Sponsors Link

Gejala Asam Urat dan Kolesterol Tinggi yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Penyakit asam urat dan juga kolesterol merupakan penyakit dengan penyebab utamanya adalah senyawa yang ada pada tubuh. Sebenarnya asam urat dan kolesterol tidaklah berbahaya, hanya saja jika kadarnya sudah sangat tinggi dan melampaui batas minimal maka kondisinya akan sangat berbahaya bagi tubuh. Beberapa orang biasanya tidak sadar jika mereka sudah terserang asam urat dan kolesterol. Beberapa gejala yang menyerang kerap kali dianggap hal yang biasa saja. Untuk mengetahui gejala asam urat dan kolesterol tinggi wajib diwaspadai, berikut adalah pembahasan nya.

ads

Gejala Asam Urat Tinggi

1. Nyeri sendi

Untuk gejala awal yang sering terjadi, biasanya penderita akan mengalami rasa nyeri pada bagian persendian. Ini disebabkan karena asam urat yang tinggi sudah membentuk Kristal dan masuk ke sela-sela persendian, akibatnya rasa sakit kerap kali dirasakan. Biasanya rasa nyeri akan muncul secara tiba-tiba pada malam hari atau saat bangun tidur di pagi hari.

2. Jempol kaki terasa nyeri

Biasanya bagian yang akan terasa nyeri lebih dulu adalah jempol kaki. Rasa nyeri pada jempol bisa didefinisikan dengan rasa yang tidak nyaman yang bisa membuat penderita sangat terganggu dan tidak dapat istirahat dengan baik. Mereka akan mulai kesulitan untuk menggerakkan bagian jempol dan juga tubuhnya akan semakin lemah.

3. Bagian sendi yang sakit mulai terasa terbakar

Gejala lanjutan dari asam urat yang tinggi adalah bagian sendi yang terasa sakit akan mulai mengalami sensasi seperti terbakar dan panas. Gejala ini dapat menyerang kapan saja, bisa saat Anda sedang melakukan aktivitas atau saat sedang istirahat.

4. Bagian sendi akan mulai bengkak secara perlahan

Jika kondisi asam urat dalam tubuh sudah benar-benar melampaui batas maksimal, maka seiring berjalannya waktu gejala asam urat juga akan semakin berkembang. Yang awalnya hanya mengalami rasa sakit pada bagian sendi dan sensasi terbakar, lama-lama akan mulai membengkak. Ini disebabkan asam urat sudah benar-benar memenuhi aliran darah dan juga persendian. Bahkan pada kondisi ini, ada saja penderita yang tidak dapat mengatasi rasa bengkak dan rasa nyeri nya.

5. Bagian sendi mulai berwarna kemerahan

Asam urat yang sudah sangat kompleks juga akan diikuti dengan gejala persendian yang mulai berwarna kemerahan. Diawali dengan persendian yang semakin membengkak, maka sendi juga akan ikut memerah. Jika sudah sampai pada gejala ini, sebaiknya Anda benar-benar harus mewaspadai dan berkonsultasi pada dokter.

6. Bagian sendi mulai terasa kaku dan tidak dapat bergerak dengan bebas

Penumpukan asam urat yang semakin parah dan sudah mengalami gejala awal sebelumnya lalu berkembang secara signifikan akan menyebabkan seseorang tidak dapat menggerakkan bagian sendi nya. Bagian kaki adalah yang biasanya sering terserang gejala ini. Namun jika kondisinya sudah benar-benar parah, maka rasa kaku akan mulai menyebar ke bagian tangan dan jari kaki.

7. Bagian sendi terasa sangat gatal

Asam urat yang tinggi juga bisa ditandai dengan adanya rasa gatal pada permukaan kulit sendi yang sakit. Saat bagian kulit pada sendi mulai mengeras maka kadar asam urat harus segera diatasi karena jika dibiarkan gejala nya akan semakin memburuk. Gejala terburuk penderita asam urat yang sangat tinggi adalah penderita asam urat benar-benar tidak dapat menggerakkan sendi sama sekali atau mengalami kelumpuhan. Hal ini bisa menjadi permanen jika kadar asam urat tidak segera diturunkan.

Tips Mengatasi Asam Urat Tinggi

1. Menjaga asupan makanan

Penyebab asam urat yang paling utama adalah kelebihan purin yang berasal dari asupan makanan. Pada dasarnya purin tidak lah berbahaya, namun jika kadarnya sudah melampaui batas normal maka ini yang akan menjadi bahaya asam urat semakin berisiko. Ada baiknya Anda mulai menghindari makanan penyebab asam urat yang memang memiliki kandungan purin sangat tinggi. Beberapa makanan yang memiliki kandungan purin sangat tinggi seperti jeroan, seafood, daging merah, dan kacang-kacangan. Sebagai gantinya, Anda dapat mengkonsumsi makanan untuk asam urat.

Sponsors Link

2. Melakukan diet rendah purin

Pada poin ini masih berhubungan dengan asupan makanan. Melakukan diet rendah purin dengan mengatur pola makan dalam beberapa waktu akan membantu untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Diet ini akan mengharuskan Anda untuk mengatur menu makanan sehari-hari.

3. Hindari konsumsi minuman mengandung alkohol

Tahukah Anda bahwa alkohol adalah salah satu pemicu asam urat? Sehingga ada baiknya, Anda mulai mengurangi konsumsi minuman yang mengandung alkohol. Salah satu minuman beralkohol yang sudah beredar di pasaran adalah bir, minuman ini memiliki kandungan purin tinggi akibat dari proses fermentasi sebelumnya.

4. Kurangi berat badan

Berat badan yang terlalu berlebihan atau mengalami obesitas, dapat mengakibatkan kadar asam urat terjebak bersama lemak akibatnya ginjal tidak dapat mengolahnya dengan baik. Untuk itu, jika Anda memang memiliki berat badan terlalu berlebihan sebaiknya segera mengurangi berat badan demi menjaga kesehatan tubuh.

5. Melakukan olahraga untuk menurunkan asam urat

Olahraga dengan rutin juga dapat membantu Anda menurunkan gejala dan tanda-tanda asam urat serta melancarkan aliran darah. Anda dapat melakukan olahraga dengan rutin minimal 15-30 menit dalam sehari. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, Anda bisa berjalan santai atau lari santai di pagi hari.

Itulah beberapa gejala asam urat tinggi dan tips mengatasinya. Sebenarnya tidak jarang penderita asam urat juga memiliki kadar kolesterol dalam tubuh yang sangat tinggi. Kedua hal ini sangat berhubungan karena saat kolesterol dalam tubuh tinggi maka akan menghalangi proses metabolisme purin dengan ginjal dengan baik. Lalu, apa saja sebenarnya gejala kolesterol tinggi? Berikut ulasannya.

Gejala Kolesterol Tinggi

1. Nyeri pada bagian dada

Saat kolesterol mengalami peningkatan yang cukup tinggi, maka akan menyebabkan adanya penumpukan lemak dalam arteri. Kondisi ini akan membuat darah yang menuju jantung tidak lancar. Nyeri pada bagian dada juga sering berhubungan dengan kondisi ini. Namun orang-orang biasanya tidak menganggap terlalu serius dan hanya menganggap bahwa itu adalah efek dari rasa lelah saja.

ads

2. Kesulitan saat bernapas

Saat kolesterol mulai meningkat juga dapat mengakibatkan pernafasan tidak dapat berjalan dengan baik. Kondisi ini terjadi saat ada banyak sekali kolesterol yang terus menumpuk pada bagian arteri. Sehingga jantung tidak dapat memompa darah dengan baik, akibatnya tubuh akan kekurangan oksigen. Orang yang memiliki riwayat penyakit stroke dapat mengalami kondisi sesak nafas lebih buruk. Gejala ini juga biasanya sering terjadi pada mereka yang memiliki obesitas.

3. Tubuh sering terasa sangat lelah

Orang yang memiliki gangguan kolesterol juga biasanya sering mengalami perasaan lelah yang cukup berlebihan. Ini disebabkan karena tubuh tidak memiliki aliran darah yang cukup dan juga kadar oksigen nya yang sangat rendah. Organ tubuh kemudian akan dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan sangat keras, sementara kondisi jantung dan juga pembuluh darah sangat bermasalah.

5. Otot kaki terasa sangat lemah

Penderita hipertensi yang memiliki keadaan kolesterol tinggi juga akan mengalami keadaan otot kaki yang lemah. Walaupun kondisi ini dapat terjadi pada semua orang yang mempunyai kadar kolesterol sangat tinggi.

6. Sering mengalami nyeri pada bagian punggung dan leher

Nyeri pada bagian punggung dan leher ini terjadi saat tekanan darah yang sangat tinggi muncul bersamaan dengan kolesterol yang tinggi. Ini menyebabkan adanya penyempitan pada pembuluh darah disebabkan ada plak dari kolesterol. Rasa sakit biasanya akan terasa sangat tidak nyaman, sakit dan terasa kaku. Bahkan rasa sakit bisa saja terus menjalar hingga ke bagian kepala.

7. Hilang keseimbangan

Saat keadaan kolesterol tubuh tinggi, seseorang juga dapat mengalami hilang keseimbangan. Ini disebabkan karena otot pada tangan dan kaki terasa sangat lemah. Sementara arteri tidak memiliki aliran darah yang mencukupi. Saat ada sistem syaraf pusat yang mengalami gangguan disebabkan adanya plak kolesterol di bagian arteri, maka akan membuat penderita hilang keseimbangan.

8. Merasa mual dan ingin muntah

Seseorang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan adanya gangguan pada saluran pencernaan. Perasaan mual dan ingin muntah biasanya sering terjadi disebabkan tubuh tidak dapat menerima asupan makanan dengan sangat baik. Jika rasa mual dan muntah terus berkembang hingga hilangnya nafsu makan, maka bisa menyebabkan penderita benar-benar hilang kesadaran atau pingsan.

9. Memiliki emosi yang tidak stabil

Emosi yang tidak stabil adalah salah satu gejala yang jarang diketahui oleh orang. Nyatanya orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh akan memiliki emosi yang sangat tidak stabil. Ini disebabkan karena kondisi tubuh yang tidak nyaman disebabkan aliran darah sudah terganggu akibat kolesterol.

Tips Mengatasi Kolesterol Tinggi

Bagi Anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol tubuh yang tinggi, ada 3 cara yang dapat Anda lakukan:

  • Mengkonsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat tentu saja sangat diperlukan, karena pada dasarnya peningkatan kolesterol disebabkan karena asupan makanan yang sangat buru. Sehingga untuk menguranginya harus dengan mengganti makanan buruk dengan yang sehat, sehingga Anda dapat menurunkan kembali keadaan kolesterol dalam tubuh.

  • Menurunkan berat badan yang berlebihan

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah dengan menurunkan berat badan yang sangat berlebihan. Penurunan berat badan dapat membantu kadar kolesterol turun dengan sangat signifikan.

  • Melakukan olahraga secara rutin

Olahraga adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu penurunan berat badan. Anda bisa melakukan olahraga secara rutin, setidaknya 30 menit dalam sehari. Dengan olahraga, Anda juga dapat membantu aliran darah dalam tubuh tetap berjalan lancar tanpa adanya gangguan.

Itulah gejala asam urat dan kolesterol tinggi wajib diwaspadai serta tips cara mengatasinya. Sangat penting untuk Anda mengatasi masalah asam urat dan kolesterol sedini mungkin agar terhindar dari resiko gejala yang semakin parah.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab