Sponsors Link

12 Gerakan Senam Asam Urat dan Gambarnya

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang kerap kali menyerang bagian persendian. Adanya asam urat bukanlah disebabkan karena cedera pada sendi, melainkan adanya penumpukan asam urat pada bagian sendi sehingga akan terasa sangat sakit, panas bahkan bisa sampai bengkak.

ads

Penyebab terjadinya asam urat yang paling utama adalah karena purin dalam tubuh yang melampui batas wajar. Sebenarnya, purin merupakan zat yang tidak berbahaya jika kadarnya masih dalam ukuran normal. Namun kondisinya sangat berbeda pada penderita asam urat. Zat purin yang menumpuk dalam tubuh bisa disebabkan karena faktor makanan yang kaya akan kandungan purinnya.

Sebenarnya selain purin, makanan mengandung lemak juga akan dapat mengakibatkan asam urat. Ini disebabkan purin akan menyatu dengan lemak dan ginjal sulit mengolahnya untuk kemudian dikeluarkan melalui saluran urin. Penyebab lain yang dapat menyebabkan asam urat juga karena penderita sangat sering mengkonsumsi minuman beralkohol seperti bir. Kandungan alkohol dalam purin sangatlah tinggi sehingga bisa memicu terjadinya peningkatan asam urat. Baca juga: Tanda-Tanda Asam Urat.

Gejala asam urat biasanya akan terjadi pada malam hari atau setelah bangun tidur di pagi hari. Yang paling mengganggu tentu saja jika gejala muncul saat malam hari. Beberapa gejala yang muncul biasanya akan terasa sakit pada bagian sendi kaki, lama kelamaan akan terasa panas, gatal, memerah dan yang paling parahnya akan menjadi bengkak. Bahkan bagi penderita asam urat yang paling parah, mereka bisa saja sampai tidak bisa menggerakan bagian kakinya sama sekali sehingga mereka akan sangat merasa terganggu dengan kondisi tersebut.

Pengobatan asam urat sangat beragam, asalkan Anda ingin melakukannya dengan baik makan kondisi Anda lama-kelamaan juga akan membaik. Saat Anda berkonsultasi pada dokter mengenai keadaan asam urat Anda, biasanya dokter akan memberikan beberapa resep untuk Anda konsumsi. Namun, biasanya obat yang diberikan tidak akan bisa mengurangi kadar purin, tapi hanya akan meringankan gejala asam uratnya saja. Sehingga pengobatan yang paling baik adalah dengan merubah gaya hidup penderita. Mereka harus mulai mengatur asupan makanan apa saja yang baik dan mana yang buruk.

Pengobatan selanjutnya, Anda juga bisa menurunkan gejala asam urat dengan berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Pilih saja beberapa olahraga yang menurut Anda ringan, contohnya adalah gerakan senam yang dapat Anda lakukan di rumah. Berikut adalah beberapa gerakan senam asam urat yang direkomendasikan:

1. Melakukan standing atau peregangan hamstring

peregangan hamstringSaat melakukan standing, otot-otot hamstring akan mulai bekerjasama untuk menekuk dan melenturkan bagian sendi pada lutut agar dapat memperpanjang pada bagian sendi punggung. Sehingga dengan melakukan gerakan peregangan hamstring akan membantu Anda untuk menguatkan otot dan secara perlahan akan meringankan masalah pada persendian yang terkena asam urat. Baca juga: Penyebab Asam Urat.

2. Melakukan gerakan ankle band distraction

ankle band distractionAsam urat paling sering terjadi pada bagian kaki, salah satunya adalah bagian pergelangannya. Untuk itu Anda disarankan melakukan gerakan ankle band. Gerakan ini bermanfaat untuk melemaskan persendian yang terasa sangat kaku. Gerakan ini juga dinilai mampu meningkatkan rentang gerak dan memberikan nutrisi pada bagian tulang rawan. Untuk melihat gerakannya Anda juga bisa coba mencari di Youtube. Baca juga: Makanan Penyebab Asam Urat.

3. Melakukan gerakan leg lift

leg liftDengan melakukan gerakan leg lift, Anda dapat membantu meningkatkan stabilitas pada bagian sendi lutut karena akan menguatkan otot-otot pada sekitar paha sampai lutut. Gerakan ini akan mengurangi rasa nyeri bada penderita asam urat yang mengalami masalah dibagian sendi lututnya. Asalkan dilakukan secara rutin, maka rasa sakit secara perlahan akan berkurang. Baca juga: Makanan untuk Penderita Asam Urat.

Sponsors Link

4. Melakukan squats partial

squats partialSquat adalah salah satu cara terbaik untuk melatih persendian khususnya pada bagian lutut. Biasanya gerakan ini dijadikan salah satu rehabilitas atau latihan untuk menyehatkan kondisi lutut dan sendinya. Dengan melakukan squats parsial, akan dapat membantu seluruh otot pada bagian kaki dan juga dapat meningkatkan pada koordinasi dan keseimbangan kaki.

Baca juga: Penyakit Asam Urat Akut.

 

5. Melakukan gerakan step ups

step upsGerakan step ups juga merupakan gerakan yang dapat membantu Anda untuk melatih persendiaan dan menguatkan otot khususnya pada bagian kaki. Dengan melakukan gerakan ini secara rutin, Anda dapat mengurangi rasa nyeri pada persendian karena asam urat.

Baca juga: Jenis Penyakit Asam Urat.

 

6. Melakukan gerakan glueteals

gerakan gluetealsGlueteals yang kuat akan meningkatkan fungsi otot dan sendi kaki agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Ini akan membantu Anda untuk dapat mengontrol pergerakan yang dilakukan lutut dengan cara mencegahnya runtuh ke dalam. Sehingga akan bisa membentuk landasan yang cukup kuat.

Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Salam.

7. Melakukan gerakan calf stretch

 calf stretchOtot betis akan mempunyai peran yang sangat penting untuk mendukung kekuatan lutut, dan dalam mengurangi rasa sakit sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas. Bagian betis kaki terdiri  dari dua otot di bagian belakang kaki gastrocnemius dan soleus.

Tugas utamanya adalah untuk menarik kaki ke bawah, seperti ketika Anda menunjuk jari-jari kaki. Dengan melakukan gerakan calf stretch Anda bisa melatih persendian menjadi semakin kuat.

 

ads

8. Melakukan gerakan side lying leg lifts

side lying leg liftsLatihan sendi dengan menggunakan gerakan ini dapat membantu sendi dan bagian otot kaki Anda akan semakin menjadi kuat dan tetap stabil. Anda bisa melakukannya selama 1-2 menit dalam sehari. Sebaiknya Anda melakukan dengan rutin agar mengurangi rasa nyeri pada sendi bagian kaki dengan perlahan.

Baca juga: Fungsi Asam Urat.

9. Gerakan duduk diantara betis

Gerakan duduk diantara betisMeniskus merupakan bagian C yang berbentuk tulang rawan, letaknya ada diantara sisi sendi pada lutut. Melakukan gerakan duduk di antara betis bisa membantu Anda mengurangi rasa nyeri pada bagian sendi lutut. Sehingga gerakan ini akan sangat baik dilakukan oleh mereka yang menderita asam urat.

Baca juga:

10. Melakukan gerakan wall quad stretch

wall quad stretchGerakan wall quad stretch adalah gerakan yang dinilai mampu membantu meningkatkan persendian bagian pergelangan kaki, lutut, dan tulang kering. Anda bisa melakukan gerakan ini dimana saja dan kapan saja. Cara melakukannya, pertama-tama Anda bisa memposisikan badan membelakangi dinding dengan posisi lunge. Lalu letakan kaki Anda pada bagian belakang di permukaan dinding. Posisi lutut Anda akan menjadi penentu seberapa tajam stretching yang Anda lakukan. Semakin dekat lutut pada dinding maka peregangan akan semakin baik. Lakukanlah secara rutin agar hasilnya maksimal.

11. Band TKE

Band TKEGerakan TKE atau Terminal Knerr Extension adalah gerakan yang akan membantu Anda untuk melatih bagian otot kaki agar semakin kuat dan meringankan rasa sakit yang dirasakan pada bagian persendian. Untuk mengetahui bagaimana gerakannya, sebaiknya Anda juga melihatnya di Youtube.

Setelah ketemu videonya, Anda bisa mempraktekannya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya Anda melakukan secara rutin tiap harinya. Baca juga: Obat Herbal untuk Asam Urat.

 

12. Melakukan gerakan wall squats

wall squatsWall squats merupakan latihan yang sangat baik agar keadaan sendi pada bagian kaki bisa berfungsi  dengan sangat baik. Untuk meringankan rasanya nyeri karena asam urat, Anda bisa melakukannya dengan rutin.

Baca juga:

Tips saat akan melakukan gerakan senam pada penderita asam urat:

  • Saat akan memulai olahraga ada baiknya Anda meminum segelas air putih terlebih dahulu
  • Pastikan tempat yang akan Anda tempati untuk melakukan aktivitas olahraga sangat nyaman
  • Sebelum melakukan aktivitas olahraga sebaiknya Anda melakukan peregangan terlebih dahulu agar tidak kram saat sedang melakukan gerakan senamnya.
  • Jika Anda sama sekali bagaimana caranya berolahraga dan melakukan gerakan senam, sebaiknya Anda mengikuti kelas khusus agar bisa didampingi oleh instruktur yang terpercaya
  • Jangan terlalu memaksakan jika persendian tidak mampu melakukan gerakan senam di atas, lakukan secara perlahan.
  • Anda bisa melakukan aktivitas olahraga dengan rutin 15-30 menit dalam sehari.

Itulah beberapa informasi mengenai penyakit asam urat dan 10 gerakan senam asam urat yang dapat Anda praktekan. Beberapa gerakan yang belum Anda ketahui, Anda bisa mencari gambar gerakannya di mesin pencarian agar semakin lebih jelas.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan