Sponsors Link

8 Ikan Laut Untuk Asam Urat Yang Boleh Dikonsumsi

Sponsors Link

Ikan adalah makan yang cukup di khawatirkan oleh penderita penyakit asam urat. Karena cukup banyak makanan laut yang mengandung purin dan akan menjadi pemicu asam urat. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa ikan yang cukup aman untuk Anda konsumsi. Berikut adalah daftar ikan laut untuk asam urat yang boleh dikonsumsi:

ads

1. Ikan Makarel

Ikan makarel adalah ikan yang boleh dimakan penderita asam urat dan merupakan jenis ikan laut yang biasanya disebut dengan nama ikan tenggiri atau ikan kembung. Ikan ini adalah salah satu ikan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita asam urat. Kandungan omega 3 dalam makarel cukup tinggi dan juga purin nya masih dalam kadar yang sangat rendah. Pada 100 gram ikan makarel terdapat 145 mg purin. Walaupun zat purin nya hampir mendekati level menengah, Anda tidak perlu khawatir. Asalkan mengkonsumsi tidak berlebihan kadar asam urat dalam tubuh masih bisa terjaga. Selain jumlah nya yang dibatasi, Anda juga harus memperhatikan pada cara pengolahan nya. Sebaiknya hindari dengan cara digoreng, kalau pun mau digoreng Anda bisa mengganti minyaknya menjadi minyak zaitun.

2. Ikan Haddock

Ikan selanjutnya yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah ikan haddock. Ikan ini hidup di perainan asin, kandungan purin yang ada dalam ikan haddock masih dalam batas wajar dan juga kaya akan kandungan omega 3. Dalam 100 gram ikan haddock terdapat 139 mg zat purin, nilai kandungan purin dinilai masih sangat aman untuk di konsumsi asalkan tidak berlebihan. Pengolahannya juga harus diperhatikan, lebih baik di panggang dibandingkan di goreng

3. Ikan Kod

Ikan kod adalah jenis ikan yang biasa hidup di perairan laut lepas. Ikan ini juga boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat dan tidak akan menjadi pemicu asam urat asalkan mengkonsumsi dalam batasan yang wajar. Ikan ini memiliki kandungan minyak hati atau kaya akan vitamin serta asam lemak omega 3. Kandungan purin yang ada dalam ikan kod juga tidak terlalu tinggi. Pada 100 gram ikan kod terdiri dari 109 mg kandungan purin. Walaupun zat purin yang terkandung masih lebih sedikit jika dibandingkan dengan haddock dan makarel namun tetap saja Anda harus membatasi saat akan memakannya.

4. Ikan Sole

Selanjutnya adalag ikan sole atau yang lebih dikenal dengan nama ikan sebelah. Ikan sole merupakan ikan pilihan selanjutnya yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat. Ikan ini mempunyai kandungan purin level menengah, pada 100 gram ikan sole terdapat 131 gram ikan zat purin. Jika Anda membatasi konsumsi ikan sole tentu saja tidak akan menjadi masalah pada kenaikan kadar asam urat Anda. Agar menjag kandungan sodium masih dalam kadar rendah akan sangat lebih baik jika Anda benar-benar menghindari mengolah ikan sole dengan cara digoreng

5. Ikan Kakap Merah

Ikan ke lima yang dapat Anda konsumsi dengan aman selama masih dalam batas wajar adalah ikan kakap merah. Ikan kakap merah bisa dijadikan sebagai salah satu menu variasi untuk para penderita asam urat. Pilihan mengolahnya Anda coba dengan cara di filet lalu menambahkan jeruk nipis atau perasan lemon diatas nya. Jangan lupa untuk memperhatikan jumlah konsumsi nya agar tidak menjadi buruk untuk kesehatan.

6. Ikan Sembilang

Selanjutnya adalah ikan sembilang atau dikenal juga dengan lele laut. Ikan ini juga masuk dalam salah satu ikan yang direkomendasikan untuk penderita asam urat. Lele laut merupakan ikan yang cukup dikenal memiliki banyak sekali kandungan manfaatnya. Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak atau masih dibatasi, dan juga pengolahan nya terhindar dari minyak yang akan memberikan lemak tentu saja ikan ini menjadi sangat aman untuk dikonsumsi.

Sponsors Link

7. Ikan Pike Perch

Ikan pike perch adalah jenis ikan yang tidak terlalu terkenal di Indonesia. Namun ikan ini masuk dalam salah satu menu pilihan jenis ikan yang boleh dimakan oleh penderita asam urat. Anda bisa mengolahnya dengan cara di filet serta memberikan perasan jeruk nipis untuk menjaga kadar sodium agar tetap rendah. Pada 100 gram pike perch terdapat 110 mg zat purin. Asalkan Anda membatasi konsumsi nya maka Anda akan terhindar dari kenaikan kadar asam urat.

8. Ikan Tilapia

Ikan tilapia adalah ikan jenis nila yang juga masuk menjadi salah satu rekomendasi menu pilihan ikan untuk penderita asam urat. Ikan ini biasa hidup di laut air tawar. Sama seperti ikan-ikan sebelumnya, sebaiknya Anda membatasi konsumsi nya agar tidak memicu asam urat.

Itulah 8 ikan laut untuk asam urat yang boleh dikonsumsi dan tidak masuk dalam pantangan makanan bagi penderita asam urat. Kandungan di dalamnya tidak kalah dengan suplemen penurun asam urat namun sayangnya kandungan purin yang memang tidak terlalu tinggi mesti diperhatikan juga agar tidak menyebabkan kenaikan asam urat saat memakannya dan memicu tanda-tanda asam urat secara tiba-tiba.

, , ,