sangatlah rendah. Anda bisa mengkonsumsi apel pada pagi, siang atau malam hari sebagai selingan atau pengganti cemilan. Mengkonsumsi apel akan semakin membantu Anda untuk mengurangi beberapa gejala asam urat seperti nyeri pada bagian persendian.

14. Jeruk

Jeruk juga masuk dalam kategori buah yang bisa dijadikan menu diet. Kandungan vitamin C dalam jeruk cukup banyak dan akan sangat bermanfaat bagi penderita asam urat. Jeruk bisa Anda jadikan sebagai pengganti cemilan kapan saja. Sehingga beberapa makanan ringan yang mengandung purin terlalu banyak bisa Anda gantikan dengan jeruk yang menyehatkan.

Itulah pembahasan mengenai diet rendah purin. Agar hasil yang didapatkan maksimal, sebaiknya Anda melakukan diet ini dengan benar. Hindari makanan yang bisa memicu terjadinya kenaikan purin. Anda juga sebaiknya menghindari beberapa minuman yang terdapat kandungan purin tinggi seperti alkohol dan soda.

, , , , ,