Sponsors Link

Ikan Bandeng Untuk Asam Urat, Boleh Atau Tidak?

Sponsors Link

ikan bandengIkan bandeng untuk asam urat tinggi, boleh atau tidak? Satu lagi pertanyaan yang ingin diketahui oleh penderita asam urat. Tentunya selain beberapa jenis ikan seperti ikan mujair dan ikan kembung, ikan bandeng pun cukup populer dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

ads

Kepopuleran ikan bandeng ini pun mungkin menyebabkan penderita asam urat ingin juga dapat menikmati segarnya daging ikan bandeng yang manis. Akan tetapi, benarkah ikan bandeng untuk penderita asam urat aman dikonsumsi? Tahukah anda mengenai alasan bandeng aman dikonsumsi atau tidak aman dikonsumsi? Jika anda belum mengetahuinya, maka berikut ini informasi lengkap mengenai keamanan konsumsi ikan bandeng untuk penderita asam urat.

Disebutkan sebelumnya bahwa penderita asam urat memiliki banyak pantangan makanan bagi penderita asam urat. Pantangan ini khususnya sangat didominasi oleh jenis masakan ikan. Apa yang menyebabkan ikan harus berhati-hati dikonsumsi oleh penderita asam urat? Informasi yang beredar menjelaskan bahwa beberapa jenis ikan diketahui akan menyisakan pengaruh asam urat pada metabolisme berupa zat purin yang cukup banyak.

Padahal zat purin adalah yang akan menyebabkan Kristal asam urat dalam urine dan menumpuk di sendi sendi. Hal ini kemudian menyebabkan penderita asam urat enggan mengonsumsi ikan. Walau jawaban untuk ikan mujair untuk asam urat tinggi, boleh atau tidak adalah boleh, tidak begitu dengan ikan bandeng. Ternyata ikan bandeng tidak seaman ikan mujair untuk dikonsumsi. Ingin tahu alasannya?

Ikan Bandeng Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ternyata ikan bandeng tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Bahkan bukan hanya tidak boleh, ikan bandeng pun disebut sebut sebagai salah satu makanan yang paling sering menjadi penyebab asam urat kambuh. Keadaan ini dilatarbelakangi oleh zat yang terkandung dalam ikan bandeng tersebut.

Ikan bandeng diketahui sangat tinggi kandungan protein dan zat purinnya. Anda akan mengalami sisa metabolisme berupa zat purin yang sangat banyak jika anda mengonsumsi ikan bandeng ini. Jika zat purin sudah terlanjur menumpuk dalam tubuh anda, maka zat purin ini akan menghasilkan kristal asam urat dalam urine dan sendi sendi. Akhirnya, asam urat anda pun dapat kambuh karena penumpukan kristal asam urat ini.

Oleh sebab itu, anda disarankan untuk tidak mengonsumsi ikan bandeng sama sekali. Jika anda belum sembuh dari penyakit asam urat ini, maka lebih baik anda menghentikan kebiasaan anda mengonsumsi ikan bandeng. Lalu bagaimana jika anda tetap mengonsumsi ikan bandeng ini? Akan ada akibat dari konsumsi ikan bandeng ini pada penderita asam urat. Apa saja akibat tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Akibat Konsumsi Ikan Bandeng oleh Penderita Asam Urat

Sebagai salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat, maka mengonsumsi pantangan makanan ini dapat menyebabkan akibat pada kesehatan tubuh anda. Berikut ini akan diinformasikan setidaknya 4 akibat dari konsumsi ikan bandeng tersebut. Semoga dapat membantu anda menghindari penyakit asam urat yang kambuh pada diri anda.

1. Sendi Tidak Dapat Digerakkan

Ikan bandeng yang dikonsumsi oleh penderita asam urat diketahui dapat menyebabkan sendi sendi menjadi tidak dapat digerakkan. Jika digerakkan akan timbul rasa nyeri tidak tertahankan.

Sponsors Link

2. Nyeri di Beberapa Bagian Tubuh Terus Terasa

Seperti ciri utama dari penyakit asam urat, penderita setelah mengkonsumsi ikan bandeng akan mengalami nyeri di beberapa bagian tubuh. Nyeri ini akan sulit hilang dan membuat anda sulit beraktivitas normal lagi.

3. Kaki dan Tangan Mengalami Pembengkakan

Gejala asam urat di kaki dan ciri ciri asam urat di tangan diketahui adalah akibat yang dapat anda rasakan setelah mengkonsumsi ikan bandeng. Pastinya tangan dan kaki anda akan mengalami pembengkakan yang membahayakan.

4. Asam Urat Kambuh dengan Sering

Terakhir, jika anda masih terus mengkonsumsi ikan bandeng, maka anda harus bersiap-siap dengan resiko asam urat yang lebih mudah kambuh. Jadi hindarilah kebiasaan mengonsumsi ikan bandeng ini secara total.

Berikut tadi informasi mengenai ikan bandeng untuk asam urat tinggi, boleh atau tidak. Semoga setelah mengetahui bahwa bandeng tidak boleh dikonsumsi dan akibatnya yang sangat berbahaya untuk kesehatan anda di atas, anda dapat menjadi lebih semangat dalam menjaga kesehatan anda. Tubuh anda pun dapat kembali sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit dan kekambuhan penyakit asam urat anda.

, , ,



Oleh :