Sponsors Link

Manfaat Jus Nanas, Lobak, Kemiri untuk Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Penyakit asam urat sebagai akibat konsumsi zat purin yang berlebihan dalam tubuh. Purin seharusnya diolah tubuh jadi asam urat, tapi saat kadar asam urat berlebihan, ginjal jadi tidak mampu mengeluarkan dan membuat tumpukan kristal asam urat pada persendian. Ini yang membuat sendi-sendi tubuh terasa nyeri, bengkak bahkan meradang.

ads

Asam urat merupakan penyakit sisa metabolisme purin yang diakibatkan sisa makanan yang telah kamu konsumsi. Purin adalah zat yang bisa kamu temukan dalam setiap bahan makanan dari daging apa pun. Saat kamu memakang daging, otomatis zat purin pada daging itu berpindah ke dalam tubuh kamu.

Tidak hanya daging saja, sayuran dan buah juga mengandung purin, zat purin dihasilkan akibat perusakan sel-sel tubuh baik secara normal ataupun akibat penyakit tertentu. Penyakit asam urat sendiri sering ditemukan pada orang-orang usia lanjut, akibat penumpukan purin.

Selain itu ada banyak sekali informasi yang beredar, menyebutkan jika minuman berbahan dasar nanas, lobak putih, dan tiga biji kemiri dapat membantu mengurangi bahkan mengobati penyakit asam urat. Mengingat kandungan dan manfaat dari masing-masing bahan makanan ini sangatlah besar. Sehingga tidak perlu diragukan lagi khasiat dari minuman ini bisa mengatasi asam urat.

Kandungan Lobak Putih

Kandungan dari umbi lobak putih antara lain vitamin A, B1, B2, lalu ada kandungan niasin, minyak atsiri, kalsium, serat kasar, kolin, zat besi, fosfor, dan asam oksalat. Bahkan kandungan daun lobak putih sangat kaya akan vitamin A dan C, minyak atsiri, bahkan bijinya mengandung minyak lemak dan minyak atsiri 30-40 persen. Zat-zat ini juga mengandung antibiotik yang ampuh untuk beberapa jenis bakteri serta antioksidan. Manfaat lobak putih untuk asam urat juga besar sekali.

Kandungan Nanas Matang

Berbagai macam nanas seperti nanas Honi Sunpride yang terkenal ternyata mampu mengobati penyakit asam urat bahkan yang sudah kronis sekalipun. Kandungan bromelain pada nanas ternyata mampu menghambat protein sebagai penyebab menumpuknya asam urat dalam tubuh. Enzim dalam nanas juga mempunyai sifat anti-inflamasi guna mengurangi peradangan akibat asam urat.

Kandungan Kemiri

Kemiri merupakan bumbu masak yang memiliki kandungan bermanfaat buat kesehatan tubuh. Kandungan kemiri sangat kaya akan serat, vitamin E dan B1, tembaga, mineral, magnesium, asam linoleat, asam minyak, gliserida, protein, serta zat lemak. Jadi tidak heran jika ramuan ini mampu mengurangi bahkan mengobati penyakit asam urat, berikut resep ramuan untuk asam urat yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Resep Jus Nanas, Lobak, Kemiri untuk Asam Urat

  • Nanas matang satu buah, bisa menggunakan yang berukuran sedang
  • Lobak putih kurang lebih 250 gram
  • 3 buah kemiri
  • Bahan-bahan ini cukup dijus sekaligus, lalu diminum sekaligus serta bisa diulang 3 bulan sekali. Tapi tentu saja setiap orang mempunyai kondisi asam urat yang berbeda sehingga masih tidak dapat dipastikan berapa lama dan berapa banyak yang perlu diminum agar bisa sembuh dari penyakit asam urat.

Selain meminum ramuan ini, ada baiknya kamu sebagai penderita asam urat menghindari beberapa pantangan bagi penyakit asam urat seperti berikut:

  • Jeroan: seperti hati, usus, otak, paru-paru, limpa, ginjal serta babat.
  • Aneka Seafood (makanan laut): seperti gurita, kerang, udang, kepiting, sotong, cumi-cumi, tiram, remis, ikan teri, serta ikan sarden.
  • Makanan kaleng : seperti sarden, daging sapi, kornet sapi, serta daging babi).
  • Daging : seperti daging kambing, daging sapi, daging kerbau, daging babi dan daging kuda.
  • Sayuran: seperti bayam, kembang kol, asparagus, kangkung, jamur kuping, buncis, daun singkong/ubi, daun pepaya, serta cabe/lombok.

Demikian pembahasan mengenai kandungan jus nanas, lobak, kemiri untuk asam urat tinggi yang bisa membantu penyembuhannya. Semoga bermanfaat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal