Sponsors Link

Ikan Kembung untuk Asam Urat Tinggi, Boleh atau Tidak?

Sponsors Link

ikan kembungIkan kembung untuk asam urat tinggi, boleh atau tidak? Seperti sebelumnya, banyak pertanyaan yang muncul mengenai apakah ikan kembung dapat memicu asam urat. Sebetulnya hal ini adalah informasi yang sangat penting, namun kurang diketahui dalam masyarakat. Jawaban mengenai apakah ikan kembung untuk asam urat tinggi, boleh atau tidak akan dijelaskan pada bagian ini. Namun sebelumnya, tidak ada salahnya jika anda mempelajari terlebih dahulu mengenai apa itu ikan kembung dan apa khasiat serta kandungannya yang berpengaruh pada penderita asam urat.

ads

Tahukah anda bahwa ikan kembung juga dapat disebut sebagai ikan makarel? Anda tentu pernah melihat tulisan ikan makarel ini di kaleng kaleng ikan sarden. Karna memang ikan dalam kemasan sarden adalah ikan kembung yang banyak dijual di pasaran. Sebagai salah satu ikan yang lezat, banyak sekali masyarakat mengolah ikan kembung menjadi lauk makanannya. Namun bagi penderita asam urat, mengonsumsi ikan sangat memerlukan kehati-hatian karena ikan termasuk dalam makanan penyebab asam urat. Itulah mengapa perlu diketahui bolehkah konsumsi ikan kembung ini bagi penderita asam urat?

Ikan Kembung Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Jawaban atas pertanyaan sebelumnya diketahui adalah tentu saja boleh penderita asam urat mengonsumsi ikan kembung. Apa alasannya? Alasan mengapa ikan kembung aman dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah karena kandungannya yang tidak terlalu berbahaya. Ikan kembung diketahui memang mengandung zat purin. Namun jumlahnya masih aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Akhirnya penyakit asam urat tidak mudah kambuh walau mengkonsumsi ikan dengan kandungan zat purin.

Akan tetapi, walau konsumsi ikan kembung boleh untuk penderita asam urat tetap dibutuhkan kehati-hatian dalam pengolahannya. Khususnya mengingat ikan untuk penderita asam urat tidak boleh digoreng karena akan meningkatkan kadar sodium juga purin di dalamnya. Jadi bagaimanakah sebaiknya ikan kembung ini diolah? Simak penjelasannya pada bagian berikutnya jika anda penasaran dengan cara pengolahannya.

5 Cara Pengolahan Ikan Kembung untuk Penderita Asam Urat

Seperti dijelaskan sebelumnya diketahui bahwa ada cara yang harus diperhatikan dalam mengolah ikan kembung. Cara pengolahan ini mencakup bagaimana ikan harus diolah hingga matang, bahan apa yang boleh dan tidak boleh digunakan, serta bagaimana anda memastikan penyebab asam urat tinggi anda tidak kambuh dengan banyaknya ikan kembung yang anda konsumsi. Informasi tersebut dapat anda ketahui melalui cara cara pengolahan di bawah ini.

1. Pertama, Siapkan Bahan dan Alat yang Diperlukan

Bahan  bahan yang perlu anda siapkan mencakup ikan kembung sekitar 700 gram beratnya atau secukupnya sesuai kebutuhan anda. Jangan lupa siapkan jeruk nipis sekitar ½ buah untuk menghilangkan bau amis ikan. Setelah itu, siapkan juga bumbu halus untuk memberi rasa ikan seperti bawang merah sebanyak 10 siung, bawang putih sebanyak 8 siung, ketumbar sekita 1 sendok makan, dan kunyit sebanyak 3 ruas. Hindari penggunaan garam karena akan membuat kadar sodium penyebab asam urat menjadi meningkat. Jika seluruh bahan sudah anda siapkan, maka lanjutkan langkah pengolahan berikutnya.

Sponsors Link

2. Kedua, Bersihkan Ikan Kembung secara Menyeluruh

Pada langkah kedua ini anda harus melakukan pembersihan secara total pada ikan kembung. Bersihkan seluruh sisiknya supaya tidak ada kandungan bakteri atau kotoran didalam tubuh ikan yang akan anda konsumsi nantinya. Bersihkan secara menyeluruh seluruh sisi ikan kembung, jangan sampai ada satu pun yan terlewatkan.

3. Ketiga, Siapkan Bumbu Halus dan Jeruk Nipis untuk Dioleskan ke Ikan Kembung

Langkah ketiga dilakukan dengan menyiapkan bumbu bumbu sebelumnya dengan cara dihaluskan. Haluskan seluruh bumbu dan oleskan pada ikan kembung yang telah anda bersihkan. Jika seluruh ikan kembung telah bersih, maka anda dapat mengoleskan bumbu juga menambahkan jeruk nipis dengan diperas ke atas ikan kembung tadi.

Sponsors Link

4. Diamkan Ikan dan Bumbu Hingga Meresap

Diamkanlah ikan yang telah dibumbui tadi minimal 30 menit lamanya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar bumbu dapat meresap ke bagian tubuh ikan dan akan menghasilkan rasa yang nikmat saat dibakar dan dimakan nanti. Jadi pastikan untuk memastikan ikan telah meresap seluruh bumbunya.

5. Siapkan Arang Pembakaran dan Bakar Ikan Hingga Matang

Terakhir, anda dapat menyiapkan arang pembakaran. Siapkan arang ini untuk membakar ikan anda hingga matang. Jika seluruh ikan sudah matang benar baru dapat anda angkat dan konsumsi sebagai lauk yang aman untuk penderita asam urat dan kristal asam urat dalam urine dan sendi tidak muncul lagi.

Demikianlah tadi informasi lengkap mengenai apa saja cara untuk anda dapat mengolah ikan kembung untuk asam urat tinggi, boleh atau tidak dikonsumsi bergantung pada anda. Jika anda telah mengolahnya dengan tepat, maka ikan kembung dapat anda konsumsi tanpa khawatir akan penyakit asam urat yang kambuh karena kandungan purin di dalamnya. Jadi segeralah siapkan pengolahan ikan kembung anda! Jika asam urat anda masih sering kambuh, temukanlah penanganan asam urat secara tradisional yang dapat anda lakukan.

, , , ,



Oleh :