Sponsors Link

5 Jamu Kolesterol dan Asam Urat Tinggi yang Aman dan Ampuh

Sponsors Link

Kolesterol dan asam urat menjadi penyakit yang sering dijumpai pada masyarakat. Hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya jenis makanan yang memicu tingginya kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh.

ads

Asam urat erat kaitannya dengan zat purin yang telah diproses melalui sistem metabolisme namun tidak bisa dibuang melalui urin sehingga menumpuk di persendian. Penyakit yang menyebabkan nyeri akut dan peradangan ini menyerang seseorang yang melakukan berbagai pantangan bagi penyakit asam urat dan terlalu sering mengonsumsi makanan dengan zat purin tinggi seperti jeroan, hasil ikan laut, daging merah, dan lain-lain. Makanan penyebab asam urat ini sangat lezat dan bisa diolah menjadi berbagai masakan harian maupun perayaan tertentu sehingga sulit dihindari.

Sementara penyakit kolesterol menyerang akibat penumpukan lemak jahat yang terlalu banyak dalam tubuh. Lemak ini berasal dari makanan seperti mentega, biskuit, santan, kuning telur, makanan yang digoreng, dan lain-lain. Faktor keturunan, kebiasaan hidup tidak sehat, dan obesitas juga meningkatkan kemungkinan penyakit kolesterol dalam tubuh. Sama halnya dengan penyakit asam urat, tingginya kolesterol juga mengganggu aktivitas ketika gejala terjadi, seperti kesemutan, nyeri punggung dan leher, sering mual dan muntah, hingga hilangnya keseimbangan serta kesadaran diri.

Kedua penyakit tersebut yakni asam urat dan kolesterol tinggi dapat disembuhkan atau diredakan gejalanya melalui tindakan pengobatan. Baik obat-obatan kimia seperti pil, tablet, dan kapsul maupun obat alami seperti ramuan dan jamu sama-sama baik untuk mengobati kedua penyakit. Namun, obat alami seperti jamu memiliki sedikit risiko efek samping sehingga tidak perlu mengkhawatirkan komplikasi yang berkaitan dengan penyakit lain karena reaksi bahan kimia tertentu. Berikut ini beberapa jamu kolesterol dan asam urat yang dapat dicoba:

1. Jamkho

JAMKHO (1)Jamu ini mampu mengatasi asam urat sekaligus kolesterol. Dengan meningkatkan kadar kolesterol yang bersifat baik serta menurunkan kadar kolesterol bersifat buruk, jamkho juga telah terdaftar di BPOM. Jamu yang juga mampu menurunkan tingkat trigliserida ini biasa dijual pada kemasan botol dan telah dibuktikan kemampuannya oleh beberapa ahli herbal. Bahan-bahan pembuat jamkho antara lain mahkota dewa, mengkudu, pegagan, kurkuma, gula aren, embrio nektar madu, dan bahan herbal lain yang diproses melalui teknologi nano.

 

2. Tawon Liar

tawon liarJamu tawon liar, salah satu jamu yang dikemas dalam bentuk kapsul ini terbuat dari bahan herbal seperti ginseng, kurkuma, royal jeli, dan lain-lain. Jamu multikhasiat ini tidak hanya mengatasi gejala asam urat dan kolesterol saja, tetapi juga menambah stamina, masuk angin, kesemutan, dan rematik. Namun perlu diingat bahwa konsumsi jamu tawon liar hanya dilakukan ketika gejala sedang menyerang tiba-tiba saja, tidak perlu terjadwal atau berlebihan.

 

 

3. Jamu Samuraten

Khasiat Obat Herbal Asam Urat SamuratenMengandung ekstrak kulit manggis dan daun sirsak sebagai bahan utama, jamu Samuraten dapat meredakan gejala asam urat serta mencegah kanker, mengobati rematik, diabetes, alergi, dan sakit punggungg. Kulit manggis mengandung zat xanthone tinggi sebagai antioksidan dan menyembuhkan sel tubuh yang rusak. Sementara daun sirsak telah teruji dalam menyembuhkan kanker dan memiliki kandungan senyawa proaktif yang jarang terdapat pada buah lainnya.

Sponsors Link

4. Jamu Yaostein BS

Produk-Yaostein-BSJamu kolesterol dan asam urat yang baru booming karena kandungan ekstrak daun sirsak dan kulit manggis ini mampu menurunkan asam urat dan kolesterol jahat sehingga dapat dicoba. Jamu yang telah memiliki hak paten ini dikemas dalam kapsul dan mudah ditemukan di apotik maupun agen resmi di berbagai kota. Jamu Yaostein BS juga diyakini ampuh menyembuhkan pegal linu, sakit kepala, rematik, insomnia, hingga stroke ringan. Namun wanita hamil dan menyusui tidak boleh mengonsumsi jamu ini.

 

5.  Jamu Montalin

Jamu montalin juga dikemas dalam bentuk kapsul seperti kebanyakan jamu lainnya sehingga praktis untuk dibawa ketika bepergian. Jamu Montalin berkhasiat mengatasi gejala asam urat dan menurunkan kolesterol jahat, di samping meredakan pegal linu, rematik, menyembuhkan pembekuan darah dan bronkitis. Jamu ini sebaiknya dikonsumsi ketika gejala menyerang saja, tidak perlu berlebihan seperti rutin terjadwal.

Jamu memiliki kandungan herbal yang tinggi, mulai dari keseluruhan maupun dipadu dengan bahan kimia rendah risiko. Anda dapat memilih jamu yang sesuai dengan kebutuhan, apakah berbentuk kapsul yang dapat dibawa ketika di luar rumah namun air harus tersedia, atau berbentuk sirup tetapi harus benar-benar dijaga agar tidak tumpah.

Anda juga dapat mencoba untuk membuat jamu asam urat dan kolesterol alami dengan resep rumahan yang terpercaya dan aman melalui tutorial dari buku maupun website yang berkualitas. Bahan yang biasa digunakan pun dapat ditemukan pada rumah tangga, seperti seledri, temulawak, jahe, kunyit, bawang, akar manis, dan lain-lain. Namun Anda juga harus berhati-hati dalam membuat jamu sendiri terkait dengan dosis dan kemungkinan masuknya bakteri dari lingkungan luar.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal