Sponsors Link

15 Jus Untuk Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Sponsors Link

Penyakit asam urat dan kolesterol adalah penyakit yang disebabkan adanya penumpukan suatu zat yang buruk bagi tubuh. Pada dasarnya asam urat dan kolesterol tidaklah berbahaya selama kadarnya masih dalam batasan normal yang tidak akan menjadi berbahaya bagi tubuh. Namun jika kadarnya sudah melampui batas, tentu saja akan menjadi sangat buruk untuk kesehatan. Tidak hanya akan menetap di peningkatan kolesterol dan asam uratnya saja. Jika kadarnya sudah semakin tinggi bisa juga menyebabkan terjadinya penyakit lain seperti jantung dan stroke. Peningkatan kedua zat ini bisa disebabkan karena asupan makanan yang terlalu banyak mengandung lemak dan purin sehingga berpotensi mendapatkan asam urat dan kolesterol.

ads

Baca juga:

Banyak sekali hal yang dapat menjadi faktor resiko terjadinya kedua penyakit ini. Selain karena faktor makanan, bisa juga karena faktor gaya hidup buruk seperti sering mengkonsumsi alkohol, sering merokok, sering mengkonsumsi minuman bersoda dan banyak lagi. Pada intinya, asam urat dan kolesterol tidak akan terjadi jika Anda melakukan pola hidup sehat dan menjauhkan hal-hal yang buruk pada asupan tubuh Anda. Jika Anda ingin menghindari asam urat dan kolesterol atau ternyata Anda sudah terkena asam urat dan kolesterol, Anda bisa coba mengurangi resikonya dengan mengkonsumsi buah-buahan yang dapat diolah menjadi jus. Berikut adalah 15 jus untuk asam urat dan kolesterol yang dapat Anda konsumsi secara rutin:

1. Jus Belimbing

Jus pertama yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat dan kolesterol adalah jus yang dibuat dari olahan buah belimbing. Buah yang berbentuk mirip bintan jika dipotong ini, mempunyai manfaat yang cukup tinggi. Di dalam buah belimbing terdapat kandungan pektin yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Tidak hanya untuk kolesterol, pektin berfungsi sebagai salah satu zat yang dapat menghancurkan ikatan purin dalam tubuh karena adanya penumpukan kolesterol. Baca juga: Pantangan Makanan Penderita Asam Urat.

2. Jus Apel

Selanjutnya adalah buah yang cukup popular dan disukai oleh orang banyak, yaitu apel. Apel adalah buah yang rasanya manis dan bisa diolah menjadi jus untuk diminum penderita asam urat dan kolesterol. Di dalam apel terdapat kandungan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Beberapa kandungan tersebut seperti kalium, pektin dan vitamin C. Kandungan pektin pada apel sama seperti belimbing. Manfaatnya adalah untuk menyerap adanya kolesterol dan lemak jahat yang ada dalam usus dan juga mengurangi adanya serang asam urat. Untuk mengolah buah ape menjadi jus sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampur sebuah bahan seperti ape, gula dan air lalu di blender. Baca juga: Makanan Penyebab Asam Urat.

3. Jus Jambu Biji

Selanjutnya, buah yang banyak diminati oleh orang banyak juga. Buah ini mempunyai rasa yang segar, manis dan asam. Kandungan yang ada dalam jambu biji dinilai mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh sehingga sangat bermanfaat dikonsumsi dalam bentuk jus atau dimakan langsung. Kandungan vitamin C dalam jambu biji dapat membantu menurunkan dan mengikat lemak dalam tubuh. Vitamin C juga dapat menghancurkan purin yang berlebihan dalam tubuh. Pengolahan jambu biji menjadi olahan jus, tidak terlalu sulit. Anda hanya harus membersihkan buahnya terlebih dahulu, kemudian mengupasnya dan mencampurkan air dan gula secukupnya lalu di blender. Baca juga: Buah Penyebab Asam Urat.

4. Jus Melon

Melon adalah salah satu buah yang sering dicari. Kandungan airnya yang banyak akan menciptakan rasa segar, meredakan haus dan menghilangkan rasa lapar untuk sementara. Selain menyegarkan, mengkonsumsi melon juga tentu saja sangat bermanfaat apalagi untuk penderita asam urat dan kolesterol. Didalam buah ini terdapat kandungan adenosine yang mirip dengan pektin pada buah belimbing dan apel. Manfaatnya tentu saja untuk menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam tubuh. Selain itu bermanfaat juga untuk meluruhkan kadar asam urat yang berlebihan dalam tubuh.

Baca juga:

Sponsors Link

5. Jus Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan jenis sayur sekaligus buah yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Biasanya digunakan untuk menciptakan rasa asam pada masakannya. Selain untuk masakan, jeruk nipis juga bisa dijadikan olahan jus segar untuk kemudian dikonsumsi oleh penderita kolesterol dan asam urat. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi di dalam jeruk nipis dinilai mampu meluruhkan lemak yang ada di dalam tubuh, sehingga akan mencegah terjadinya kolesterol dan asam urat semakin bertambah. Baca juga: Buah untuk Asam Urat.

6. Jus Pir

Jus pir adalah salah satu alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh. Ketika Anda mengalami gejala asam urat, maka tubuh sangat memerlukan asupan nutrisi dan juga cairan yang terpenuhi. Kedua hal tersebut bisa didapat dari jus pir. Buah pir, bisa Anda olah dengan cara diblender bersama gula dan air secukupnya. Karena pir mempunyai kandungan air cukup banyak jadi Anda tidak perlu menambahkan banyak air di dalamnya. Baca juga: Pertolongan Pertama Pada Asam Urat.

7. Jus Jeruk

Jeruk adalah buah yang mempunyai banyak kandungan manfaat. Salah satu kandungan yang ada dalam buah jeruk adalah vitamin C. Kandungan ini sangatlah tinggi sehingga membuat jeruk sangat bermanfaat untuk meringankan berbagai penyakit seperti asam urat dan kolesterol.  Penggunaan jus jeruk untuk mengobati asam urat tidak sulit dan sangat mudah, Anda hanya perlu memblendernya atau jika mau Anda juga bisa memakannya langsung. 90% kandungan yang dimiliki jeruk adalah air, sehingga saat Anda membuat jus tidak perlu menambahkan banyak air ke dalamnya, Anda juga tidak perlu menambahkan gula, sebab jeruk sudah memiliki kandungan gula yang alami. Baca juga: Obat Asam Urat di ApotikPengobatan Asam Urat.

8. Jus Wortel

Wortel juga merupakan jenis buah dan sayur yang sangat bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi. Wortel memiliki kandungan tinggi pada vitamin A, selain itu terdapat kandungan antioksidan juga yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan dalam wortel dana membantu mencegah adanya radikal bebas dan penangkalan pada penyakit termasuk kolesterol dan asam urat. Untuk mengkonsumsi wortel, ada banyak cara pengolahannya. Bisa dijadikan sayuran tumis atau bisa diolah menjadi jus. Baca juga: Obat Herbal untuk Asam Urat.

ads

9. Jus Blueberry

Blueberry adalah salah satu jenis buah yang masuk dalam kelompok buah berry dan sudah banyak dijual di pasar. Buah ini cukup jarang dikonsumsi untuk sehari-hari, karena biasanya hanya disediakan saat ada perayaan atau momen tertentu saja. Kandungan nutrisi pada buah berry cukup tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi apalagi bagi penderita asam urat dan kolesterol. Selain blueberry, ada beberapa buah berry lainnya yang dapat dijadikan jus seperti strawberry.

10. Jus Timun

Timun atau mentimun merupakan buah yang juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Buah ini mempunyai banyak sekali kandungan air, sehingga bisa menjadi pemenuhan asupan cairan pada tubuh manusia. Kandungan serat yang ada dalam buah mentimun juga sangat tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat didalam tubuh. Baca juga: Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat.

11. Jus Buah Ceri

Ceri adalah buah yang berwarna dan berbentuk bulat kecil ini mempunyai kandungan yang baik jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Dalam buah ceri terdapat kandungan anthocyanin yang memiliki sifat anti inflasi. Anda bisa mengkonsumsi ceri secara langsung atau dijadikan jus. Tidak sulit untuk mengolah ceri menjadi jus, Anda hanya perlu mencucinya terlebih dahulu kemudian mencampurkannya dengan air secukupnya. Tidak perlu menambahkan gula terlalu banyak karena pada dasarnya ceri sudah terasa manis

12. Jus Tomat

Tomat adalah sayuran dan buah yang sangat popular. Biasanya tomat selalu dijadikan pendamping masakan oleh ibu rumah tangga. Kandungan pada buah ini sangatlah memiliki banyak manfaat. Beberapa vitaminnya seperti vitamin A, C, Antioksidan dan juga likopen. Tomat juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat yang ada di dalam darah. Baca juga: Asam Urat Pada Ibu Hamil.

13. Jus Buah Lemon

Lemon adalah buah mempunyai bentuk tidak jauh berbeda dengan buah jeruk. Kandungan yang ada pada buah lemon juga hampir sama dengan yang ada pada buah jeruk. Sehingga hal ini menyebabkan lemon juga dapat menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi penderita asam urat dan kolesterol. Anda bisa mengolah lemon menjadi jus. Baca juga: Manfaat Lemon untuk Asam Urat.

14. Jus Buah Anggur

Anggur adalah buah yang terkenal sebagai salah satu buah berumpun saat tumbuh dan dapat menghasilkan banyak sekali buah saat sedang panen. Buah ini mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiatnya. Anda dapat menjadikan anggur sebagai obat untuk asam urat dan kolesterol. Kandungan yang ada didalam buah anggur sangatlah bermanfaat. Beberapa kandungan tersebut seperti vitamin C, A dan banyak lagi.

15. Jus Buah Stawberry

Siapa yang tidak mengenal buah yang masuk dalam jenis berry ini? Buah yang mempunyai warna merah dengan bintik kuning ini memiliki rasa yang manis dengan sedikit asam. Saat dikonsumsi, buah ini akan sangat menyegarkan karena kandungan air didalamnya sangat banyak. Oleh karena itu, Anda dapat mengkonsumsi strawbery setiap hari untuk cemilan atau diolah menjadi jus.

Kandungan yang ada di dalam buah ini sangatlah bermanfaat. Salah satu kandungan yang paling utama dalam buah strawberry adalah vitamin C yang dapat menguatkan sistem imun tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah ini juga dapat menurunkan resiko untuk terkena asam urat yang ada dalam darah. Sehingga mengkonsumsi buah strawberry sangatlah efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Baca juga: Penyebab Asam Urat pada Kaki.

Itulah 15 jus untuk asam urat dan kolesterol yang dapat Anda konsumsi setiap hari. Selain dengan jus, Anda sebaiknya juga menghindari makanan yang dilarang untuk asam urat dan kolesterol agar semakin membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang semakin menumpuk didalam tubuh.

, , , ,