Sponsors Link

6 Sumber Makanan yang Mengandung Glucosamine Untuk Asam Urat?

Sponsors Link

Penderita penyakit asam urat menjadi salah satu dari banyak orang yang memiliki pantangan terhadap makanan tertentu. Berarti, memilih menu makanan untuk asam urat tinggi secara tepat menjadi kewajiban bagi penderita agar tidak terjadi komplikasi hingga memicu kematian. Bagi penderita asam urat, makanan yang mengandung zat purin tinggi wajib dijauhi supaya kadar asam urat tidak naik sehingga menimbulkan gejala nyeri dan bengkak tiba-tiba. Tidak hanya zat purin, berbagai senyawa lain yang mudah ditemui pada makanan juga perlu diperhatikan oleh penderita asam urat. Salah satu zat lain yang akan dibahas dalam topik ini ialah glukosamin.

ads

Glukosamin merupakan zat yang diproduksi bagi persendian secara alami untuk pembentukan rantai panjang yang bertujuan membangun jaringan sendi dan tulang rawan. Tetapi zat yang bermanfaat ini mulai menurun jumlahnya ketika usia semakin bertambah. Karena tubuh masih membutuhkan zat untuk penguat tulang dan sendi, maka glukosamin tetap harus masuk ke dalam tubuh. Namun, apakah glukosamin boleh dikonsumsi bagi penderita asam urat yang jumlahnya terus meningkat ini?

Glukosamin biasa dimanfaatkan sebagai obat radang sendi. Senyawa yang berasal dari cangkang hewan crustacea seperti udang, lobster, dan kepiting maupun fermentasi berbahan jagung yang diolah menjadi suplemen untuk menghilangkan nyeri sendi. Sebagai gejala asam urat yang tinggi, nyeri sendi menjadi ciri paling umum dialami secara mendadak dan bersifat mengganggu kelancaran aktivitas.

Jadi, jawabannya ialah iya, glukosamin boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Bersama senyawa kondroitin, suplemen yang mengandung glukosamin ini biasa dikemas dalam bentuk tablet, pil, kapsul, serbuk, hingga cairan. Jika ingin mengonsumsi senyawa yang memiliki kandungan glukosamin, Anda dapat memilih berbagai sumber makanan di bawah ini:

1. Teripang Laut

Teripang laut termasuk dalam kelompok invertebrata atau hewan tak bertulang belakang yang tersebar hampir di seluruh lautan. Sumber makanan yanh biasa disebut timun laut ini dikenal kaya khasiat bagi kecantikan maupun kesehatan. Bersama senyawa kondroitin, senyawa glukosamin juga terdapat pada teripang laut serta kemampuannya untuk mengatasi nyeri sendi telah dimanfaatkan banyak negara seperti China, Thailand, dan Singapura.

2. Ekstrak Jaringan Hewan Kelompok Crustacea

Hewan kelompok crustacea seperti udang, kepiting, dan lobster dapat dimanfaatkan melalui cangkang maupun kulitnya yang mengandung glukosamin. Asal glukosamin tidak alami dikandung oleh hewan ini, tetapi melalui konversi zat kitin yang akan melalui proses hidrolisis terlebih dahulu. Zat kitin ini sendiri tinggi kadarnya dalam kulit hewan berjenis crustacea, yang juga dapat diolah menjadi masker wajah, pupuk yang efektif, hingga sebagai bahan baku jarum bedah bagi operasi.

3. Tulang rawan ikan hiu

Studi menunjukkan bahwa tulang rawan ikan hiu mengandung glukosamin yang ampuh menjadi obat anti inflamasi dan pencegah kanker. Selain tulang rawannya, tubuh hiu juga dapat diolah ekstraknya untuk menjadi minyak ikan hiu atau minyak gosok bagi asam urat. Namun sebaiknya Anda tidak sering mengonsumsi maupun menggunakan produk berbahan ikan hiu karena populasinya semakin berkurang akibat perburuan liar yang membuat ekosistem laut tidak seimbang. Mengonsumsi seafood seperti daging hiu juga bukan bagian dari jenis ikan untuk penderita asam urat dan kolesterol.

4. Sumsum tulang hewan

Berbeda dengan daging hewan, sumsum tulang hewan seperti unggas dan sapi aman dikonsumsi penderita asam urat karena mengandung glukosamin. Bahkan sumsum tulang sapi juga bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes, membantu sistem pencernaan, hingga meningkatkan imun tubuh. Sumsum tulang juga banyak disukai masyarakat karena meningkatkan selera makan serta dapat diolah menjadi berbagai makanan sedap. Tetapi sebelum mengonsumsinya Anda harus memastikan jenis bahan olahan masakan yang mungkin memicu kadar asam urat.

Sponsors Link

5. Kerang

Kerang pernah menjadi objek penelitian kandungan glukosamin yang ternyata terbukti benar adanya. Hewan kelompok mollusca ini memiliki cangkang yang diolah oleh kemajuan teknologi menjadi bahan suplemen makanan glukosamin.

6. Kolang Kaling

Sebagai sumber makanan nabati yang menyegarkan, kolang kaling rupanya juga mengandung glukosamin. Kolang kaling juga sering disebut sebagai buah penurun asam urat wanita yang cukup efektif. Namun Anda juga harus memilih kolang kaling yang tidak ditambah pemanis terlalu banyak karena olahan buah yang juga mampu melancarkan sembelit ini kian diolah menjadi minuman yang lezat namun dampaknya tidak terlalu baik untuk tubuh.

Glukosamin yang terus diperlukan tubuh dapat dikonsumsi melalui suplemen penurun asam urat dan sumber makanan yang telah dijelaskan. Sebagai penderita asam urat, senyawa ini tidak dilarang asalkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh, misalnya vegetarian, alergi makanan laut, tidak menyukai bau amis, larangan bagi penderita diabetes, dan lain-lain. Bahkan glukosamin yang dipadu dengan bahan lain dapat menjadi obat menghilangkan rasa nyeri, pembengkakan, dan kaku sendi yang disebabkan oleh asam urat.

, , , ,
Oleh :