Sponsors Link

Efek Jeroan Terhadap Penyakit Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan penyakit kronis yang susah untuk disembuhkan yang menyerang persendian. Hal itu dikarenakan penyakit asam urat merupakan penyakit turun temurun. Penyakit asam urat mudah muncul pada orang yang sering atau terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan bagi penyakit asam urat. Salah satunya adalah makanan yang mengandung zat purin tinggi. Banyaknya kandungan purin dalam makanan mengakibatkan meningkatnya kadar asam urat yang dihasilkan oleh tubuh. Untuk itu, penderita asam urat disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan.

ads

Jeroan merupakan pantangan utama bagi penderita asam urat. Jeroan mengandung kadar zat purin yang tinggi sebagai pemicu kadar asam urat menjadi tinggi sehingga penyakit asam urat dalam tubuh pun semakin parah dan risiko kekambuhannya pun mengalami peningkatan. Kadar asam urat yang tinggi ini kemudian akan membentuk kristal yang padat pada sendi yang menimbulkan peradangan dan rasa nyeri. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi penderita asam urat untuk menghindari makan jeroan. Selain bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, jeroan juga mempengaruhi kadar kolesterol di tubuh sehingga dapat disimpulkan bahwa jeroan merupakan penyebab asam urat dan kolesterol tinggi.

Jeroan merupakan salah satu bagian dari hewan yang banyak disukai bagi sebagian orang. jeroan berupa usus, babat, limpa, jantung, paru, ginjal, kikil, otak, rempelo, hati, dan sebagainya. Banyak masakan Indonesia yang mengolah jeroan ini menjadi beberapa macam menu makanan seperti sup kikil, gulai, tongseng, sambal goreng ati, paru goreng, soto babat, dan sebagainya. Cara mengolah jeroan dengan menambahkan santan dan garam yang berlebihan juga dapat menyebabkan semakin parahnya penyakit asam urat. Kegemaran menyantap masakan berbahan baku jeroan tersebut menjadi penyebab menurunnya kadar asam urat normal dalam tubuh yang berdampak pada kesehatan tubuh yang semakin buruk.

Jeroan tidak selamanya berdampak buruk bagi kesehatan  tubuh. Meskipun mengkonsumsi jeroan dapat mengakibatkan penyakit asam urat, namun jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar, jeroan akan memberikan berbagai macam manfaat bagi tubuh karena jeroan sendiri ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Berikut ini akan diulas beberapa kandungan nutrisi yang terdapat  di dalam jeroan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh:

Kandungan Nutrisi Jeroan

Perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya jeroan itu mengandung berbagai macam nutrisi yang tersembunyi yang dibutuhkan oleh tubuh terutama memperbaiki gizi agar terpenuhi sesuai dengan kadar gizi yang normal. Zat-zat gizi yang terkandung dalam jeroan, seperti vitamin B, vitamin A, vitamin E, vitamin K, zat besi, fosfor, asam folat, magnesium, dan zinc. Vitamin-vitamin dan mineral yang terkandung dalam jeroan ini sangat penting bagi tubuh untuk membantu dalam menjalankan berbagai proses metabolisme dalam tubuh. Di bawah ini akan diuraikan masing-masing manfaat dari kandungan nutrisi yang terkandung dalam jeroan:

  • Vitamin A yang terkandung dalam jeroan berperan penting terhadap fungsi penglihatan.
  • Vitamin B berperan penting dalam proses metabolisme energi.
  • Zat besi dan asam folat berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah pada tubuh.
  • Vitamin D, fosfor, dan magnesium berperan penting dalam kesehatan tubuh khususnya bagian tulang.
  • Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah untuk mencegah perdarahan.
  • Zinc, vitamin A, dan vitamin E berperan sebagai antioksidan.

Meskipun jeroan kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan kita, tapi bukan berarti Anda boleh mengonsumsi jeroan terlalu sering atau terlalu berlebihan. Perlu diingat kembali bahwa selain nutrisi yang terkandung di dalam jeroan, jeroan juga mengandung zat purin yang sangat tinggi. Bukan hanya itu, jeroan juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi yang dinilai buruk bagi kesehatan tubuh.

Nah, itulah ulasan mengenai efek jeroan bagi penyakit asam urat. Kita boleh mengkonsumsi makanan yang berbahan baku jeroan. Karena kita tahu bahwa olahan makanan yang berasal dari jeroan memiliki rasa yang lezat di lidah. Akan tetapi harus diingat kembali, konsumsilah dalam jumlah yang wajar dan jangan terlalu berlebihan agar terhindar dari penyakit asam urat.  Kita boleh mengkonsumsi jeroan tapi sebaiknya seimbangkan antara mengkonsumsi makanan yang berbahan baku jeroan dengan memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah. Selain itu, perbanyak minum air putih ataupun air yang berionisasi tinggi sebagai penetralisir zat purin yang ada dalam jeroan dan jangan lupa untuk berolahraga secara rutin karena olahraga termasuk ke dalam cara mencegah agar terhindar dari penyakit asam urat.

Semoga berguna dan bermanfaat. Ingat, sehat itu mahal harganya. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih makanan untuk menjaga kesehatan kalian agar terhindar dari penyakit.

, , ,