Sponsors Link

15 Gejala Asam Urat Pada Kaki dan Tips Mengatasinya

Sponsors Link

Asam urat adalah penyakit yang kerap menyerang karena peningkatan purin di dalam tubuh. Bahaya asam urat  akan menyerang bagian persendian, karena zat purin yang berlebihan akan menumpuk dan membentuk Kristal kemudian masuk ke sela-sela sendi. Salah satunya adalah sendi pada bagian kaki. Berikut adalah 15 gejala asam urat pada kaki:

ads

1. Sendi mulai terasa tidak nyaman

Untuk gejala awal memang tidak akan terlalu terlihat, Anda hanya akan merasakan bahwa bagian sendi sedikit tidak nyaman. Hal ini sebabkan karena asam urat sudah mulai masuk pada bagian persendian, namun belum terlalu parah. Sehingga kerap kali Anda mengira bahwa rasa tidak nyaman itu karena pegal terlalu banyak aktivitas. Bagian kaki yang dirasa tidak nyaman biasanya pada lutut atau pergelangan kaki.

2. Sendi mulai terasa nyeri

Gejala selanjutnya adalah, jika asam urat sudah benar-benar masuk dengan menyeluruh dan semakin banyak pada bagian kaki, maka akan menimbulkan rasa nyeri. Para orang tua kerap kali menyamakan rasa nyeri ini dengan kondisi rematik.

3. Rasa nyeri semakin bertambah

Rasa nyeri pada bagian persendian juga kerap kali akan bertambah. Ini dikarenakan penumpukan nya yang terlalu berlebihan. Sehingga biasanya bagi penderita tidak sanggup untuk menahan rasa sakit tersebut. Sebaiknya jika sudah sampai tahap ini, Anda segera berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih cepat.

4. Sendi kaki terasa seperti kesemutan

Kemudian selain rasa nyeri, Anda juga akan merasakan gejala lain yaitu bagian sendi yang terasa kesemutan. Ini bisa menandakan bahwa asam urat yang masuk dalam sendi sudah semakin meradang. Pada umumnya kesemutan dikatakan normal jika kita sedang berada dalam posisi tetap untuk waktu lama. Namun berbeda dengan asam urat, karena penyebabnya adalah peradangan pada sendi.

5. Kaki terasa seperti terbakar

Selain rasa nyeri dan kesemutan pada kaki, Anda juga akan merasakan kondisi kaki Anda tiba-tiba seperti terbakar dan terasa sangat panas. Ini disebabkan karena kadar asam urat dalam tubuh sudah semakin tinggi sehingga asam urat nya semakin menjalar ke seluruh bagian persendian kaki.

6. Sakit paling dominan ada dibagian jempol kaki

Secara umum gejala asam urat paling tidak nyaman adalah bagian jempol kaki. Karena bagian ini adalah yang sering kali terserang asam urat. Anda akan merasakan nyeri, terbakar dan sangat tidak nyaman. Kondisi ini akan membuat Anda semakin sulit melakukan aktivitas. Rasa sakit secara tiba-tiba akan semakin mengganggu Anda.

7. Bagian sendi kaki terasa gatal

Anda juga akan merasakan bagian sendi seperti gatal, namun pada tepatnya gatal akan terasa di bagian jaringan kulit. Gejala seperti ini kerap kali di abaikan oleh penderita karena biasanya hanya dianggap sebagai rasa gatal biasa saja. Namun, jika dibiarkan lebih lama maka kondisinya akan semakin parah. Sehingga ada baiknya ketika Anda mengalami rasa gatal tidak jelas penyebabnya, Anda segera berkonsultasi pada dokter.

8. Bagian sendi kaki mulai terasa kaku

Setelah rasa sendi yang tidak nyaman, seperti kesemutan atau terbakar, Anda juga akan merasakan bahwa bagian sendi lama-lama akan terasa kaki. Ini disebabkan karena beberapa gejala awal asam urat yang sudah menyerang tidak diatasi dengan cepat, sehingga gejala nya pun mulai meningkat dengan cepat.

9. Kaki mulai tidak bisa di gerakan

Diikuti dengan rasa kaku, lama kelamaan bagian sendi yang terasa sakit pun akan sangat sulit di gerakan. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu dan semakin tidak nyaman. Anda yang tidak menyadari gejala awal asam urat, baru akan menyadarinya saat sudah dalam kondisi ini.

Sponsors Link

10. Permukaan kulit seperti bersisik

Gejala urat pada kaki juga bisa ditandai dengan kulit bersisik pada bagian sendi yang terserang radang asam urat. Kulit bersisik ini juga kerap kali menyerang disertai dengan rasa gatal yang tidak bisa diatasi. Kondisi ini juga menandakan bahwa kadar asam urat sudah sangat tinggi.

11. Sendi mulai kemarahan

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa penderita juga akan merasakan panas pada bagian persendiannya. Jika hal tersebut terus berlanjut maka akan mengakibatkan adanya warna kemerahan pada bagian sendi yang terasa panas. Ini adalah gejala lanjutan yang menandakan asam urat sudah cukup parah.

12. Bagian sendi mulai membengkak

Penumpukan asam urat pada bagian kaki yang semakin tinggi juga akan memicu terjadinya pembengkakan yang sangat mengganggu. Hal ini terjadi karena asam urat sudah tertimbun di bagian peredaran darah dan masuk ke bagian sendi. Namun pembengkakan bukanlah gejala awal, karena biasanya bengkak akan terjadi saat kondisi sudah benar-benar parah dan penderita sudah merasakan seluruh gejala awal asam urat seperti yang telah disebutkan diatas.

13. Rasa nyeri akan menyerang secara tiba-tiba

Rasa nyeri pada bagian kaki akan menyerang dengan tiba-tiba. Bisa saat Anda sedang melakukan aktivitas atau saat sedang bersantai. Namun pada umumnya gejala asam urat akan menyerang pada tengah malam atau saat Anda bangun tidur. Bisa saja saat Anda bangun tidur, Anda tiba bisa menggerakkan kaki Anda sama sekali.

14. Gejala akan muncul hingga berhari-hari

Saat Anda benar-benar terserang asam urat dibagian kaki, Anda akan merasakan ketidak nyamanan tersebut dalam waktu maksimal 1 minggu, ini untuk kondisi yang masih dalam tahap rendah sampai menengah. Namun, jika kondisinya sudah sangat parah bisa saja rasa nyeri dan tidak nyaman pada bagian kaki berlangsung hingga berbulan-bulan.

ads

15. Gejala akan muncul secara bertahap

Mengapa banyak orang yang tidak menyadari saat gejala asam urat menyerang? Karena mereka akan merasakan gejala nya secara bertahap. Pada awal kemunculan gejala mereka tidak akan menganggap itu adalah hal yang parah sehingga tidak membutuhkan penanganan dokter. Namun seiring berjalannya waktu jika kondisi semakin bertahap beberapa gejala lainnya mulai menyusul dan akan semakin parah bahkan sangat tidak nyaman. Sehingga ada baiknya, Anda benar-benar menyadari gejala asam urat sejak awal.

Tips Mengurangi Gejala asam Urat

Untuk mengurangi gejala asam urat, sebaiknya Anda mulai melakukan beberapa perubahan pola hidup seperti:

1. Mengurangi asupan makanan yang mengandung purin

Salah satu penyebab utama dari asam urat adalah karena terlalu banyak purin yang menumpuk dalam tubuh, sehingga mengakibatkan adanya peradangan dan gejala asam urat mulai terjadi. Purin yang terlalu berlebihan biasanya akan didapatkan dari beberapa asupan makanan yang tinggi purin seperti jeroan, makan laut dan yang lainnya. Sehingga untuk mengatasinya, Sebaiknya Anda menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat.

2. Perbanyaklah minum air putih

Perbanyak minum air putih dengan minimal 2 liter per hari, akan sangat Anda butuhkan untuk membantu ginjal. Sebab purin yang masuk ke dalam tubuh secara normal akan di olah oleh ginjal, dan untuk mengurangi penumpukan nya akan dikeluarkan lewat urin dan tinja.

3. Sebaiknya mulai mengurangi asupan alkohol

Penyebab asam urat lainnya adalah karena alkohol. Sehingga ada baiknya Anda juga mengurangi atau menghindari asupan alkohol agar kadar asam urat dalam tubuh tidak meningkat. Minuman yang mengandung alkohol dan sudah dijual di pasaran adalah bir.

4. Kurangi asupan pemanis buatan

Pemanis buatan juga adalah salah satu pemicu terjadinya kenaikan kadar asam urat. Beberapa bahan makanan atau minuman kemasan biasanya akan mengandung pemanis buatan. Sebaiknya Anda mulai mengurangi mengkonsumsi nya.

5. Mengolah makanan sendiri

Mengolah makanan sendiri bisa menjadi cara untuk Anda dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Karena dibandingkan dengan membeli di luar yang tidak jelas bahan-bahannya, akan lebih baik Anda mengolah sesuai dengan selera dan kebutuhan tubuh Anda.

6. Jangan terlalu banyak makan lemak

Lemak juga bisa sangat berbahaya untuk kenaikan asam urat dalam tubuh. Saat lemak dalam tubuh terlalu berlebihan, akibatnya akan menghambat asam urat untuk di proses oleh ginjal. Sehingga bukannya menurun, kadar asam urat malam akan semakin meningkat bahkan menumpuk dan menjadi peradangan yang cukup berbahaya.

7. Perbanyak lah bergerak

Untuk poin ini sebenarnya Anda dianjurkan untuk berolahraga. Namun jika Anda tidak memiliki waktu karena pekerjaan Anda, sebaiknya mengganti aktivitas oleh raga dengan banyak bergerak. Saat Anda sedang di kantor, Anda bisa mulai mengganti lift dengan tangga. Atau saat Anda hendak pulang ke rumah dan naik kendaraan umum, sebaiknya Anda sempatkan untuk berjalan kaki selama 5 menit. Hal yang sederhana dapat Anda lakukan kapan saja akan sangat membantu untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

8. Melakukan diet rendah purin

Diet rendah purin adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Diet ini dapat Anda lakukan selam 1 minggu dengan mengatur asupan makanan dalam tubuh. Jika Anda sudah terbiasa untuk waktu selanjutnya, Anda akan biasa saat tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin.

Itulah gejala asam urat pada kaki dan tips mengatasinya. Pada dasarnya jika Anda melakukan pola hidup sehat, Anda dapat terhindar dari resiko penyakit asam urat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan