Sponsors Link

8 Jus Sayur Penurun Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Sponsors Link

Bagi Anda yang memiliki riwayat darah tinggi, waspadalah. Karena hal ini dapat memacu penyakit kolesterol tinggi, apabila Anda tidak menjaga pola makanan dan pola hidup sehat. Penyakit ini sangat berbahaya karena efek jangka panjangnya akan mengakibatkan komplikasi asam urat dengan penyakit jantung, diabetes, gagal ginjal dan bahkan pada tingkat kematian.

ads

Sangat menyeramkan, bukan? Untuk itu perlu adanya kontrol dan asupan yang sehat dan bergizi untuk mengatasi hal tersebut. Jika Anda menyukai buah dan sayuran sebagai makanan utama, maka itu sangatlah baik untuk menjaga kesehatan dan mengurangi resiko terhadap penyakit tertentu.

Dalam mengobati penyakit asam urat dan kolesterol tinggi, tentu tidak hanya melalui medis saja, dengan mengkonsumsi beberapa menu yang dianjurkan dapat mencegah penyakit bertambah parah. Paling tidak mampu mengatasi gejala yang ditimbulkan. Untuk mengetahui apa saja manfaat sayuran dalam mengobati penyakit asam urat dan kolesterol ini, berikut beberapa pemaparannya :

1. Jus Apel, Wortel dan Seledri

Cara membuat jus sayur untuk asam urat dan kolesterol dari campuran buah apel, wortel dan seledri ini sangat mudah, cukup sediakan beberapa bahan berikut:

  • 1 buah apel
  • 2 buah wortel atau sesuaikan kebutuhan
  • Daun seledri secukupnya

Cara membuat:

  • Cuci bersih semua buah dan sayur tersebut
  • Siapkan blender, lalu masukkan semua bahan dan haluskan
  • Sajikan dalam 1 gelas, minuman jus campuran buah sayur siap diminum

Ajuran minuman jus ini 1 kali dalam sehari, jika dirutinkan maka dapat mencegah kadar asam urat dan kolesterol tinggi.

2. Jus Timun dan Jeruk Nipis atau Lemon

Caranya hampir sama dengan cara di atas, hanya campuran bahan yang berbeda. Cukup sediakan 2 mentimun segar dan perasan air jeruk nipis atau lemon. Bersihkan semua buah dan sayur tersebut, lalu masukkan semua dan blender halus. Jus buah sayur siap disajikan, konsumsi jus segar ini 1 – 2 kali dalam sehari. Selain rasanya yang segar jika ditambah dengan es batu, juga menyehatkan tubuh Anda dalam beraktivitas.

3. Jus Tomat dan Lemon

Sayur tomat mengandung likopen yang mampu mengurangi kadar asam urat dan kolesterol dalam darah. Dengan diolah sebagai jus dapat menurunkan asam urat dan kolesterol Anda, caranya cukup bersihkan sayur tomat dan lemon, masukkan tomat yang sudah dibelah ke dalam blender, haluskan dan tambahkan perasan manfaat lemon untuk asam urat untuk memberikan rasa segar dan nikmat. Bisa ditambah sedikit madu atau gula jika diperlukan. Sajikan dan konsumsi jus sayur ini 2 kali dalam sehari.

3. Jus Akar Bit dan Lemon

Akar bit memiliki kandungan serat betacyanin yang berfungsi sebagai penghancur oksidasi kolesterol jahat, dan juga berperan dalam mencegah penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Sajian akar bit bisa dibuat olahan jus dengan campuran jeruk lemon. Khasiat yang didapat mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah Anda dan sebagai jus sayur penurun asam urat dan kolesterol.

Sponsors Link

4. Jus Wortel dan Brokoli

Sayuran ini memiliki banyak kandungan magnesium dan kalium yang sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh. Cara penyajiannya sangatlah mudah, cukup dijus campuran wortel dan brokoli, lalu disaring ampasnya, jus sehat siap dijadikan minuman sehat kaya manfaat. Sangat baik apabila ampas tidak dibuang, dapat diminum bersama dengan jus, karena bermanfaat untuk memperlancar buang air besar, karena banyak mengandung serat.

5. Sup dan Jus Brokoli ditambah Seledri 

Brokoli merupakan sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi serta kaya serat, sangat baik bagi pencernaan dan mampu menurunkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh. Jika Anda menyukai jus sayur, alternatif sayur ini bisa dicampur dengan daun seledri secukupnya, lalu sajikan jus ini sebagai minuman sehat Anda sehari – hari. Langkah kedua brokoli juga bisa diolah menjadi sayur sop lezat kaya manfaat, caranya cukup masak brokoli ditambah dengan bahan lain seperti wortel, daun seledri atau jagung. Masak dengan cara ditumis atau sup sangat enak dan lezat. Dengan rajin mengkonsumsi sayuran ini maka kadar asam urat dan kolesterol dapat terkontrol.

6. Sayur Buncis 

Siapa sangka sayur ini memiliki kandungan yang mampu menurunkan asam urat dan kolesterol jahat pada tubuh Anda, karena memiliki karbohidrat dan rendah lemak. Buncis dapat dijadikan sebagai sayuran harian Anda, cukup tumis atau dibuat sebagai sup dengan beberapa tambahan bahan lain disesuaikan dengan selera Anda. Sajikan sebagai menu utama dalam mengobati asam urat dan kolesterol Anda. Dengan rajin dan rutin mengkonsumsi sayuran ini maka kadar asam urat, trigliserida dan kolesterol jahat pada tubuh Anda dapat turun dengan cepat.

Sponsors Link

7. Sayur Okra

Sayur OkraMungkin sebagian orang sangat asing dengan nama dan jenis sayuran ini, ternyata dibalik namanya tersimpan banyak manfaat dalam mengatasi kadar asam urat dan kolesterol. Kandungan seratnya yang mampu menghambat penyerapan kolesterol sehingga tidak terjadinya timbunan plak dalam darah.

Cukup dibuat sayuran sup atau tumisan sebagai menu sayuran sehari – hari, rutin mengkonsumsi sayuran ini mampu mengatasi penyakit asam urat dan kolesterol dan mencegah terjadinya gangguan gejala penyakit jantung.

8. Sayur Kale

sayur-kale Sayur kale merupakan jenis sayuran sawi hijau, manfaat vitamin dan serat yang mampu mencegah terjadinya penumpukan plak akibat lemak jahat. Dan juga sayuran kale memiliki rendah kalori sehingga baik untuk dijadikan menu diet Anda dan mampu mencegah penyakit asam urat dan kolesterol.

Cukup olah menjadi sayuran tumisan atau juga sebagai lalapan. Selain baik untuk menjaga kesehatan juga baik sebagai anti oksidan tinggi yang dapat menjaga tubuh dari berbagai penyakit lainnya.

Dengan menjaga asupan makanan dalam tubuh Anda, maka dapat mencegah dari penyakit baik asam urat dan kolesterol, maupun penyakit lain dan sebagai asupan jus sayur penurun asam urat kolesterol. Hindari makanan penyebab asam urat yang dapat memperburuk gejala penyakit, dan rajin berkonsultasi ke dokter agar dapat mencegah semakin parahnya penyakit Anda. Semoga bermanfaat.

, , , , ,