Sponsors Link

Jenis Pisang Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat dan Tips Memilihnya

Sponsors Link

Buah pisang merupakan salah satu buah yang tubuh dengan sangat subur di Indonesia. Buah ini biasanya sering digunakan sebagai salah satu buah untuk menjalani diet. Kandungan yang ada di dalam pisang sangat diyakini bisa membantu untuk diet dan kandungan gizi nya juga sangat tinggi. Hanya dengan mengkonsumsi 1 buah pisang, Anda bisa menahan rasa lapar selam 3 jam. Sehari tidak heran jika orang yang sedang diet mengkonsumsi pisang.

ads

Kandungan Buah Pisang:

  1. Air (68%)
  2. Gula (25%)
  3. Protein (2%)
  4. Lemak dan minyak (1%)
  5. Serat selulosa (1%)
  6. Vitamin D
  7. Vitamin Z
  8. Sodium
  9. Potasium
  10. Magnesium
  11. Seng
  12. Vitamin B1, B2, B6, dan B12 (100mg/100g)
  13. Kalsium (100mg/100g)
  14. Fosfor
  15. Besi

Lalu apakah pisang baik untuk asam urat? Tentu saja! Kandungan yang ada dalam pisang bisa membantu mengatasi penyakit asam urat . Berikut adalah jenis pisang yang baik untuk asam urat dan tips memilih nya.

Manfaat Buah Pisang Untuk Asam Urat

Dengan mengkonsumsi pisang Anda bisa melakukan diet rendah purin dengan baik dan mendapatkan manfaat seperti berikut:

  • Penyembuhan asam urat dengan cepat

Pisang memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi. Pottasium merupakan zat yang akan membantu penyembuhan asam urat dengan sangat cepat. Dalam satu buah pisang dengan ukuran 22 cm, Anda bisa mendapatkan kandungan potassium sebanyak 602 mg. Sehingga secara tidak langsung pisang bisa menjadi obat herbal untuk asam urat.

  • Mengurangi peradangan akibat asam urat

Peradangan adalah yang biasa terjadi pada penderita asam urat dan melupakan tanda-tanda asam urat paling utama. Pengendapan purin didalam sendi yang dibiarkan dalam waktu lama akan menyebabkan peradangan hingga bengkak dan rasa nyeri yang luar biasa. Dengan mengkonsumsi pisang 8-9 buah dalam jangka wkatu 3-4 hari bisa membantu Anda untuk mengurangi adanya peradangan pada sendi akibat pengendapan asam urat.

  • Menghancurkan penumpukan asam urat

Pisang juga diyakini bisa menghancurkan penumpukan asam urat yang ada dalam sendi, dan mengeluarkannya dengan cepat melalui urin. Dengan demikian penurunan purin yang menjadi pemicu asam urat bisa dibantu dengan mengkonsumsi pisang secara rutin.

  • Penyerapan asam urat

Serat yang ada dalam pisang juga diyakini mampu menyerap asam urat dan juga menurunkan kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah.

Namun, ada catatan penting untuk penderita asam urat, walaupun pisang mempunyai manfaat cukup baik seperti yang disebutkan diatas, sebaiknya Anda juga membatasi asupan nya agar tidak memberikan efek bumerang dan bukannya menyehatkan malah akan memberikan masalah pada tubuh. Dalam 1 hari Anda bisa mengkonsumsi 2-3 buah pisang.

Sponsors Link

Tips Memilih Pisang

Setelah Anda mengetahui kandungan dan manfaat yang ada dalam buah pisang, Anda tinggal memilih pisang yang baik untuk dikonsumsi. Berikut adalah cara memilih pisang yang baik:

1. Melihat pada warna kulitnya

Untuk tips pertama Anda bisa coba lihat pada warna kulit pisang. Pilihlah pisang yang memiliki kulit berwarna kuning cerah karena hal itu menandakan bahwa buah pisang sudah matang dengan baik. Jika Anda melihat pisang dengan ada bintik nya akan lebih baik Anda memilih nya, karena pisang yang memiliki bintik biasanya akan lebih manis.

2. Memperhatikan tanda pisang

Selain pada kulitnya, Anda juga sebaiknya memperhatikan tanda pisang sebelum membelinya. Pilih tanda pisang yang memiliki warna hijau, ini berarti pisang masih segar dan baru saja dipanen. Jika warnanya sudah berubah menjadi hijau sedikit kecoklatan dan agak kering, pisang tidak dalam keadaan segar.

3. Lihat tekstur nya

Kemudian Anda juga bisa melihat pada tekstur nya. Anda bisa coba memegang dan menekan buah pisang. Anda harus cermat agar bisa memastikan apakah buah pisang sudah matang atau belum.

4. Melihat pada tanda-tanda kerusakan

Anda juga sebaiknya menghindari membeli pisang dengan kondisi kulit pisang yang rusak dan hancur. Mengapa harus begitu? Karena hal tersebut menunjukan bahwa pisan disimpan dalam kondisi buruk. Kerusakan pada kulit juga bisa menandakan bahwa matang nya pisang tidak merata, dan hanya melalui proses karbit saja.

5. Memilih pisang yang biasa disimpan di udara terbuka

Sebaiknya Anda juga memilih pisang yang dijual dan disimpan di udara terbuka. Jangan membeli pisang yang disimpan dalam kondisi ruangan terlalu panas atau dingin, karena pisang akan cukup sensitive jika terkena suhu.

Itulah buah untuk asam urat yang bisa Anda manfaatkan untuk diet rendah purin. Diatas juga sudah dijelaskan mengenai jenis pisang yang baik untuk asam urat dan tips memilihnya, Anda bisa mengikuti beberapa tips diatas saat akan membeli pisang.



Oleh :
Kategori : Buah Buahan