Sponsors Link

Ikan Gurame Untuk Asam Urat

Sponsors Link

Asam urat merupakan salah satu senyawa hasil metabolisme purin di dalam tubuh yang secara normal akan terdapat di dalam tubuh manusia dalam kadar yang normal. Asam urat sebagai senyawa yang diproduksi secara normal di dalam tubuh tentu memiliki fungsi bagi mekanisme di dalam tubuh. Beberapa fungsi asam urat tersebut diantaranya seperti bertindak sebagai antioksidan, neuroprotektif atau pelindung sistem neurologi di dalam tubuh, sebagai senyawa pertanda adanya kondisi berbahaya di dalam tubuh.

ads

Peningkatan kadar asam urat di atas batas normalnya dapat menyebakan munculnya permasalahan di dalam tubuh yang disebut sebagai penyakit asam urat. Kondisi penyakit asam urat tersebut merupakan penyakit kronis yang ketika kadar asam urat di dalam tubuh sudah pernah tinggi maka sangat mungkin kondisi serupa dapat terulang kembali. Tingginya kadar asam urat di dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya beberapa gejala seperti nyeri dan pembengkakan pada daerah persendian yang tentunya dapat sangat menyakitkan.

Mengingat kondisi penyakit asam urat merupakan keadaan yang dapat kambuh kembali maka perlu ada upaya yang dilakukan para penderitanya demi menjaga agar kadar asam urat tidak tinggi. Salah satu upaya yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk menjaga agar kadar asam urat tidak tinggi adalah dengan menjaga pola makan dan menghindari pantangan penderita asam urat. Dalam pembahasan kali ini akan menjelaskan mengenai salah satu jenis ikan yakni ikan gurame untuk asam urat yang dijelaskna di bawah ini.

Mengenal Ikan Gurame

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang memiliki banyak pengemar karena rasanya yang gurih dengan tekstur lembut dan dapat dijadikan beberapa olahan makanan lezat seperti gurame asam manis, gurame goreng, hingga gurame bakar. Ikan gurame merupakan jenis ikan air tawar dengan bentuk panjang dan pipih yang khas dan memiliki dua sirip perut atas yang keras dengan duri duri dan sirip bawah yang lebih lentur dan panjang serta bentuk mukanya dari ikan gurame yang juga khas.

Ikan gurame menjadi salah satu jenis ikan yang digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan protein tubuh dengan kandungannya yang cukup tinggi. Selain protein, ikan gurame juga mengandung beberapa nutrisi lainnya diantaranya seperti lemak, vitamin, dan beberapa jenis mikronutrien lainya. Kandungan protein yang dimiliki oleh ikan gurame lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang dimiliki beberapa jenis ikan seperti ikan lele, ikan mas, dan ikan nila.

Bolehkah Konsumsi Ikan Gurame Untuk Asam Urat

Melihat dari kondisi kandungan yang dimiliki oleh ikan gurame diatasi maka bagi penderita asam urat ikan tersebut dapat dikonsumsi. Ikan gurame untuk asam urat juga tidak akan menyebabkan terjadinya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh ataupun memicu kambuhnya kondisi penyakit asam urat. Meskipun tidak ada mekanisme langsung ikan gurame dalam mengatasi penyakit asam urat namun ikan yang termasuk dalam jenis ikan untuk penderita asam urat dan kolesterol tersebut dapat membantu mencegah terjadinya penyakit degeneratif yang salah satunya adalah asam urat.

Manfaat Ikan Gurame 

Seperti dalam penjelasan diatas, ikan gurame tidak memiliki kandungan zat purin sehingga aman dikonsumsi bagi penderita asam urat. Selain aman, ikan gurame ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya seperti dijelaskan dibawah ini.

  • Meminimalisir kemungkinan terjadinya penyakit degeneratif

Manfaat ikan gurame yang masih berkaitan dengan penyakit asam urat adalah dapat membantu meminimalisir kemungkinan terjadinya penyakit degeneratif yang salah satunya adalah peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Minimalisir tersebur terjadi karena ikan gurame merupakan makanan dengan protein dan mikronutrien tinggi yang tidak banyak mengandung kolesterol sebagai salah satu pemicu asam urat dan beberapa jenis penyaki degeneratif lainya.

  • Membantu perkembangan otak

Ikan gurame menjadi salah satu jenis ikan yang baik diberikan pada anak anak karena manfaatnya yang membantu perkembangan otak anak. Asam lemak omega 3 yang terdapat di dalam ikan gurame menjadi nutrisi yang dikenal sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan otak anak agar dapat menjadi cerdas dan memiliki tingkat konsentrasi tinggi.

  • Mencegah terjadinya beberapa jenis penyakit

Manfaat lain yang juga dimiliki oleh ikan gurame adalah membantu mencegah terjadinya beberapa jenis penyakit seperti penyakit kwashiorkor dan penyakit marasmus. Penyakit kwashiorkor adalah penyakit burung lapar yang terjadi pada anak anak, sedangkan marasmus merupakan penyakit akibat kekurangan gizi pada balita. Selain membantu dalam mencegah terjadinya penyakit tertentu, beberapa manfaat ikan gurame lainnya seperti mempercepat penyembuhan lukan. membantu pertumbuhan otot, menghaluskan kulit, dan cocok untuk ibu hamil.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ikan gurame untuk asam urat yang dapat dikonsumsi dengan aman tanpa dampak bagi penderita asam urat serta memiliki beberapa manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan. Ikan gurame juga bukan merupakan pantangan makanan bagi penderita asam urat.

, , , ,



Oleh :