Sponsors Link

Hubungan Asam Urat Dengan Hipertensi dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Asam urat adalah penyakit yang diakibatkan oleh penumpukan purin dalam tubuh. Sebelumnya sudah diketahui bagaimana hubungan asam urat dengan ginjal. Selanjutnya akan dijelaskan bagaimana hubungan asam urat dengan hipertensi, bagaimana keduanya bisa menjadi faktor pemicu antara satu dan yang lainnya. Untuk mengetahui hubungan keduanya sebaiknya Anda mengetahui apa itu hipertensi dan penyakit asam urat, berikut ulasannya.

ads

Hipetensi

Hipertensi merupakan suatu kondisi yang disebabkan karena tekanan darah yang ada dalam pembuluh darah mulai meningkat. Biasanya akan terjadi karena efek dari detak jantung yang melakukan pemompaan dengan tekanan cukup kuat atau karena ada efek peningkatan volume darah akibat tertahan nya air yang ada dalam darah yang seharusnya air bisa tersalurkan ke ginjal untuk dibuang melalui saluran urin. Hipertensi cukup erat berkaitan dengan usia, kemampuan pada otot jantung, kelenturan dan juga kesehatan pada dinding pembuluh darah serta kondisi darah yang ada pada sistem tekanan darah.

Asam Urat

Proses kenaikan kadar senyawa asam urat pada darah disebut juga dengan istilah hiperucemia. Asam urat pada dasarnya tidak akan membahayakan bagi tubuh selama tidak ada pemicu untuk peningkatan kadarnya secara berlebihan. Salah satu senyawa yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah purin. Asupan dari luar tubuh yang akan menyebabkan asupan purin terlalu berlebihan dan mengalami penumpukan dalam tubuh sehingga memicu terjadinya penyakit asam urat tinggi

Asam Urat Menyebabkan Hipertensi

Para peneliti mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki masalah kesehatan dengan hiperuricemia dalam waktu yang cukup lama maka akan terkena dampak mengalami peningkatan tekanan darah. Kondisi ini juga sebenarnya sangat berhubungan erat dengan fungsi ginjal yang mengalami gangguan karena faktor asam urat. Karena sebagian besar kenaikan darah akan berhubungan dengan fungsi ginjal dan ginjal akan berhubungan dengan asam urat. Maka semua organ bena-benar saling terhubung akibat asam urat yang tinggi.

Pada sebuah riset yang di lakukan oleh the Boston Medical Center  yang melibatkan sample sebanyak 55,607 pasien dengan perbandingan rasio 1 : 1 antara penderita asam urat dan juga buka penderita asam urat telah menunjukan bahwa setidaknya ada  13,025 orang di antaranya dinyatakan menderita tekanan darah yang cukup tinggi. Kemudian dari data tersebut juga ditemukan bahwa 40% pengidap asam urat akan memicu masalah pada gejala tekanan darah tinggi dalam jangka waktu tertentu.

Penyebabnya adalah diduga karena ada peran asam urat saat proses penebalan dan pembentukan endapan pada dinding bagian pembuluh darah sehingga mengakibatkan adanya penyempitan pada bagian lubang pembuluh darah. Oleh sebab itu akan sangat memicu pada tekanan darah yang terlalu tinggi atau hipertensi. Selain itu fakta yang mengungkapkan bahwa asam urat sangat bisa menyebabkan adanya gangguan pada ginjal juga bisa mengakibatkan ginjal kesulitan untuk mengambil carian yang bisa membentuk urin. Sehingga volume darah akan semakin meningkat dan mengakibatkan adanya penekanan pada darah. Selain itu faktor yang memicu peningkatan asam urat karena pola makan yang buruk juga biasanya akan dialami oleh anak mudah, mereka juga akan cenderung mengalami tekanan darah yang tinggi.

Sudah sangat jelas bahwa kedua nya sangat memiliki hubungan yang erat. Anda sebaiknya melakukan pengontrolan kadar asam urat sedini mungkin agar tidak menghambat pada timbulnya penyakit lain seperti hipetensi.

Cara Mengatasi

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tingginya purin dalam tubuh yang akan mengakibatkan hipertensi:

  • Mengurangi makanan mengandung purin

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengurangi jumlah asupan purin dalam tubuh, atau melakukan diet rendah purin. Anda bisa mulai mengatur pola makan dengan menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat yang akan menyebabkan terjadi asam urat pemicu hipertensi tinggi.

  • Konsumsi obat herbal untuk asam urat

Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal untuk asam urat yang berasal dari tanaman herbal seperti kumis kucing, daun salam, atau meniran. Konsumsi obat herbal akan membantu Anda untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Sponsors Link

  • Berolahraga

Berolahraga adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan pada tubuh. Olahraga dengan rutin akan sangat baik untuk tubuh dan juga untuk pengeluaran purin. Olahraga juga akan menjaga agar tekanan darah dalam tubuh menjadi tetap stabil.

  • Mengubab pola hidup

Pola hidup yang buruk tentu saja menjadi salah satu faktor timbulnya asam urat dan hipertensi. Terlalu banyak konsumsi alkohol, merokok, makan makanan berlemak dan banyak lagi. Sebaiknya Anda mengubah pola hidup menjadi lebih baik sebelum terlambat.

Itulah hubungan asam urat dengan hipertensi yang dapat Anda ketahui dan Anda waspadai agar tidak terserang hipertensi dengan cepat karena peningkatan kadar asam urat terlalu berlebihan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan