Sponsors Link

Hubungan Asam Lambung dan Asam Urat yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Penyakit asam urat adalah salah satu peradangan sendi yang terjadi karena terbentuknya suatu kristal urat di sekitar sendi. Terbentuknya kristal urat tersebut biasanya karena adanya peningkatan kadar asam urat. Penyakit asam urat sendiri bisa menyebabkan rasa sakit dan bengkak di daerah yang mengalami peradangan.

ads

Apa penyebab asam urat? Penyakit asam urat bisa disebabkan oleh banyak faktor, beberapa di antaranya adalah :

  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak zat purin secara berlebihan
  • Adanya faktor keturunan
  • Obesitas
  • Masalah kesehatan (diabetes, kadar kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi yang tidak diobati, dan bisa juga karena penyempitan arteri)

Makanan apa yang baik untuk penderita asam urat?

  • Makanan yang mengandung sedikit purin
  • Sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti melon, belimbing, nanas, semangka, jambu air, dan buah-buahan lain yang mengandung banyak air.

Selain itu, pola makan juga harus diperhatikan, semua tipe makanan harus seimbang. Kalau perlu, makanlah menu diet sehat karena berat tubuh yang berlebihan akan mengganggu kerja jantung dan organ lain. Banyak juga makanan yang harus dihindari para penderita asam urat, seperti kacang-kacangan, jeroan, daging dan makanan olahan. Jauhi juga beberapa minuman, seperti minuman yang bersantan dan minuman beralkohol. Beberapa makanan yang diproses dengan cara digoreng dan dibakar juga harus dijauhi. Ragi dan coklat yang berlebihan juga tak akan baik untuk badan. Kalau bisa, kurangi konsumsi karbohidrat juga.

Asam urat biasanya menyerang persendian bagian lutut, jari tangan, pergelangan kaki, dan jari kaki. Setelah didiagnosa memiliki penyakit asam urat, biasanya dokter akan langsung memberikan obat anti radang untuk meredakan rasa nyeri. Meskipun bisa meredakan rasa nyeri, biasanya obat tersebut juga memiliki beberapa efek samping, antara lain ginjal, hati, dan gangguan lambung.

Lalu apa hubungan asam lambung dan asam urat?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pemberian obat anti nyeri bisa menyebabkan gangguan lambung. Selain itu, biasanya dokter juga akan memberikan steroid yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan. Pemberian obat pereda peradangan ini juga bisa menyebabkan efek samping nyeri pada ulu hati.

Jadi, pemberian obat anti nyeri dan anti radang untuk penyakit asam urat bisa menyebabkan penyakit asam lambung. Atau penderita yang sebelumnya memang sudah memiliki penyakit asam lambung, asam lambungnya akan semakin parah karena obat asam urat tersebut.

Maka dari itu untuk penderita asam urat, jangan membeli obat sembarangan tanpa resep dokter, karena itu akan berbahaya. Akan lebih baik lagi jika penderita menurunkan kadar asam urat yang tinggi dengan mengatur pola hidup.

Jika tetap mengkonsumsi obat anti nyeri asam urat, apa yang harus dilakukan?

Jika memang harus mengkonsumsi obat anti nyeri dalam jangka panjang, sebaiknya penderita asam urat juga mengkonsumsi obat penurun asam lambung untuk mengurangi rasa nyeri di ulu hati. Konsumsi makanan yang dapat menyebabkan peningkatan asam lambung juga harus dikurangi. Dan tetaplah berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan dan pengobatan secara optimal.

Selain itu, jika Anda ingin penyakit asam urat cepat sembuh, jangan mengandalkan obat saja. Anda harus melakukan gaya hidup sehat agar asam urat tidak kambuh lagi. Bisa juga dengan berolahraga minimal 15 menit per hari.

Cara untuk mengurangi efek gangguan asam lambung dari obat asam urat :

  • Konsumsi obat asam urat hanya saat nyeri timbul.
  • Konsumsi obat-obatan untuk mengurangi asam lambung.
  • Hindari makanan yang bisa menyebabkan maag.
  • Mengatur pola makan untuk mencegah kekambuhan penyakit asam urat.

Apakah penyakit asam urat bisa disembuhkan?

Penyakit asam urat sendiri sebenarnya bisa disembuhkan. Namun, jika penyakit asam urat Anda sudah susah disembuhkan, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena kadar asam urat dalam darah Anda tetap tinggi dan sulit untuk diturunkan, sehingga penyakit asam urat Anda susah untuk disembuhkan.

Namun jika Anda merasa sudah diet rendah purin tapi tetap saja kadar asam urat tidak turun, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter. Sebab, bisa saja fungsi ginjal Anda yang mengalami gangguan, sehingga gangguan tersebut akan mengganggu proses pengeluaran asam urat dari dalam tubuh menjadi urin dan feses.

Apakah dampak penyakit asam urat berbahaya?

Beberapa dampak atau akibat dari penyakit asam urat memang berbahaya, salah satu dampaknya adalah ginjal akan mengalami gangguan. Bahkan ada juga penderita yang mengalami asam urat parah sampai tidak bisa jalan karena rasa sakit yang tidak tertahankan di bagian sendi. Tulang pada penderita asam urat juga bisa mengalami pengapuran / keropos jika tidak ditangani. Maka dari itu, bila Anda merasakan gejala asam urat pada kaki maupun bagian tubuh lainnya, segera periksakan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat dan cepat.

Konsultasikan juga dengan dokter apabila Anda mempunyai maag atau nyeri lambung. Demikian penjelasan mengenai hubungan asam lambung dan asam urat. Semoga bermanfaat.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab