Sponsors Link

Khasiat Ikan Patin untuk Asam Urat dan Kesehatan Secara Umum

Sponsors Link

ikan patinPenderita penyakit asam urat tentu harus berusaha untuk mencegah agar kondisi gejala dan serangan asam urat tidak kambuh kembali karena tentunya dapat menyebabkan kondisi yang cukup menyakitkan bahkan menjadikan penderitanya tidak mampu melakukan aktivitas sehari hari dengan baik. Kondisi tersebut dikarenakan penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang akan terus diderita dan dapat kambuh ketika kadar asam urat di dalam darah meningkat.

ads

Kondisi gejala asam urat yang muncul akibat peningkatan kadar asam urat tersebut harus diatas dengan beberapa cara yang tentunya utamanya adalah mengurangi jumlah kadar asam urat di dalam darah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh para penderita dalam mengurangi kadar asam urat ataupun mencegah agar kadar asam urat di dalam tubuh tidak naik adalah dengan memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi haruslah tidak mengandung zat purin.

Makanan yang mengandung purin tinggi dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat karena purin di dalam tubuh akan dimetabolisme dan hasil akhirnya adalah asam urat itu sendiri. Setiap penderita asam urat harus peduli dan tau mengenai makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi karena adanya kandungan purin di dalamnya. Untuk memberikan pemahaman yang lebih, berikut ini penjelasan mengenai salah satu jenis ikan yakni ikan patin untuk asam urat apakah berbahaya atau tidak.

Ikan patin menurut wikipedia adalah sekelompok ikan berkumis (Siluriformes) yang termasuk dalam genus Pangasius. Patin merupakan salah satu sumber utama kelompok perikanan di Indonesia yang hidup di air tawar dan banyak dibudidayakan melalui tambak tambak air tawar. Ikan patin kadang kala sering disandingkan dengan ikan lele karena sama sama memiliki kumis dibagian mulutnya namun nilai ekonomis ikan patin lebih tinggi dibandingkan dengan ikan lele.

Ikan patin memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti kalori dan protein yang cukup tinggi. Selain itu, kadar kolesterol di dalam ikan patin juga dikenal lebih rendah dibandingkan dengan kadar kolesterol pada jenis ikan konsumsi lainnya. Ikan patin untuk asam urat juga tidak menimbulkan peningkatan kadar asam urat di dalam darah sehingga cocok dan termasuk aman untuk di konsumsi. Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang termasuk dalam ikan untuk penderita asam urat dan kolesterol yang tidak memperparah kondisi penyakit tersebut.

Sejauh ini tidak ditemukan efek yang buruk bagi penderita asam urat yang mengkonsumsi ikan patin yang bukan merupakan salah satu dari pantangan makanan bagi penderita asam urat . Namun meskipun begitu, penderita asam urat dalam mengkonsumsi ikan patin juga perlu memperhatikan proses memasaknya karena bisa jadi bukan ikan patin yang menyebabkan meningkatnya kadar asam urat melainkan cara memasak dan beberapa bahan tambahan yang terdapat didalam makanan atau olahan ikan patin tersebut yang berbahaya bagi penderita asam urat

Dalam mengolah ikan patin sebaiknya melakukannya dengan cara direbus atau dikukus. Perebusan dan pengukusan ikan patin lebih baik digunakan karena mengingat adanya bahaya ikan yang digoreng dengan minyak selain karena dalam proses perebusan ataupun pengukusan, nutrisi ikan patin lebih dapat dipertahankan. Dalam pengolahannya sebaiknya ditambahkan beberapa bahan sayuran yang memang baik untuk para penderita asam urat seperti daun seledri, kentang, wortel, dan lain sebagainya.

Ikan patin selain sebagai jenis ikan yang aman bagi penderita asam urat maupun kolesterol juga memiliki beberapa jenis manfaat lain. Kandungan nutrisi yang baik seperti dalam penjelasan sebelumnya menjadikan ikan patin memiliki manfaat kesehatan apabila di konsumsi dengan benar. Berikut ini beberapa manfaat ikan patin untuk asam dan manfaat kesehatan lainnya diantaranya sebagai berikut ini.

  • Sebagai sumber kalori dan protein tubuh

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi ikan patin adalah dapat bertindak sebagai sumber kalori dan sumber protein yang berguna bagi tubuh sebagai salah satu nutrisi pertumbuhan dan tentunya menjadikan tubuh tidak lemas.

  • Kandungan kalsium dan lemak tak jenuh

Kandungan kalsium dan lemak tak jenuh di dalam ikan patin sangat baik untuk kesehatan tulang dan tentunya baik untuk penderita kolesterol juga. Lemak tak jenuh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Ikan patin memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung dan berguna untuk memperlancar peredaran darah. Konsumsi ikan patin dipercaya memiliki manfaat untuk menjaga kondisi jantung selalu sehat dan mencegah berbagai macam bentuk penyakit jantung.

  • Khasiat atau manfaat lainnya

Selain beberapa manfaat tersebut, ikan patin juga memiliki khasiat lain diantaranya seperti menghaluskan kulit, bertindak sebagai anti kanker, anti stress, mencegah stroke, menurunkan berat badan, meningkatkan kadar hemoglobin, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ikan patin untuk asam urat dan beberapa manfaat lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Secara umum, ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang aman dikonsumsi bagi penderita asam urat seperti halnya ikan mujair untuk asam urat.

, , , ,



Oleh :