Sponsors Link

Jenis Sayuran yang Tidak Mengandung Purin dan Aman untuk Penderita Asam Urat

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu kondisi yang dapat terjadi pada mereka dengan kadar asam urat yang lebih tinggi dari kadar asam urat normal di dalam tubuh. Penyakit asam urat dapat menyebabkan munculnya beberapa gejala yang tentunya cukup menyakitkan. Gejala asam urat tersebut terjadi akibat adanya penumpukan kadar asam urat yang melebihi ambang batasnya yakni 6,0 mg/dl untuk wanita dan 7,0 mg/dl untuk laki laki sehingga mengendap pada persendian. Gejala yang disebabkan oleh kristal asam urat berbentuk jarum di daerah persendian adalah bengkak dan nyeri hebat.

ads

Penyakit asam urat saat ini bukan lagi diderita oleh para kaum lansia yang memang sudah memiliki keterbatasan pada beberapa fungsi tubuh salah satunya pada proses metabolisme zat purin dan ekskresi asam urat, namun juga mulai banyak mereka dengan usia muda yang juga menderitanya. Kondisi penyakit asam urat yang diderita oleh mereka dengan usia relatif muda disebabkan oleh kondisi gaya hidup yang tidak sehat termasuk terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan purin terlalu tinggi. 

Untuk mengatasi kondisi penyakit asam urat dan mencegahnya dapat kambuh kembali maka hal yang perlu dilakukan penderitanya selain mengkonsumsi obat obatan adalah mengatur pola makan dan menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi. Beberapa jenis sayuran juga termasuk dalam makanna yang mengandung purin tinggi sehingga penderita harus selektif memilih sayuran yang aman dikonsumsi. Berikut ini beberapa jenis sayuran yang tidak mengandung purin dan aman dikonsumsi pada penderita asam urat dalam ulasan di bawah ini. 

  1. Kubis

Sayuran pertama yang tidak memiliki kandungan purin adalah kubis untuk asam urat yang biasa digunakan dalam beberapa masakan seperti sop, rawon, dan juga dapat digunakan sebagai lalapan. Selain tidak memiliki kandungan purin, kubis juga merupakan salah satu sayuran dengan sifat diuretik. Sifat diuretik pada kubis tersebut dapat membantu proses ekskresi asam urat di dalam tubuh sehingga kadarnya tetap dapat terjaga dengan baik. Meskipun aman, kubis memiliki efek samping sebagai sayuran yang dapat memicu gas pada lambung dan menyebabkan kembung sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. 

  1. Kembang kol

Kembang kol merupakan jenis sayuran yang tidak mengandung purin lainnya dan banyak dimanfaatkan dalam beberapa bentuk masakan seperti tumis dan sop bening. Kembang kol selain tidak mengandung purin dan aman dikonsumsi oleh penderita asam urat juga memiliki sifat diuretik yang sama dengan kubis sehingga dapat membantu mengekresi atau mengeluarkan asam urat melalui ginjal yang dapat menyebabkan kadarnya terjaga. Kembang kol juga dikenal sebagai salah satu sayuran dengan kandungan vitamin C yang dapat membantu menjaga kondisi kesehatan penderita asam urat selalu dalam keadaan yang baik baik saja.

  1. Brokoli

Brokoli menjadi jenis sayuran yang tidak mengandung purin selanjutnya sehingga dapat dikonsumsi dan tidak menimbulkan peningkatan kadar asam urat di dalam darah bagi para penderita asam urat. Selain tidak mengandung purin, brokoli juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap radikal bebas juga mampu menstimulus tubuh untuk dapat mengeluarkan asam urat sehingga kadarnya di dalam darah bisa selalu terjaga dengan baik dan tidak menyebabkan kondisi serangan asam urat kembali kambuh dengan mudah. 

  1.  Mentimun

Mentimun saat ini dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang sangat baik bagi kesehatan dan bahkan sedang cukup populer di jadikan sebagai infus water. Mentimun atau timun yang biasanya digunakan dalam lalapan tersebut ternyata tidak mengandung purin yang aman dikonsumsi bagi penderita asam urat. Mentimun selain tidak mengandung purin juga memiliki kandungan senyawa baik bagi tubuh diantaranya seperti alkalin, vitamin C, dan kalium. Mentimun juga dipercaya digunakan sebagai bahan detoksifikasi yang dapat membantu mengeluarkan asam urat berlebih di dalam darah.

  1.  Jamur

Jamur menjadi jenis sayuran yang belakangan ini cukup populer dimasak dalam berbagai olahan termasuk menjadi jamur crispy. Jamur dengan kandungan karbohidrat, protein, dan senyawa bermanfaat lainnya baik untuk kesehatan tubuh serta termasuk jenis sayuran yang tidak mengandung purin. Karena tidak adanya kandungan purin di dalam jamur menjadikan jenis sayuran tersebut cukup aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat.

  1.  Bayam

Bayam mungkin menjadi salah satu jenis sayuran yang sebenarnya memiliki kandungan purin dalam jumlah kecil namun menurut beberapa pakar kesehatan, kandungan purin yang kecil di dalam sayuran bayam tersebut tidak akan memberikan pengaruh bagi kadar asam urat di dalam darah. Kondisi tersebut menjadikan bayam dapat dikonsumsi oleh para penderita asam urat tanpa harus khawatir akan dapat menyebabkan terjadinya serangan penyakit asam urat.

  1.  Sayuran lainnya

Selain jenis jenis sayur untuk asam urat tinggi diatas, ada beberapa sayuran lain yang sebenarnya masih memiliki kandungan purin dalam jumlah yang minim dan tidak akan mempengaruhi kadar asam urat di dalam tubuh serta aman dikonsumsi bagi para penderita asam urat. Beberapa sayuran yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat tersebut diantaranya seperti tomat, wortel, kentang, dan lain sebagainya. Beberapa sayuran tersebut selain aman bagi penderita asam urat tentunya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Itulah beberapa jenis sayuran yang tidak mengandung purin dan aman dikonsumsi oleh para penderita asam urat tanpa takut adanya peningkatan kadar asam urat dan kambuhnya gejala penyakit tersebut di dalam tubuh. Selain aman dikonsumsi, beberapa sayuran yang disebutkan juga memiliki manfaat dalam membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh yang terlalu tinggi.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Sayuran