Sponsors Link

6 Gejala Kaki Asam Urat Tinggi yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Penyakit asam urat menyerang beberapa area persendian seperti pergelangan tangan dan siku, sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, dll. Dari beberapa gejala yang paling tidak menyenangkan bila persendian kaki Anda mengalami pembengkakan parah, hal ini dapat mengakibatkan keram serta kelumpuhan. Sangat berbahaya jika hal ini dibiarkan begitu saja, tindakan pencegahan sampai penanganan medis perlu dilakukan secara berkala.

ads

Jika penyakit ini dalam tahap kronis, tentulah haru segera mungkin dikonsultasikan ke dokter ahlinya. Sebagian besar masyarakat kita saat ini pernah mengalami penyakit asam urat atau gout. Dengan gejala mulai dari ringan sampai parah, jika yang diserang adalah persendian kaki tentu ini berdampak dengan susahnya Anda melakukan aktivitas sehari-hari.

Jangankan untuk menggerakkan kaki, untuk berdiri saja sulit. Untuk menghindari bahaya penyakit ini alangkah baiknya Anda melakukan beberapa tindakan pencegahan. Supaya tidak mengganggu aktivitas Anda, ada kalanya Anda lebih peka mengenai gejala yang dapat timbul sewaktu-waktu. Berikut contoh gejala kaki asam urat:

1. Rasa Nyeri pada Kaki

Sakit yang dirasakan terjadi pada persendian biasanya pada ibu jari kaki atau jempol, dimana kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Pada kasus normal asam urat dapat larut dalam darah lalu diserap oleh ginjal dan dikeluarkan oleh urine melalui pembuangan air kecil.

Namun bagi penderita asam urat zat purin tidak dapat dikeluarkan dengan baik, karena kadar zat purin terlalu tinggi dan menumpuk. Karena penumpukan tersebut timbulnya yang namanya hiperurisemia. Akibat dari peristiwa itu, maka terjadinya inflamasi pada persendian kaki terutama jempol kaki dan bisa menyebar pada bagian lainnya. Menjaga pola makan sehat yang dianjurkan dapat menghilangkan gejala penyakit asam urat kambuh.

2. Rasa Nyeri yang Berlebihan

Tidak saya sakit dan ngilu yang dirasakan penderita, akan tetapi nyeri hebat yang terjadi sangat mengganggu. Rasa sakit yang dirasakan terjadi pada bagian yang mengalami penumpukan asam urat. Rasa sakitnya bahkan bisa dirasakan di jari kaki yang lain bukan hanya di jempol saja. Gejala ini dapat terjadi dalam selang waktu lama dan mengakibatkan penderita kesusahan dalam beraktivitas.

3. Mengalami Pembengkangkan

Akibat rasa nyeri yang teramat sangat, gejala kaki asam urat selanjutnya yaitu adanya pembengkakan pada kaki dan tempat lainnya. Hal ini terjadi karena kadar asam urat yang menumpuk dan tentu hal ini mengakibatkan meluasnya rasa sakit dan bengkang dari betis sampai lutut. Hindari menyentuh lokasi yang bengkak karena akan memperparah peradangan. Anda dapat mengkompres kaki dengan air hangat atau air dingin untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak.

4. Ruam Pada Kulit

Gejala asam urat pada kaki selanjutnya adalah adanya ruam kulit. Pembengkakan yang terjadi memiliki efek berupa ruam pada kulit, sehingga warna kulit berubah menjadi kemerahan. Akibat yang terjadi karena asam urat terlalu menumpuk pada satu titik dan menyebar ke bagian lain. Perbanyak waktu istirahat Anda dan lakukan relaksasi pada kaki Anda dengan merendam atau mengompresnya dengan air dingin atau air hangat (pilih sesuai selera Anda).

5. Rasa Nyeri Disertai Demam

Seperti gejala penyakit flu dan pilek, adanya demam yang disertai rasa nyeri bisa terjadi pada penyakit gout. Dimana penyebaran asam urat yang sudah hampir mengenai area kaki akibat inflamasi dari kondisi tersebut. Jika kondisi ini mulai dirasakan segera tangani penyakit tersebut ke dokter untuk menghindari gejala yang lebih parah.

Sponsors Link

6. Kulit Mengalami Pengelupasan

Ternyata bukan wajah saja mengelupas, bahaya asam urat parah berefek pada kulit kaki mengalami pengelupasan. Karena rasa sakit dan nyeri berdampak timbulnya peradangan dan bengkak pada kulit disertai dengan indikasi gatal, kulit kering sampai terkelupas dan iritasi. Beberapa indikasi dari gejala gout yang terjadi pada kaki, adapun kondisi yang paling terparah adanya pembengkakan disertai pendarahan di area sekitar kaki yang sakit. Jika hal demikian sampai Anda alami, pertolongan pertama pada asam urat yang bisa dilakukan yaitu bersihkan daerah sekitarnya lalu berikan antiseptik dan perban agar luka tidak terkena bakteri lain.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menghindari dari serangan asam urat ini yaitu jaga asupan makanan dan minuman, mengurangi makanan penyebab asam urat yang mengandung kadar purin tinggi seperti seafood, alkohol, jeroan, daging dan lain sebagainya.

Semoga dengan bahasan mengenai gejala asam urat ini dapat membuat kita lebih sadar akan hidup  sehat dan menghindari dari kebiasan buruk. Tentunya setiap orang menginginkan hidupnya sehat dan bugar sampai usia lanjut.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab