Sponsors Link

5 Efek Makan Durian Bagi Penderita Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

DurianDurian atau sering disebut dengan rajanya buah merupakan buah-buahan yang mempunyai aroma yang sangat khas. Aroma khas pada buah durian sering kali menjadi kontroversi hal ini disebabkan karena ada yang menyukai aroma tersebut dan ada juga yang tidak menyukai aroma durian bahkan beberapa orang merasa pusing saat mencium aroma durian.

ads

Pada durian terdapat banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan diantaranya yaitu zat besi, vitamin B, vitamin C, omega-3, dll. Berbagai kandungan tersebut mempunyai banyak sekali untuk kesehatan tubuh akan tetapi tidak semua penyakit dapat disembuhkan oleh durian.

Ada beberapa jenis penyakit yang menjadikan durian sebagai pantangan pada penderitanya karena jika mengkonsumsi durian akan menimbulkan berbagai efek yang tidak diinginkan. Salah satu penyakit yang melarang penderitanya untuk mengkonsumsi durian yaitu penyakit asam urat. Penderita asam urat haruslah mengetahui bahwa mengkonsumsi durian yang berlebihan akan mengakibatkan kondisi kesehatan semakin buruk seperti terjadinya penyumbatan darah, dll.

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya penumpukan zat purin. Asam urat terjadi pada daerah persendian yang mengakibatkan penderitanya merasakan rasa sakit, bengkak dan panas pada bagian persendiannya. Asam urat yang dibiarkan akan menyebabkan peradangan pada persendian semakin parah bahkan dapat menyebabkan terjadinya kelumpuhan.

Karena itu penderita asam urat haruslah menghindari berbagai makanan yang dapat menyebabkan peradangan pada persendian semakin parah dan konsumsilah makanan yang rendah purin. Salah satu makanan yang dapat membuat parah asam urat yaitu buah durian. Oleh karena itu pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai efek makan durian yang perlu diketahui oleh penderita asam urat. Berikut penjelasannya.

Kandungan Durian 

Durian sering dijuluki sebagai king of fruit hal ini disebabkan karena durian mempunyai banyak sekali kandungan nutrisi. Buah durian mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tak terkecuali untuk penderita asam urat. Akan tetapi dengan mengkonsumsi durian yang berlebihan akan menyebabkan berbagai efek samping yang menakutkan hal terburuk yang mungkin terjadi yaitu menyebabkan kematian. Berbagai kandungan nutrisi yang ada pada durian diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Kalium
  • Seng
  • Thiamin
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Riboflavin
  • Omega-3 dan Omega-6
  • Vitamin B dan Vitamin C

Itulah beberapa kandungan nutrisi yang ada pada durian. Manfaat durian untuk kesehatan diantaranya yaitu untuk mencegah penuaan dini, mencegah terjadinya depresi, sebagai nutrisi untuk tulang ataupun gigi, meningkatkan kemampuan otak, dll. Meskipun untuk beberapa kondisi durian memberikan banyak manfaat akan tetapi mengkonsumsi durian untuk penderita asam urat merupakan suatu pantangan yang nantinya akan berdampak terhadap kesehatan penderita asam urat.

Sponsors Link

Efek Makan Durian Bagi Penderita Asam Urat

Berikut ini beberapa efek yang diakibatkan buah durian bagi penderita asam urat:

  • Durian merupakan buah-buahan yang menjadi pantangan makanan asam urat dan diabetes hal ini dikarenakan kadar gula yang terkandung pada buah durian sangatlah tinggi.
  • Jika penderita asam urat mengkonsumsi durian secara berlebihan maka khawatir kadar kolesterol adalah darah menjadi meningkat dengan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah maka pada pembuluh darah akan terjadi penyumbatan yang akan berakibat kepada aliran darah yang tidak akan menjadi lancar.
  • Aliran darah yang tidak bekerja dengan lancar akan berdampak pada kinerja organ ginjal karena ginjal tidak akan mendapatkan nutrisi yang cukup ketika pembuluh darah tersumbat.
  • Dengan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah maka efek asam urat dan kolesterol terjadinya berbagai penyakit yang nantinya penderita asam urat akan mengalami komplikasi. Penyakit lain yang disebabkan karena meningkatnya kadar kolesterol yaitu tekanan darah tinggi, berbagai macam penyakit jantung bahkan dapat mengakibatkan stroke.
  • Selain itu hal yang mungkin akan terjadi ketika kadar kolesterol meningkat yaitu organ ginjal tidak akan bekerja dengan lancar dan akan menyebabkan kadar asam urat menumpuk pada bagian ginjal.
Sponsors Link

Oleh karena itu agar penderita asam urat tidak mengalami berbagai hal buruk hindarilah mengkonsumsi durian yang berlebihan. Mengkonsumsi durian secara berlebihan akan memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Selain berbahaya untuk penderita asam urat durian juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita hipertensi, diabetes, ginjal, kencing manis, ibu hamil.

Penderita asam urat haruslah pintar-pintar dalam memilih jenis makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Dengan memilih jenis makanan dan minuman yang tepat maka  penderita asam urat akan mempunyai peluang yang besar untuk sembuh dari sakit asam urat yang dideritanya. Periksalah secara rutin kadar asam urat pada tubuh Anda untuk menghindari terjadinya berbagai kemungkinan terburuk yang disebabkan oleh asam urat tinggi. Selain dengan melakukan pemeriksaan terhadap dokter coba lakukan juga penanganan asam urat secara tradisional. Sekian pembahasan efek makan durian. Semoga bermanfaat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan