Sponsors Link

10 Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

Bagi penderita asam urat, memilih dan memperhatikan makanan yang akan mereka konsumsi, menjadi hal wajib yang sepertinya harus dilakukan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya bahan makanan yang bisa jadi mengandung zat purin yang tinggi, akan menyebabkan kadar asam urat yang dimiliki oleh penderita asam urat menjadi meningkat. Zat purin ini bukan merupakan senyawa yang berbahaya, namun dibutuhkan bagi tubuh kita sebagai senyawa kimia pembentuk energi. Tetapi masuknya zat purin yang berlebihan ke dalam tubuh penderita asam urat melalui makanan, akan menyebabkan kadar asam urat di tubuhnya cenderung tidak stabil dan meningkat.

ads

Baca juga:

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang terbilang pokok untuk beberapa orang. Bahan makanan ini kerap dijadikan bahan makanan alternatif pengganti daging sebagai lauk yang dikonsumsi sehari-hari. Kandungan gizi yang relatif lengkap, membuat ikan diminati sebagai lauk yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Protein hewani, asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral membuat kandungan gizi yang ada dalam ikan menjadi terlihat sangat lengkap. Mengingat konsumsi makanan yang harus diperhatikan penderita penyakit asam urat, ikan menjadi salah satu bahan makanan yang harus diperhatikan kandungan zat purinnya.

Untuk penderita asam urat, tidak semua jenis ikan baik untuk dikonsumsi. Mengingat beberapa jenis ikan memiliki zat purin yang tinggi, penderita asam urat sebaiknya memperhatikan jenis ikan apa yang hendak mereka konsumsi. Beberapa jenis ikan seperti  teri, sarden kalengan, tout, dan tuna menjadi jenis ikan yang wajib untuk dihindari karena memiliki kandungan zat purin yang relatif tinggi. Ikan jenis tersebut memiliki kandungan purin antara 150-850 miligram tiap 100 gram.

Berikut ini, merupakan rekomendasi beberapa jenis ikan yang boleh dimakan penderita asam urat:

1. Belut

Belut merupakan jenis ikan yang kerap kali kita temui sebagai lauk atau bahan makanan yang mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional, maupun super market. Belut menjadi jenis ikan rekomendasi pertama yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Belut memiliki kandungan zat purin yang sangat rendah, yaitu 64 miligram/100 gram. Belut dengan kandungan zat purin tersebut akan didapatkan apabila belut diolah dengan cara diasapi.

Baca juga: Penyebab Asam Urat.

2. Ikan Makarel

Ikan makarel merupakan jenis ikan laut dengan sebutan lain ikan tenggiri atau ikan kembung. Ikan ini merupakan jenis ikan yang kaya akan kandungan Omega-3 dan rendah kandungan purin. Ikan makarel memiliki zat purin sebanyak 145 miligram/100 gram. Meskipun memiliki zat purin yang hampir mendekati level menengah, namun ikan ini masih aman untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat dengan jumlah konsumsi yang dibatasi dan menghindari pengolahan dengan cara menggoreng.

Baca juga: Tanda-Tanda Asam Urat.

3. Ikan Haddock

Ikan jenis ini hidup di perairan asin. Ikan ini menjadi salah satu ikan rekomendasi yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Selain kandungan zat purin yang masih ada dalam batas wajar, ikan jenis ini memiliki kandungan omega-3 yang relatif tinggi. Ikan jenis ini memiliki kandungan zat purin sebanyak 139 miligram/100 gram. Kandungan zat purin ikan ini masih aman dikonsumsi oleh penderita asam urat dengan jumlah konsumsi yang terbatas dan menghindari pengolahan secara digoreng.

Baca juga: Sayur untuk Asam Urat.

4. Ikan Kod

Ikan kod merupakan jenis ikan yang hidup di perairan laut lepas. Ikan ini sangat familiar akan minyak hati yang dikenal kaya vitamin dan asam lemak omega-3. Ikan ini menjadi rekomendasi selanjutnya bagi penderita asam urat yang hendak mengonsumsi ikan. Ikan yang juga kaya omega-3 ini, memiliki kandungan purin level menengah, yaitu sebanyak 109 miligram/100 gram. Meskipun memiliki kandungan zat purin yang tidak sebanyak ikan haddock dan ikan makarel, konsumsi ikan kod untuk penderita asam urat seharusnya tetap dibatasi dan menghindari pengolahan secara digoreng dan menjaga kadar sodium yang ada agar tetap rendah.

Baca juga: Bahaya Asam Urat.

Sponsors Link

5. Ikan Sole

Ikan sole atau lebih dikenal sebagai ikan sebelah, merupakan jenis ikan rekomendasi yang dapat dipilih oleh penderita asam urat. Ikan ini memiliki kandungan zat purin sebanyak 131 miligram/100 gram. Dengan jumlah konsumsi yang dibatasi dan saran pengolahan yang tepat, ikan jenis ini dapat dijadikan variasi menu makanan bagi penderita asam urat yang ingin mengonsumsi ikan.

Baca juga: Obat Asam Urat di Apotik.

6. Ikan Kakap Merah

Ikan kakap merah dapat dijadikan menu ikan variasi bagi penderita asam urat. Ikan yang sangat familiar di kalangan pencinta kuliner ini dapat dijadikan salah satu opsi yang menarik untuk dikonsumsi penderita asam urat. Dengan pengolahan cara filet dan menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon, ikan jenis ini dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat. Jangan lupa, perhatikan jumlah konsumsinya.

Baca juga: Pengobatan Asam Urat.

7. Ikan Sembilang

Ikan sembilang atau lele laut, merupakan rekomendasi ikan yang patut dicoba bagi penderita asam urat. Ikan jenis ini memang sudah dikenal sebagai ikan yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia. Apabila dikonsumsi dalam jumlah terbatas dan diolah dengan memperhatikan kandungan sodium dan lemak jenuhnya, ikan ini dapat menjadi salah satu menu ikan variasi bagi penderita asam urat.

Baca juga: Cara Mencegah Asam Urat.

8. Ikan Pike-Perch

Ikan ini memang tidak terlalu familiar di Indonesia, namun ikan ini menjadi rekomendasi menu ikan untuk penderita asam urat. Dengan cara difilet dan memberi perasan jeruk nipis atau lemon untuk menjaga kadar sodiumnya, ikan ini layak dicoba oleh penderita asam urat. Namun, perhatikan jumlah konsumsinya, karena ikan ini memiliki kandungan zat purin sebanyak 110 miligram/100 gram.

Baca juga: Fungsi Asam Urat.

ads

9. Ikan Tilapia

Ikan tilapia atau ikan nila merupakan ikan yang masuk dalam rekomendasi ikan yang boleh dimakan penderita asam urat. Ikan nila merupakan ikan yang hidup di air tawar. Ikan jenis ini dapat dijadikan variasi menu ikan bagi penderita asam urat. Hindari cara pengolahan dengan cara menggoreng dan mencampur garam terlalu banyak atau menambahkan bumbu bersodium tinggi.

Baca juga: Perbedaan Asam Urat dan Rematik.

10. Ikan Carp

Ikan carp, atau lebih dikenal sebagai ikan mas adalah jenis ikan yang sangat digemari oleh pencinta kuliner. Ikan ini tampaknya akan menambah variasi menu ikan yang direkomendasikan untuk penderita asam urat. Masih sama, dengan memperhatikan pengolahannya, bumbu yang ditambahkan dalam masakan ikan tersebut, dan jumlah konsumsi yang dibatasi, adalah cara yang baik untuk mengantisipasi tidak stabilnya kadar asam urat yang dimiliki oleh seseorang dengan asam urat, pasca mengonsumsi makanan berbahan dasar ikan tersebut.

Pada dasarnya, masih banyak jenis-jenis ikan lain yang belum disebutkan sebagai ikan rekomendasi bagi penderita asam urat. Selain mudah ditemukan di pasar tradisional dan pusat belanja kebutuhan yang lainnya, ikan-ikan jenis tersebut merupakan ikan dengan kandungan zat purin yang masih dalam batas wajar untuk konsumsi penderita asam urat.

Baca juga: Suplemen untuk Asam Urat.

Cara Mengolah Ikan untuk Penderita Asam Urat

Berikut ini merupakan saran pengolahan ikan yang sebaiknya dilakukan oleh penderita asam urat untuk meminimalisir meningkatnya kadar asam urat tubuh pasca mengonsumsi makanan dari olahan ikan, yaitu:

  • Hindari pengolahan ikan dengan cara menggoreng atau deep fried menggunakan minyak goreng, gunakanlah cara lain seperti mengasap, memanggang, atau merebus;
  • Gunakanlah tambahan minyak zaitun atau canola sewaktu memanggang ikan yang telah di filet;
  • Untuk menjaga kadar sodium yang rendah, tambahkanlah perasan jeruk nipis segar atau lemon;
  • Gantilah campuran bumbu bersodium tinggi dan penggunaan garam yang terlalu banyak, dengan menggunakan campuran rempah-rempah.

Baca juga: Jenis Penyakit Asam UratJenis Penyakit Asam Urat Akut.

Selain memperhatikan jenis ikan yang akan dikonsumsi dan cara pengolahannya, sebaiknya penderita asam urat maupun pembaca yang lain memperhatikan ikan yang akan diolah. Ikan yang baik untuk dikonsumsi merupakan ikan yang masih baru dan segar. Berikut ini merupakan langkah-langkah sederhana yang perlu dicoba, ketika hendak memastikan apakah ikan tersebut masih dalam keadaan segar atau sebaliknya:

  • Tekan bagian tubuh ikan, apabila tubuhnya terasa padat dan tidak lembek ketika disentuh;
  • Ikan yang segar akan terlihat mengkilap pada bagian kulit atau sisiknya, sebaliknya jika terlihat kusam bisa jadi ikan tersebut merupakan ikan stok lama;
  • Insang yang bersih dan berwarna merah terang, merupakan tanda ikan yang masih segar;
  • Mata yang terlihat cerah, penuh, dan berkilau adalah tanda ikan segar, namun apabila mata terlihat cekung dan kusam, bisa jadi ikan tersebut sudah tidak segar;
  • Apabila ikan berbau aneh dan memiliki bau amis yang berlebihan, bisa jadi ikan tersebut sudah tidak segar.

Baca juga: Manfaat Lemon untuk Asam UratManfaat Jahe untuk Asam Urat.

Dengan memperhatikan rekomendasi ikan yang boleh dimakan penderita asam urat serta tips-tips yang ada di atas, penderita asam urat kini sudah tidak perlu khawatir akan kadar asam uratnya pasca mengonsumsi makanan berbahan dasar ikan. Berbekal rekomendasi jenis-jenis ikan yang rendah zat purin, cara pengolahan ikan yang tepat, sera memperhatikan pemilihan ikan segar yang baik, penderita asam urat dapat mengelola menu makanan yang bergizi dan tidak meningkatkan kadar asam urat. Asalkan dengan konsumsi yang dibatasi, beberapa jenis ikan masih layak untuk dijadikan lauk bagi penderita asam urat. Selamat mencoba.

, , ,