Sponsors Link

Hubungan Asam Urat Dengan Ginjal dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Asam urat dan ginjal adalah 2 penyakit yang akan sangat berhubungan erat. Penyakit asam urat adalah salah satu penyakit yang sangat erat kaitannya dengan penumpukan purin pada area sendi. Tingginya kadar asam urat yang di picu penumpukan purin dalam darah akan membuat terbentuknya kristal yang menumpuk pada persendian.

ads

Purin ini sebenarnya tidak akan menjadi masalah selama kadarnya masih ada dalam batas normal tubuh, namun penyebab asam urat karena asupan purin terlalu berlebihan akan mengakibatkan adanya gangguan pada metabolisme tubuh yang biasanya normal menjadi sangat terganggu. Inilah yang akan membuat kadar asam urat menjadi terus mengalami penumpukan dan akan sangat sulit dikurangi. Jika sudah seperti itu tanda-tanda asam urat seperti nyeri pada sendi, peradangan hingga bengkak pada area sendi pun akan segera muncul.

Gejala yang timbul akibat adanya penumpukan asam urat tidak akan hadir pada tahap awal, namun hal ini bisa dirasakan untuk tahap lanjutan. Pada tahap lanjutan tersebutlah asam urat akan muncul dan juga bisa berada pada tahap yang lebih serius dan bisa menyebabkan adanya gagal ginjal. Untuk mengetahui kaitan antara asam urat dan pada ginjal, berikut adalah ulasan mengenai hubungan asam urat dengan ginjal dan cara mengatasinya.

Pengaruh Asam Urat Pada Ginjal

Asam urat adalah salah satu penyakit yang tidak bisa Anda sepelekan. Karena efek dari penyakit ini akan menimbulkan banyak sekali penyakit bukan hanya pada jantung dan kolesterol, namun akan berdampak juga pada keadaan ginjal. Bisa saja fungsi ginjal akan semakin menurun jika kadar asam urat sudah terlalu melebih batas.

Penyakit yang bisa menyerang ginjal yang dipengaruhi oleh asam urat adalah terjadinya gagal ginjal. Mengapa keduanya saling berhubungan? Karena antara keduanya memiliki mekanisme pathophysiological yang terbilang sama. Penelitian para ahli mengungkapkan bahwa penderita ginjal biasanya sudah memiliki riwayat penyakit asam urat sebelumnya. Penyakit tersebut bisa dipengaruhi karena asam urat sudah sangat lama mempengaruhi fungsi ginjal hingga mengalami penurunan.  Penelitian lain juga mengungkapkan bawah 13% dari penderita asam urat memiliki penyakit lain yang berhubungan dengan ginjal.

Pada dasarnya metabolisme purin yang masuk dalam tubuh akan dibantu dan di ekresi oleh ginjal untuk dikeluarkan melalui saluran urin, jika kadarnya berlebihan namun ginjal masih bisa mengatasinya maka tidak akan menjadi masalah untuk ginjal. Namun jika kadar nya sudah benar-benar sangat berlebihan maka ginjal juga sudah tidak bisa mengekresi kelebihan purin dengan baik, akibatnya malah akan menyebabkan masalah pada fungsi ginjal. Bahkan bisa saja penderita mendapati ada batu ginjal dalam kandung kemih nya. Oleh sebab itu, adanya asam urat memang sangat berpengaruh buruk selain pada sendi juga pada organ yang ada dalam tubuh.

Cara Mengatasi Agar Asam Urat Tidak Mempengaruhi Fungsi Ginjal

Jika asam urat sudah benar-benar mempengaruhi pada fungsi ginjal sebaiknya Anda segara mengatasi dengan beberapa cara berikut:

Diet rendah purin akan sangat berhubungan dengan asupan makanan. Anda bisa mengatur dan menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat dan menggantinya dengan beberapa makanan rendah purin. Tujuannya adalah untuk mengurangi kadar purin dalam tubuh yang akan mengganggu pada keadaan ginjal. Anda bisa melakukan diet rendah purin hingga kondisi kadar asam urat sudah benar-benar normal kembali. Namun jika kadar asam urat sudah normal, sebaiknya Anda juga tetap menjaga asupan makanan agar tidak kembali mendapatkan asam urat.

Sponsors Link

Selain melakukan diet rendah purin, Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal alami yang tidak memiliki efek samping untuk membantu asam urat dan mengembalikan fungsi ginjal. Beberapa obat herbal yang bisa Anda konsumsi dan buat sendiri seperti ceplukan, paterseli, kumis kucing, keji beling dan banyak lagi.

  • Konsultasi ke dokter

Jika memang Anda merasakan bahwa kondisi asam urat sudah sangat mempengaruhi keadaan ginjal sebaiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. Anda bisa mengetahui seberapa parah tingkat kadar asam urat dan pengaruhnya pada ginjal. Kemungkinan dokter juga akan memberikan beberapa resep yang harus dikonsumsi secara rutin.

Itulah hubungan asam urat dengan ginjal dan cara mengatasinya. Buruknya kondisi ginjal akan sangat mengganggu pada kesehatan, bisa saja ginjal menjadi benar-benar tidak berfungsi sehingga Anda membutuhkan transplantasi ginjal. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda sudah mulai mengontrol kadar asam urat dalam tubuh sejak dini.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab