Sponsors Link

Apa Hubungan Glukosa dengan Asam Urat Tinggi?

Sponsors Link

Anda pernah mendengar penyakit gula darah atau dunia medis menyebutnya diabetes? Penyakit ini akibat kelebihan gula darah atau glukosa dalam tubuh. Lalu apa hubungan glukosa dengan asam urat? Penyakit diabetes dipengaruhi dari berbagai faktor mulai dari genetik, pola makan minum dan gaya hidup yang tidak sehat.

ads

Kencing manis atau diabetes melitus, kondisi dimana zat dalam darah yang didapat dari zat karbohidrat yang terdapat pada makanan maupun minuman yang dikonsumsi, ketika kadar gula diolah dan disimpan dalam tubuh sebagai sumber energi disebut dengan glikogen. Glikogen diproses didalam pankreas dan menghasilkan hormon somastotasin, glukogan dan insulin, sehingga hormon inilah yang sangat mempengaruhi kadar gula dalam tubuh manusia.

Sumber karbohidrat didapat melalui makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari – hari, apabila jumlah asupan tersebut melebihi batas normal atau berlebihan tentu mempengaruhi fungsi zat kandungan yang diproses oleh organ tubuh. Apabila zat karbohidrat terlalu tinggi dibanding nutrisi lain, maka akan menyebabkan produksi glukosa meningkat. Hal ini berpengaruh pada kadar gula dalam darah Anda menjadi berlebih.

Jika faktor ini terus berlanjut tanpa adanya kontrol diri dan pencegahan, maka tidak mungkin Anda akan mengalami gejala bahkan penyakit diabetes atau kencing manis. Faktor lain yang menyebabkan penyakit ini bisa juga terjadi, jika Anda memiliki penyakit bawaan atau secara genetik memiliki riwayat penyakit diabetes.

Hubungan Glukosa dengan Asam Urat

Fungsi dari glukosa sendiri bagi tubuh yaitu sebagai sumber energi, pendukung proses metabolisme, sebagai asupan energi pada otak, pengatur suhu tubuh, dan memperbaiki jaringan otot. Adapun hal yang dianjurkan bagi penderita ini salah satunya yaitu mengurangi batas makanan dan minuman yang banyak mengandung karbo. Selain itu juga menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil dan tidak overweight. Lalu bagaimana jika penyakit ini juga mempengaruhi penyakit yang lain, seperti penyakit asam urat?

Tentu penyebab dan faktor utama kedua penyakit ini hampir sama yaitu pola makan dan minum, gaya hidup serta faktor bawaan. Sehingga dibutuhkan cara pemeriksaan asam urat dan gula darah serta melakukan tindakan pencegahan, jika memang sudah terlanjur mengidap kedua penyakit ini. Langkah utama yaitu mengecek kadar gula dan asam urat melalui dokter spesialis asam urat atau penyakit dalam.

Adapun penyebab kedua penyakit ini memiliki pengaruh yang sangat berkaitan satu sama lainnya. Jika Anda memiliki penyakit keduanya, maka akan berdampak kepada kesehatan tubuh dan mengalami beberapa gangguan seperti :

  • Komplikasi penyakit jantung dan gagal ginjal
  • Kanker hati
  • Penuaan pada otak
  • Kolesterol tinggi
  • Penyebab kegemukan atau obesitas
  • Terjadinya iritasi kulit seperti : bengkak, nyeri dan panas

Dari beberapa dampak tersebut, tentu kedua penyakit tersebut memiliki resiko yang sangat besar. Oleh karenanya beberapa contoh pantangan yang harus dihindari untuk kedua penyakit tersebut diantaranya :

  • Hindari pantangan makanan asam urat dan diabetes, seperti makanan jeroan, karbo tinggi, gula tinggi, daging, olahan ikan dan sebagainya
  • Jenis yang menyebabkan indikasi penyakit
  • Alkohol
  • Stress berlebih
  • Olahan gorengan tinggi karbo dan berbahan daging – dagingan
Sponsors Link

Anjuran bagi Penderita Penyakit Diabetes dan Asam Urat

Selain itu semua, beberapa hal berikut yang harus Anda lakukan dalam menjaga kadar gula darah dan asam urat stabil yaitu:

  1. Konsumsi makanan sehat. Apapun penyakit Anda jika ingin hidup sehat dan terbebas dari penyakit baiknya konsumsi makanan dan minuman sehat. Adapun asupan yang baik untuk dikomsumsi yaitu :
  2. Perbanyak minum air putih, berfungsi sebagai pelarut dan zat pembuangan kandungan berbahaya dalam tubuh. Minimal 8 gelas sehari untuk air putih.
  3. Konsumsi vitamin C untuk asam urat dan makanlah buah yang banyak mengandung serat dan kaya nutrisi, agar tubuh Anda segar, terbebas dari bahaya radikal bebas dan virus.
  4. Lakukan pola diet yang sehat. Walau Anda melakukan diet sehat, tetap memiliki nilai gizi dan nutrisi yang lengkap. Tidak berlebihan dan juga tidak menguranginya.
  5. Rutin berolahraga, sesuaikan jenis dan olahraga yang Anda jalani. Dengan berolahraga maka tubuh Anda mengeluarkan keringat dan dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.
    Sponsors Link

  6. Istirahat yang cukup, mampu membuat kondisi tubuh Anda menjadi lebih fresh dan bugar. Hindari terlalu banyak begadang dan jauhi gaya hidup tidak sehat.
  7. Hindari stress, apapun kegiatan Anda lakukan sesuai dengan porsi dan kemampuan. Lakukan olahraga ringan seperti yoga atau senam santai yang mampu membuat Anda lebih nyaman.
  8. Rajin mengkonsumsi jamu asam urat dari bahan herbal seperti sidaguri, sambiloto, dll. Yang mana dapat Anda dapatkan dengan harga murah, bahkan bisa ditanam sendiri. Hal ini mampu mencegah terjadinya gejala penyakit timbul.
  9. Rubah gaya hidup Anda, jika selama ini Anda terlalu asyik dengan gaya hidup yang tidak sehat dan kurang baik bagi kesehatan. Segera ubah semua itu, agar hidup Anda lebih teratur dan terbebas dari penyakit.
  10. Cek kondisi kesehatan secara rutin ke rumah sakit, klinik atau pengobatan alternatif. Untuk mencegah terjadinya tingkat penyakit semakin kronis.

Diabetes mellitus dapat terjadi jika asam urat atau gout arthritis dalam kadar tinggi dan hal ini dapat dicegah dan dilakukan dengan cara pencegahan dan pemeriksaan sejak dini. Sirkulasi darah yang buruk dapat memungkinkan Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi, suatu kondisi dimana ginjal Anda akan bekerja lamban dan tidak efektif ketika melepaskan racun melalui urin. Hal ini tentu mempengaruhi gejala hubungan glukosa dengan asam urat yang berefek terjadi komplikasi diabates melitus dengan asam urat dan berbagai macam komplikasi asam urat lainnya. Semoga Anda selalu menjaga kesehatan dan semoga bermanfaat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan