Sponsors Link

Jamu Asam Urat Mahkota Dewa – Khasiat, Efek Samping dan Cara Penggunaan

Sponsors Link

Berbicara mengenai mahkota dewa, pasti sudah tidak asing lagi jika tanaman satu ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan mengobati berbagai jenis gangguan kesehatan secara alami. Mahkota dewa yang sudah dikenal sebagai salah satu obat herbal ini dapat dimanfaatkan daun maupun buahnya untuk mengatasi penyakit, termasuk sebagai obat herbal untuk asam urat tinggi.

ads

Kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh bisa memicu terjadinya berbagai hal seperti peradangan, gangguan pada persendian tulang, gangguan organ ginjal atau lainnya yang mana dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai jamu asam urat mahkota dewa baik dari segi khasiatnya, efek sampingnya hingga bagaimana cara membuat dan menggunakannya untuk mengobati asam urat. Simak pembahasannya berikut ini.

Asam urat sebenarnya merupakan zat yang diproduksi oleh tubuh secara alami, yang merupakan hasil dari proses metabolisme purin dalam tubuh dan akan dieksresikan melalui urin. Jika produksi asam urat ini berlebihan, akan mengakibatkan tubuh kehilangan kontrol dan menjadi penyebab batu asam urat menumpuk di persendian ataupun di organ ginjal. Apabila kondisi ini dibiarkan akan menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius dan fatal, karena akan mempengaruhi kerja anggota gerak dan organ tubuh lain. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan memanfaatkan jamu asam urat mahkota dewa, karena memiliki beberapa khasiat seperti berikut ini:

  • Membantu menurunkan kadar asam urat secara alami, karena memiliki kandungan senyawa flavonoid yang merupakan suatu antioksidan. Penurunan kadar asam urat dalam tubuh perlahan-lahan dapat mengatasi asam urat dan membuatnya menjadi sembuh.
  • Mengatasi nyeri dan sakit pada persendian tulang akibat penumpukan kristal asam urat, serta mencegah terjadinya gangguan tulang yang lebih serius. Sehingga jamu mahkota dewa dapat dijadikan pertolongan pertama pada asam urat jika tidak ingin mengkonsumsi obat obatan kimia.
  • Mengatasi pembengkakan yang biasanya terjadi pada jempol kaki, karena mahkota dewa memili khasiat sebagai senyawa anti inflamasi atau anti radang. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya infeksi yang bisa saja menyerang pada area nyeri atau peradangan.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya akan kandungan antioksidan, yang dapat membantu percepatan penyembuhan asam urat dan mencegah orang yang sehat mengalami asam urat.

Setelah mengetahui beberapa manfaat jamu asam urat mahkota dewa di atas, tentunya harus diwaspadai juga efek samping yang bisa saja timbul. Kabar baiknya, jamu mahkota dewa ini akan membantu tubuh dalam mengatasi tanda-tanda asam urat dan menurunkan kadarnya dalam tubuh tanpa menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan. Kuncinya adalah dengan mengkonsumsi jamu mahkota dewa sesuai anjuran. Selain itu, jika ingin mengkonsumsinya bersamaan dengan obat obatan kimia harus dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanaannya.

Beberapa kondisi yang bisa terjadi jika asam urat tidak ditangani adalah seperti munculnya gangguan kesehatan lain seperti rematik atau batu ginjal. Untuk mencegah gangguan tersebut secara alami dan mengatasi penyebab asam urat sering kambuh, bisa dibuat jamu asam urat mahkota dewa. Berikut ini adalah beberapa langkah pembuatan jamu mahkota dewa:

Pertama, siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Persiapkan 5 buah mahkota dewa yang telah dibersihkan dan 5 gelas air.
  • Masukkan buah mahkota dewa dan air ke dalam panci, lalu rebus dengan api sedang.
  • Biarkan hingga mendidih dan airnya tersisa setengahnya saja.
  • Saring airnya, jamu siap dikonsumsi.

Kedua, cara mengobati asam urat dengan mahkota dewa adalah:

  • Satu kali pembuatan jamu adalah untuk konsumsi dalam satu hari, jangan disimpan untuk hari selanjutnya.
  • Konsumsi jamu tersebut maksimal tiga kali dalam sehari untuk meredakan nyeri akibat asam urat dan kondisi membaik.
  • Jamu tidak dikonsumsi jangka panjang atau secara terus menerus.

Apabila tidak ingin repot membuat jamu mahkota dewa untuk asam urat di atas, sekarang ini sudah banyak kapsul atau obat herbal kemasan yang bisa digunakan dengan praktis, seperti:

  • Kopi Al Jannah Mahkota Dewa, yang dibuat dari mahkota dewa dan berbagai herbal lain diracik menjadi kopi herbal untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, bukan hanya berkhasiat sebagai jamu asam urat
  • The Mahkota Dewa Ekstrak Sirih Merah dari Salam Nusantara, yang di dalamnya mengandung mahkota dewa kering dikombinasikan dengan teh hijau, benalu teh dan sirih merah untuk mengatasi berbagai penyakit.
  • Produk lainnya seperti The MHS, Teh Tarek Al Jannah Mahkota Dewa, Kencono Sari Mahkota Dewa dan lain sebagainya.

Demikian bahasan mengenai berbagai macam khasiat, efek samping dan cara pemanfaatan jamu asam urat mahkota dewa. Semoga bermanfaat.

, , ,



Oleh :
Kategori : Herbal