Sponsors Link

15 Jus untuk Asam Urat Tinggi Paling Ampuh

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal penyakit asam urat? Penyakit kronis ini adalah sebuah penyakit yang dikenal secara umum oleh kebanyakan orang karena banyak hal berbahaya yang dapat timbul saat penyakit ini datang ke kehidupan seseorang. Keberadaan penyakit asam urat dapat hadir kapan saja dan dimana saja di dalam kehidupan seseorang. Oleh sebab itu, Anda patut mewaspadai penyakit ini karena Anda akan menghadapi banyak kesulitan saat diserang oleh penyakit asam urat.

ads

Pada dasarnya, penyakit asam urat merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh akumulasi zat-zat berbahaya di dalam tubuh, salah satunya lemak. Lebih jauh lagi, lemak yang menumpuk dan bertransformasi menjadi kolesterol ini akan mengikat beberapa bagian tubuh sehingga menimbulkan rasa sakit. Bagian tubuh yang diserang oleh asam urat biasanya ialah persendian manusia sehingga saat mengalami asam urat maka akan ada rasa nyeri yang menyerang bagian persendian-persendian ini.

Baca juga:

Zat jahat yang mengikat persendian manusia saat asam urat menyerang ialah zat purin. Zat ini bersifat menekan dan menusuk bagian pertemuan sendi sehingga menimbulkan rasa sakit. Selain rasa sakit, asam urat pada persendian manusia dapat menyebabkan luka memar dan pembengkakan atau inflamasi pada bagian sendi itu sendiri. Saat ini terjadi, Anda perlu mencari obat untuk mengobati asam urat yang tengah menyerang Anda.

Pengobatan asam urat sudah banyak ditemukan saat ini. Cara-cara pengobatan asam urat juga begitu beraneka ragam mulai dari cara medis (menggunakan obat-obatan hasil racikan kimiawi) maupun cara tradisional atau herbal. Namun demikian, cara-cara tradisional atau herbal terkadang menjadi pilihan masyarakat dalam mengobati penyakit asam urat yang menyerang dirinya. Oleh sebab itu, Anda juga perlu mempelajari membuat obat racikan melalui cara-cara tradisional.

Pengobatan herbal bagi penyakit asam urat sangat banyak bentuknya. Namun demikian, pengobatan herbal ini memiliki dasar yang sama yaitu menggunakan bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia. Adapun bentuk obat asam urat berbentuk herbal ada beraneka ragam, seperti daun serai, daun kelor, daun sirsak, sidaguri dan lain sebagainya. Selain daun-daunan, buah dan sayuran juga bisa diolah menjadi obat asam urat melalui jus. Anda patut mengerti cara pengolahannya sehingga obat asam urat bagi Anda akan lebih nikmat rasanya.

Baca juga:

Berbagai Olahan Jus untuk Mengobati Asam Urat

Olahan obat untuk mengobati asam urat memang banyak bentuknya. Bentuk-bentuk obat ini berupa makanan, minuman, obat-obatan hasil racikan kimiawi dan lain sebagainya. Jus merupakan salah satu bentuk obat olahan untuk mengobati asam urat. Jus adalah salah satu alternatif bagi Anda yang ingin memperoleh obat asam urat dengan rasa yang lebih nikmat. Jus untuk mengobati asam urat juga sangat beraneka ragam sehingga Anda dapat bereksplorasi untuk mendapatkannya.

Olahan jus untuk mengobati asam urat bisa berasal dari olahan sayur ataupun buah. Adapun jenis buah atau sayur untuk mengobati asam urat ada bermacam-macam dan semuanya memiliki khasiat yang tinggi dalam melawan asam urat, seperti daun serai, daun sirsak, daun kelor, sidaguri, buah jeruk, buah mangga dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, berikut adalah berbagai macam olahan jus untuk asam urat bagi kesehatan Anda:

1. Jus Apel

Olahan jus satu ini sangat populer di masyarakat. Selain karena rasanya yang enak dan nikmat, jus apel juga sangat mudah dibuat serta memiliki harga yang terjangkau. Olahan jus buh apel juga memiliki berbagai macam vitamin dan kandungan positif untuk tubuh manusia. Jika Anda ingin mengetahui kandungan, kenikmatan dan manfaat dari jus apel ini maka Anda perlu mencoba membuatnya sendiri atau membelinya.

Kandungan baik di dalam buah apel berupa vitamin C, pektin dan kalium. Khususnya pektin, buah apel memiliki khasiat untuk menghalangi penyerapan kolesterol atau lemak jahat di usus. Berkurangnya penyerapan akan kadar lemak ini akan mengurangi kemungkinan serangan asam urat pada diri Anda.

Pengolahan jus apel sebagai olahan obat asam urat sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan bahan-bahan yang diperlukan sebagai bahan jus, sebagai berikut:

  • Persiapkan 1 buah apel dan bersihkan dengan air steril serta mengalir
  • Masukkan air 200 mililiter dan potongan apel serta 1 sendok teh gula
  • Hancurkan menggunakan juicer atau blender hingga halus
  • Saring hasil olahan jus dan minum ekstraknya
Sponsors Link

Baca juga: Manfaat Sambiloto Untuk Asam Urat.

2. Jus Belimbing

Siapa yang tidak mengenal buah belimbing? Buah yang memiliki bentuk seperti bintang ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa dalam mengatasi penyakit asam urat manusia. Penyakit asam urat yang membahayakan kehidupan manusia dapat dikalahkan dengan kandungan yang luar biasa dari buah belimbing.

Selain buah apel, kandungan pektin juga dimiliki oleh buah belimbing. Kandungan pektin pada buah belimbing ini memiliki fungsi yang sama dengan kandungan pektin di dalam buah apel yaitu untuk mengurangi serapan kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, pektin ini juga berfungsi sebagai penghancur ikatan purin yang ada di dalam tubuh karena penumpukan kolesterol. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui pengolahan buah yang sangat bermanfaat ini, yaitu:

  • Sediakan 2 buah apel matang dan potong menjadi beberapa bagian
  • Masukkan 100 mililiter air, potongan buah belimbing dan pemanis (gula) ke dalam blender
  • Blender semua bahan-bahan tersebut dan saring hasilnya
  • Jus belimbing siap dikonsumsi

3. Jus Jambu Biji

Buah jambu biji adalah buah yang banyak diminati oleh kebanyakan orang. Buah ini memiliki ciri khas nikmat dan segar saat dikonsumsi. Kenikmatan buah jambu biji datang dari rasanya yang asam dan manis. Keberagaman rasa di dalam buah jambu biji membuat buah ini diminati masyarakat. Selain itu, jambu biji juga memiliki banyak sekali kandungan yang dapat diperoleh oleh konsumen salah satunya khasiat menangani penyakit asam urat.

Khasiat menangani asam urat pada jambu biji ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang ada di dalam jambu biji. Kandungan ini dapat mengikat lemak dan membuangnya keluar tubuh. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat menghancurkan zat purin.

Pengolahan jambu biji untuk dijadikan olahan jus untuk asam urat ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu membersihkan jambu biji yang telah dikupas dan kemudian mencampurkannya dengan air. Setelah itu, Anda bisa mencampur kedua bahan tersebut menggunakan blender atau juicer agar tercampur secara optimal. Setelah tercampur dengan sempurna maka Anda dapat mengonsumsi jus jambu biji tersebut.

Baca juga: Khasiat Sidaguri untuk Asam Urat.

4. Jus Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah jenis buah sekaligus sayur yang biasa digunakan oleh kebanyakan masyarakat untuk memberi citarasa masam pada makanan. Selain untuk pemberi citarasa masam, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk bahan minuman segar. Jeruk nipis sangat mudah diolah menjadi minuman yang menyegarkan bagi tenggorokan Anda.

Selain menyegarkan, tentu saja jeruk nipis memiliki berjuta manfaat karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C ini berguna untuk meluruhkan lemak-lemak di dalam tubuh sehingga mengurangi risiko datangnya penyakit asam urat. Oleh sebab itu, Anda perlu mencoba belajar mengolah buah jeruk nipis menjadi minuman yang bermanfaat menghilangkan asam urat di dalam diri Anda.

Sponsors Link

5. Jus Melon

Melon adalah buah idaman yang paling dicari oleh kebanyakan masyarakat saat haus dan lapar menyerang. Hal ini disebabkan karena buah melon memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Kandungan air yang sangat tinggi inilah yang membuat melon menjadi buah yang sangat menyegarkan saat dikonsumsi.

Selain menyegarkan, buah melon juga sangat menyehatkan. Khasiat atau manfaat buah melon dapat ditemui bagi penderita asam urat. Buah melon memiliki suatu jenis kandungan berguna, yaitu andenosin. Andenosin memiliki fungsi yang sama dengan pektin dalam apel yaitu untuk meluruhkan kolesterol atau lemak di dalam tubuh. Dengan meluruhnya kandungan tersebut maka potensi kedatangan asam urat akan jauh berkurang.

Baca juga: Manfaat Daun Serai untuk Asam Urat.

6. Jus Jeruk

Jeruk merupakan buah sejuta manfaat. Manfaat atau khasiat buah jeruk ini terlihat dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam buah jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi juga membuat jeruk dapat digunakan sebagai obat yang manjur untuk berbagai jenis penyakit, contohnya pengobatan asam urat. Oleh sebab itu, jeruk sering diolah menjadi olahan jus untuk asam urat.

Penggunaan jus sebagai obat asam urat sangatlah mudah dan praktis. Pada dasarnya, jeruk sudah memiliki 90% kandungan air sehingga Anda tidak perlu menambahkan banyak air saat menjadikannya jus. Anda hanya perlu air sebanyak 50 mililiter saat membuat jus jeruk. Selain itu, jeruk juga tidak perlu diberikan tambahan pemanis karena pada dasarnya jeruk sudah memiliki kandungan fruktosa atau gula buah alami sehingga Anda akan lebih sehat saat mengonsumsi buah ini.

7. Jus Pir

Jus pir merupakan alternatif solusi lain untuk mengatasi asam urat di dalam diri Anda. Saat Anda mengalami asam urat maka tubuh Anda memerlukan asupan nutrisi dan cairan yang cukup. Kedua hal ini bisa Anda dapatkan di dalam buah pir. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan buah pir sebagai olahan jus untuk asam urat. Mengolah buah pir untuk jus bagi asam urat tidaklah sulit bagi Anda.

Buah pir bisa diolah menjadi jus dengan cara dilarutkan atau dihancurkan bersamaan dengan air. Menghancurkan buah pir tidaklah sulit. Anda juga tidak memerlukan air yang banyak untuk menghancurkan buah pir karena pada hakikatnya pir memiliki kandungan air yang tinggi. Hal ini menyebabkan Anda akan sangat terbantu dalam menghaluskan buah pir menjadi jus yang nikmat bagi Anda.

8. Jus Strawberry

Siapa yang tidak mengenal buah strawberry? Buah dengan warna dominan merah dan memiliki bintik-bintik kuning ini memiliki citarasa asam serta manis. Buah ini juga sangat menyegarkan saat dimakan karena memiliki kandungan air yang cukup banyak. Oleh sebab itu, Anda bisa memakan buah-buahan ini untuk makanan sehari-hari Anda dan menjadi sehat.

Buah strawberry memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat. Kandungan utama di dalam buah strawberry ialah vitamin C yang berfungsi untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga berguna untuk menurunkan risiko penyakit asam urat di dalam darah. Oleh sebab itu, saat Anda ingin mengurangi kadar asam urat di dalam diri Anda silakan mencoba jus strawberry yang sangat berkhasiat ini.

ads

Pengolahan buah strawberry menjadi jus sangatlah mudah. Anda tinggal hanya menghaluskan dan menghancurkan buah strawberry bersama dengan air dan gula. Setelah semua bahan tercampur maka Anda dapat menyaring ampasnya lalu meminum ekstraknya.

Baca juga: Perbedaan Asam Urat dan Rematik.

9. Jus Wortel

Buah atau sayur wortel merupakan salah satu jenis makanan yang menyehatkan. Selain mengandung kadar vitamin A yang tinggi, wortel juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat menyehatkan. Antioksidan di dalam wortel berguna untuk menangkal berbagai macam penyakit termasuk penyakit asam urat.

Pengolahan wortel sangat beraneka ragam. Wortel dapat diolah menjadi jus yang menyehatkan dan sayuran yang lezat. Khusus olahan jus untuk asam urat, wortel dapat menjadi sebuah olahan minuman yang sangat menyegarkan. Oleh sebab itu, Anda harus mencoba mengolah wortel sebagai obat herbal bagi asam urat.

10. Jus Blueberry

Banyak orang yang belum mengenal buah blueberry karena buah ini memang jarang dijual secara luas di pasaran. Buah ini juga biasa hanya digunakan untuk momen-momen tertentu saja sehingga banyak orang yang kurang mengenalnya. Namun demikian, buah blueberry justru memiliki kadar kandungan nutrisi yang tinggi untuk tubuh jika Anda mengonsumsinya. Oleh sebab itu, Anda patut mencoba olahan jus untuk mengobati asam urat dari buah blueberry ini.

11. Jus Mentimun

Buah atau sayur mentimun memiliki berbagai macam khasiat bagi tubuh manusia. Mentimun memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga akan memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh Anda. Selain itu, mentimun juga memiliki kadar serat yang tinggi sehingga sangat baik dalam menghadapi kolesterol atau asam urat di dalam diri Anda.

12. Jus Ceri

Buah ceri memiliki kandungan yang berkhasiat dalam menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Di dalam buah ceri terdapat kandungan berguna yaitu antocyanin yang bersifat anti-inflamasi. Inflamasi bagi penderita asam urat merupakan hal yang biasa. Hal ini patut dicegah kedatangannya oleh Anda sekalian. Anda dapat mencoba membuat jus ceri yang begitu menyehatkan.

Baca juga: Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat.

13. Jus Tomat

Tomat merupakan jenis sayuran dan buah yang populer di kalangan masyarakat. Tomat memiliki kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan Anda seperti: vitamin A, vitamin C, antioksidan dan likopen. Selain itu, tomat juga berguna dalam menurunkan kadar asam urat di dalam darah Anda. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat tomat sebagai olahan jus untuk mengobati asam urat Anda

14. Jus Lemon

Lemon merupakan buah yang memiliki bentuk hampir sama dengan buah jeruk. Kandungan di dalam buah lemon juga identik dengan buah jeruk. Hal ini menyebabkan lemon juga dapat menjadi obat bagi asam urat. Anda dapat mengolah lemon menjadi olahan jus untuk mengobati asam urat dengan cara yang sama dengan mengolah buah jeruk sebagai obat asam urat.

15. Jus Anggur

Buah anggur terkenal sebagai buah yang selalu berumpun saat tumbuh dan menghasilkan banyak buah dalam sekali panen. Buah ini memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Anda dapat mempergunakan buah ini sebagai obat asam urat yang ampuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan yang beraneka ragam dari buah anggur itu sendiri. Buah anggur memiliki kandungan vitamin A, C dan lainnya untuk senantiasa memperbaharui sel-sel tubuh Anda.

Demikianlah berbagai macam buah dan sayur yang dapat Anda olah menjadi olahan jus untuk asam urat. Olahan jus ini adalah obat herbal yang sangat ampuh dalam menyembuhkan asam urat. Oleh sebab itu, Anda perlu mempelajari berbagai produk-produk herbal ini. Selamat mencoba dan sehat selalu.

, , , , , , ,
Oleh :