Sponsors Link

5 Fungsi Asam Urat dalam Tubuh Manusia

Sponsors Link

Asam urat merupakan produk akhir dari metabolisme purin yang dapat ditemukan pada DNA dan RNA di setiap sel di tubuh manusia. Selain itu purin juga dapat ditemukan pada makanan-makanan seperti jeroan, usus, hati, melinjo, bayam, dan lain-lain. Seperti produk akhir lainnya, asam urat harus dieksresikan atau dibuang. Asam urat dibuang oleh tubuh melalui feses dan urin. Asam urat yang dibuang melalui feses sebanyak 30 persen dan sisanya 70% dibuang melalui urin. Oleh karena itu, gangguan ginjal akan mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh karena melalui urin kebanyakan asam urat dieksresikan.

ads

Kadar asam urat normal dalam tubuh ialah 2,4-6 mg/dL untuk perempuan dan 3,4-7 mg/dL untuk laki-laki. Oleh karena kadar normalnya yang memiliki rentang dan mungkin terjadi hipourisemia atau kekurangan kadar asam urat, dipercaya bahwa asam urat memiliki beberapa fungsi pada tubuh walaupun asam urat hanyalah produk sisa.

Baca:

Fungsi Asam Urat pada Tubuh

Asam urat memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat bagi tubuh, berikut ialah beberapa fungsi asam urat:

  • Antioksidan

Asam urat merupakan antioksidan natural yang dimiliki tubuh dan tersebar di seluruh tubuh dan konsentrasinya lebih tinggi sepuluh kali lipat dibandingkan antioksidan endogen lainnya. Asam urat sebagai antioksidan bekerja dengan cara mengumpulkan radikal hydroxil, hidrogen peroksida, dan peroxynitrit, supresi reaksi fenton, mencegah peroksidase lipid dan mengikat logam. Asam urat juga memblok reaksi anion superoksida dengan NO yang bisa mencederai sel dan juga asam urat mencegah degradasi extracellular superoxide dismutase, enzim yang penting untuk mempertahankan fungsi vaskular dan endotel.

Baca juga: Suplemen untuk Asam Urat.

  • Neuroprotektif

Acute ischemic stroke (AIS) merupakan salah satu jenis stroke. Acute ischemic stroke merupakan kondisi dimana aliran darah ke otak terhalang sehingga menyebabkan kekurangan oksigen dan glukosa. Kadar asam urat bisa digunakan sebagai prediksi prognosis orang yang terkena AIS. Orang dengan kadar asam urat tinggi setelah terjadi AIS memiliki prognosis yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang kadar asam uratnya normal atau malah rendah. Diperkirakan hal ini disebabkan oleh asam urat yang bertindak sebagai antioksidan. Penelitian ini merupakan salah satu penelitian yang mempercayai bahwa asam urat merupakan neuroprotektif.

Baca juga: Manfaat Binahong untuk Asam Urat.

  • Sebagai Warning Sign

Organisme harus mengetahui apakah sel hidup atau mati dan harus bisa mendeteksi ketika mikroorganisme menyerang agar bisa mentrigger mekanisme pertahanan dan perbaikan. Ketika sel mati dikarenakan oleh suatu mikroorganisme terdapat reseptor PAMP (pathoghen-associated molecular pattern) yang dikeluarkan oleh molekul mikroba yang akan dikenali oleh TLR (toll-like receptor) yang akan mengaktifkan respon imun bawaan dan adaptif yang penting untuk membunuh mikroba sehingga tubuh bisa memperbaiki sel yang mati.

Untuk cedera sel yang tidak dikarenakan oleh mikroorganime, proses pertahanan dan perbaikan sel akan dimulai oleh alarmin. Alarmin merupakan DAMP (damage associated molecular pattern). Alarmin ialah grup molekul intraseluler yang secara cepat dilepaskan oleh kematian sel yang tidak diprogram (nekrosis) tapi tidak kematian sel yang diprogram (apoptosis).

Alarmin akan mengaktifkan sel yang mengekspresikan reseptor spesifik dan akan merekrut sistem imun bawaan yang akan berujung mengeluarkan peradangan atau inflamasi yang penting untuk rekonstruksi sel dan jaringan yang cedera. Asam urat merupakan salah satu contoh alarmin. Peningkatan kadar asam urat setelah kerusakan jaringan. Kadar asam urat akan kembali ke kadar awal setelah 1 jam mengindikasi bahwa salah satu fungsi asam urat ialah sebagai warning sign.

Baca juga: Makanan untuk Penderita Asam UratPantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat.

Sponsors Link

  • Mobilisasi Progenitor Sel Endotel

Selain mencegah degradasi extracellular superoxide dismutase, enzim yang penting untung mempertahankan fungsi vaskular dan endotel seperti fungsi asam urat pertama, asam urat juga memiliki fungsi yaitu mempercepat perekrutan progenitor sel endotel dalam merespon iskemik jaringan. Progenitor sel endotel berfungsi untuk regenerasi sel endotel. Namun hal ini masih merupakan penelitian yang dilakukan pada tikus, belum ditemukan bukti pada manusia.

  • Berperan dalam Sistem Imun Adaptif

Sistem imun adaptif merupakan sistem imun yang terspesialisasi. Asam urat meningkatkan respon sel limfosit T. Limfosit memiliki peran penting dalam pertahanan melawan tumor dengan menginduksi sel sitotoksik yang akan membunuh sel tumor dan menghambat pertumbuhan sel tumor.

Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena orang yang terkena kanker bisa terkena tumor lysis sindrome, yaitu kelainan yang terjadi ketika jumlah sel tumor mati akan mengeluarkan isinya, salah satu efeknya ialah hiperurisemia. Hal ini bisa menyebabkan gagal ginjal akut karena tumpukan kristal asam urat di ginjal. Oleh karena itu fungsi ini masih diperdebatkan oleh para ahli.

Semua fungsi atau manfaat di atas masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui secara lebih mendalam. Namun sejauh ini, manfaat asam urat masih lebih sedikit dibandingkan dengan bahaya yang mungkin didapati dari asam urat.

Baca juga: Manfaat Jahe untuk Asam UratManfaat Lemon untuk Asam Urat.

Efek Kekurangan Asam Urat

Asam urat yang memiliki kadar normal yang bukan nol merupakan indikasi bahwa kekurangan asam urat bisa menyebabkan beberapa efek. Seperti salah satu fungsi asam urat yaitu neuroprotektif, penelitian menunjukkan bahwa orang dengan penyakit saraf seperti parkinson dan alzheimer memiliki kadar asam urat yang rendah. Kekurangan asam urat secara mendadak bisa mencetuskan serangan gout. Karena kelarutan asam urat yang seimbang terganggu dan akan mempermudah pengkristalan asam urat sehingga bisa menyebabkan serangan gout.

Baca juga: Khasiat Sidaguri untuk Asam Urat.

Sponsors Link

Efek Kelebihan Asam Urat

Kelebihan asam urat dapat mempengaruhi tubuh, beberapa contoh kondisi yang bisa disebabkan oleh kelebihan asam urat ialah:

  • Gout

Gout merupakan manifestasi paling sering akibat kelebihan asam urat, gout menyerang sendi terutama sendi kecil seperti sendi pada jari tangan dan sendi pada jari kaki. Gout sendiri terjadi karena tumpukan kristal monosodium urat pada sendi. Gejala gout ialah nyeri mendadak pada sendi, kemerahan sendi, dan bengkak sendi. Baca juga : Bahaya Asam Urat.

  • Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan bahaya lain dari kelebihan asam urat, batu ginjal muncul karena penumpukan kristal asam urat di ginjal, batu ginjal ini mampu mempengaruhi fungsi ginjal apabila ukurannya besar dan menutup saluran pembentukan urin. Batu ginjal mampu menyebabkan gagal ginjal yang membuat gangguan elektrolit. Salah satu manifestasi yang bisa terjadi ialah kejang, dan kelebihan asam urat akan memperparah kejang tersebut. Gejala batu ginjal ialah nyeri bagian pinggir perut dan menjalar ke arah selangkangan, kurangnya produksi urin.

Baca: Jenis Penyakit Asam Urat AkutJenis Penyakit Asam Urat.

  • Asidosis metabolik

Asidosis metabolik merupakan gangguan klinis yang terjadi akibat kenaikan kadar keasaman plasma darah. Makanan protein tinggi yang tidak dimetabolisme dengan baik merupakan salah satu penyebab asam urat meningkat dan bisa menyebabkan asidosis metabolik. Gejalanya ialah nafas cepat disertai kebingungan, dan lemas.

Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun SirsakCara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kelor.

Demikian informasi mengenai fungsi asam urat dan efeknya bila tubuh kekurangan maupun kelebihan asam urat. Jaga pola hidup Anda menjadi lebih sehat agar terhindar dari penyakit asam urat. Karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat.

, , , ,