Sponsors Link

10 Ikan Untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Apakah Anda salahsatu penderita asam urat dan kolesterol? Jenis makanan bagaimanakah yang diperbolehkan bagi penderita asam urat dan kolesterol? Apakah Anda pencinta kuliner ikan? Adakah ikan untuk penderita asam urat dan kolesterol?

ads

Asam urat dan kolesterol sangat rentan terhadap makanan yang mengandung purin dan kadar lemak yang tinggi. Ikan merupkan salahsatu makanan yang sebenarnya dijadikan pantangan bagi penderita asam urat karena seluruhnya mengandung purin. Hanya saja purin yang diproduksi dari berbagai jenis ikan itu berbeda-beda. Ikan yang memiliki kandungan purin tinggi menjadi pantangan bagi penderita asam urat.

Zat purin memang memiliki peranan penting bagi metabolisme tubuh, akan tetapi apabila sudah terjangkit assam urat maka dapat diatasi dengan cara membuang zat purin dalam tubuh yang berlebih tersebut. Berbeda halnya dengan kolesterol, penderita kolesterol tinggi dilarang mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak jenuh yang berlebihan. Apabila penderita kolesterol tinggi ingin mengkonsumsi ikan, seharusnya penderita memperhatikan kandungan lemak yang ada di dalam ikan tersebut. Banyak beberapa jenis ikan yang mengandung banyak lemak dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Namun ada juga ikan yang memiliki kadar lemak yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi.

Lalu, apa saja ikan untuk penderita asam urat dan kolesterol? Berikut beberapa jenis ikan yang aman untuk penderita asam urat dan kolesterol, yaitu diantaranya:

  1. Ikan Salmon

Salahsatu rekomendasi ikan untuk penderita asam urat dan kolesterol yang sangat disarankan arena kandungan dalam ikan ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ikan salmon mengandung asam lemak atau biasa dikenal dengan omega 3 yang dapat melawan kadar kolesterol buruk di dalam tubuh sehingga terhindar dari penyebab resiko penyakit jantung dan stroke. Ikan salmon memiliki kadar purin yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kandungan omega 3 sangat dibutuhkan bagi tubuh, khususnya bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan sebagai nutrisi otak. Melalui omega 3 ini, susunan saraf otak akan bekerja lebih baik. Selain itu, omega 3 memiliki banyak peranan penting bagi kesehatan tubuh, yaitu diantaranya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menghambat beberapa jenis sel kanker, mengatasi beban penderita asma, rematik, penyakit kulit, komplikasi diabetes, dan sebagainya. Ikan salmon dapat dijadikan sebagai menu diet untuk penderita asam urat dan kolesterol tinggi.

  1. Ikan Gurame

Ikan gurame sangat familiar di masyarakat dan dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Namun, manfaat dari ikan gurame tersebut justru banyak disepelekan orang. Ikan gurame memiliki banyak nutrisi yang cukup tinggi dan kaya akan manfaat. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan saja, ikan gurame juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, perhiasan, dan aksesoris rumahan.

Sponsors Link

Salahsatu manfaat untuk kesehatan diantaranya sebagai meminimalisir kemungkinan penyakit degeneratif, membantu perkembangan otak, membantu pertumbuhan otot, dan lain-lain. Ikan gurame juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, diantaranya yaitu memiliki kandungan protein tinggi sebanyak 19% dibandingkan ikan lainnya, omega 3, vitamin dan zat makronutrien serta mikronutrien lainnya, dan lain-lain. Ikan gurame juga memiliki kadar lemak rendah sehingga baik dikonsumsi untuk penderita kolesterol tinggi. Kandungan zat purin di dalam ikan gurame juga masih dalam keadaan aman untuk dikonsumsi penderita asam urat, asalkan tidak berlebihan.

  1. Ikan Mas (Ikan Carp)

Ikan mas sangat digemari oleh sebagian besar orang karena mudah ditemui dan banyak disajikan diberbagai olahan kuliner. Ikan mas merupakan ikan yang boleh dimakan penderita asam urat dan kolesterol tinggi karena rendah purin dan rendah kalori serta rendah lemak. Namun pada penderita asam urat, mengkonsumsi ikan mas harus dibatasi agar tidak berlebih dan justru akan mempengaruhi penderita asam urat.

Ikan mas juga memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk nutrisi otak. Adapun manfaat ikan mas bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya untuk meminimalisir penyakit jantung, mengatasi tekanan darah tinggi, mencerdaskan otak, membantu pertumbuhan tinggi badan (khususnya bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan), mencegah kanker, mengontrol kadar kolesterol, mengurangi resiko menyempitan pembuluh darah di otak, dan sebagainya. Perlu diperhatikan dalam pengolahan ikan mas karena kandungan lemak dalam ikan mas sangat mudah rusak, begitupun kandungan nutrisi di dalamnya, sehingga tidak disarankan untuk digoreng karena akan menambah kadar lemak jenuh dalam ikan.

ads
  1. Ikan Mujair

Ikan mujair termasuk salahsatu jenis ikan air tawar yang banyak mengandung nutrisi baik bagi tubuh. Kandungan nutrisi dalam ikan mujair diantaranya, yaitu sumber omega 3, mineral, selenium fosfor, kalium, vitamin B-12, vitamin B-3, vitamin B-6 dan vitamin B-5. Banyak yang beranggapan bahwa ikan mujair diragukan untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat, akan tetapi sebenarnya kandungan purin di dalam ikan mujair masih tergolong aman atau dapat dikatakan rendah. Selain itu, ikan mujair juga aman untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol  tinggi.

Namun, harus diperhatikan cara mengolah ikan mujair agar tidak merusak kandungan gizi yang ada di dalamnya, karena apabila salah dalam mengolah ikan mujair yang akan dikonsumsi maka kemungkinan dapat memperburuk kondisi penderita asam urat dan kolesterol. Lebih baik mengolah ikan mujair jangan dengan cara digoreng, melainkan di kukus atau di panggang dan lebih baik lagi diberi campuran minyak zaitun serta jeruk nipis karena jika digoreng akan meningkatkan kandungan sodium dan lemak jenuh sehingga tidak baik bagi penderita asam urat dan kolesterol. Alternatif mencampuri ikan mujair dengan minyak zaitun dan jeruk nipis bertujuan untuk mengurangi kadar sodium yang akan mempengaruhi asam urat. Hal ini termasuk ke dalam cara mengobati asam urat dengan minyak zaitun dan jeruk nipis.

  1. Ikan Kod

Ikan Kod merupakan salahsatu ikan yang hidup di laut lepas dan merupakan salahsatu ikan laut yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat dan kolesterol. Ikan kod terbilang familiar di telingan masyarakat, khususnya masyarakat daerah pesisir laut walaupun jarang dikenali wujudnya oleh sebagian orang. Ikan kod ini memiliki kandungan purin yang sedikit, yaitu sekitar 109 mg/100gr. Artinya satu ekor ikan kod dengan berat 100 gr per ekor memiliki kadar purin sebanyak 109 mg. Hal ini termasuk ke dalam tingkatan makanan yang rendah purin. Selain itu, ikan kod memiliki kadar kolesterol rendah dan banyak mengandung omega 3 sehingga memiliki banyak manfaat dan khasiat yang baik bagi tubuh. Kandungan nutrisi dalam ikan kod diantaranya yaitu, sumber omega 3 dan omega 6, kaya vitamin A dan D, menurunkan resiko terkena penyakit jantung, mencegah kerusakan ginjal, mengatasi pengaruh asam urat terhadap ginjal, mencegah hipertensi, memiliki sifat anti-inflamasi, menurunkan berat badan, dan sebagainya.

  1. Ikan Tilapia atau Ikan Nila

Ikan nila sejenis dengan ikan mujair yang tergolong ke dalam ikan air tawar dan banyak dikembangbiakan oleh para peternak ikan dan aman untuk di konsumsi penderita asam urat asalkan jumlah asupannya harus diperhatikan agar tidak berlebih. Ikan nila memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Kandungan nutrisi yang dimiliki ikan nila sangat banyak, diantaranya, yaitu omega 6, fosfor, selenium, vitamin B-12, potassium, kolagen, dan lain-lain.

  1. Ikan Sole (Ikan Sebelah)

Rekomendasi selanjutnya ikan untuk penderita asam urat dan kolesterol, yaitu ikan sole atau dikenal dengan ikan sebelah merupakan salahsatu pilihan yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat karena kandungan purinnya masih tergolong aman, yaitu 131mg/100gr dan dikonsumsi dalam batas wajar (tidak berlebih) serta benar cara pengolahannya. Selain itu, ikan tersebut juga memiliki kadar lemak rendah dan aman dikonsumsi untuk penderita kolesterol. Adapun manfaat ikan sebelah yaitu sebagai berikut, mengandung protein tinggi untuk mengatur metabolisme tubuh; meningkatkan kecerdasan otak karena megandung asam amino, protein, dan vitamin B6; menjaga kesehatan mata; mengatasi kulit keriput; meningkatkan sistem imun tubuh; meningkatkan kesehatan jantung, mengobati diabetes, dan lain-lain.

  1. Ikan Haddock

Ikan haddock merupakan salahsatu ikan yang hidup di perairan asin. Ikan ini aman dikonsumsi oleh penderita asam urat karena kandungan purin dalam ikan ini masih dalam batas wajar, sekitar 139mg/100gr  dan kandungan omega 3 nya cukup tinggi. Meskipun begitu, jumlah asupan ikan haddock juga harus dibatasi bagi penderita asam urat dan pengolahannya pun sangat pelru diperhatikan agar tidak merusak nilai nutrisi di dalamnya. Ikan haddock juga rendah lemak dan rendah merkuri sehingga aman untuk penderita kolesterol tinggi.

  1. Ikan Bawal

Ikan bawal salahsatu ikan yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat dan kolesterol tinggi karena memiliki kandungan rendah lemak dan purin yang masih dalam tahap aman selama tidak berlebihan dikonsumsinya. Kandungan nutrisi dalam ikan bawal diantaranya, omega 3, kalori 96 kkal, protein 19 gr, lemak 1,7 gr, kalsium 20 mg, kolesterol 44 mg, zat besi 2 mg, fosfor 150 mg. Ikan bawal memiliki banyak manfaat, diantaranya mencegah stroke, mengurangi resiko penyakit jantung, mengontrol kadar kadar kolesterol, mengatasi anemia, dan sebagainya.

  1. Ikan Sembilang

Ikan sembilang termasuk kategori ikan yang sulit dicari namun banyak manfaatnya yang tidak banyak orang ketahui. Ikan ini aman dikonsumsi bagi penderita asam urat dan kolesterol karena kadar purin dam lemaknya masih dalam tahap aman. Adapun manfaat ikan sembilang diantaranya, membantu proses kehamilan, mengurangi rasa nyeri saat haid, menurunkan tekan darah, membantu pembentukan sel otak, dan sebagainya. Kandungan nutrisi di dalam ikan sembilang antara lain, protein, fosfor, omega 3, dan lain-lain.

Kesepuluh jenis ikan tersebut dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat dan kolesterol tinggi, hanya saja dalam pengolahannya harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan apabila salah dalam mengolah ikan, maka kandungan nutrisi di dalam ikan tidaklah berkhasiat lagi bagi kesehatan tubuh. Selain itu, untuk beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan sodium lebih rentan rusak. Apabila Anda memasak ikan yang mengandung sodium dengan waktu terlalu lama (terlebih jika digoreng), maka akan meningkatkan kadar purin dan kolesterol pada ikan tersebut. Terutama pada penderita kolesterol tinggi sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan dengan cara digoreng karena minyak goreng  dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dalam darah yang beresiko penyakit jantung, stroke, dan sebagainya.

Sponsors Link

Lalu bagaimana dengan ikan kakap merah, apakah ikan tersebut termasuk ke dalam kategori ikan untuk penderita asam urat dan kolesterol?

Ikan kakap merah aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi karena rendah lemak dan mengandung gizi baik bagi kesehatan tubuh lainnya. Akan tetapi kandungan purin di dalam ikan kakap merah menjadi bahan pertimbangan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat karena jumlah purinnya sekitar 169 mg/100 gram. Kategori tingkatan purin yang dimiliki ikan kakap dengan jumlah tersebut termasuk ke dalam golongan sedang. Akan tetapi ikan tersebut aman dikonsumsi apabila satu ekor ikan kakap (mewakili berat 100 gram per ekor) dapat dikonsumsi untuk 3-4 orang karena ukuran ikan kakap yang cukup besar. Membagi satu ekor ikan kakap ke dalam beberapa potongan menjadikan kandungan purin yang ada pada ikan kakap tersebut terbagi pula menjadi bagian terkecil yang aman dikonsumsi bagi penderita asam urat, dengan perhitungan sebagai berikut:

1 ekor ikan kakap mewakili 160 mg purin dibagi menjadi 4 porsi = 160mg : 4 = 40 mg per porsi.

Perhitungan tersebut merupakan salahsatu cara aman bagi penderita asam urat dalam mengkonsumsi ikan yang mengandung purin pada kategori sedang. Hal ini tidak hanya berlaku bagi ikan kakap merah, melainkan untuk jenis ikan lainnya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

, ,