Sponsors Link

10 Jus Untuk Penderita Asam Urat Tinggi Paling Ampuh (Teruji)

Sponsors Link

Beberapa penderita asam urat memilih jus sebagai minuman olahan yang aman untuk dikonsumsi. Jus biasanya berbahan baku buah-buahan atau sayuran segar. Bukan sembarang buah-buahan atau sayur, apabila Anda memiliki riwayat penyakit asam urat tampaknya Anda harus memperhatikan kandungan zat purin yang terkandung pada masing-masing bahan-bahan makanan tersebut. Purin merupakan zat yang benar-benar harus dihindari apabila Anda memiliki riwayat penyakit asam urat. Zat ini mampu memicu peningkatan asam urat dalam darah.

ads

Kelebihan asam urat dalam darah akan memicu pengkristalan asam urat di area persendian dalam tubuh Anda. Jus buah yang kaya vitamin C dan beberapa zat baik lainnya dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mencegah rasa sakit dan nyeri di area persendian akibat tidak terkontrolnya asam urat dalam tubuh Anda. Berikut ini merupakan buah atau sayur yang aman diolah sebagai jus untuk penderita asam urat:

1. Jus Lemon

Bukan barang baru lagi jika manfaat lemon untuk asam urat satunya adalah dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Lemon atau jeruk nipis merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar. Vitamin C yang ada dalam buah ini dapat berguna untuk menetralisir asam urat yang ada dalam darah Anda. Kadar asam urat yang tinggi di dalam darah nantinya akan mengendap dan mengkristal di area persendian dalam tubuh Anda. Pengkristalan ini dapat memicu rasa sakit, nyeri, memar, dan pembengkakan di area persendian Anda. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, Anda dapat mencampurkan 600 mililiter air dengan 2 buah jeruk nipis atau 1,5 buah lemon. Anda dapat menambahkan 4 sendok makan madu asli ke dalamnya untuk mengurangi rasa asam yang ada pada jus Anda.

2. Jus Blackberry

Apabila Anda tinggal di pedesaan, buah blackberry menjadi salah satu buah yang biasanya Anda lihat di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda. Blackberry atau murbei merupakan tanaman tropis yang mudah tumbuh dimana saja. Bagi Anda yang menderita penyakit asam urat, tampaknya Anda dapat menggunakan buah ini sebagai remidi asam urat dalam tubuh Anda. Buah ini sebenarnya dapat dimakan langsung, namun beberapa orang memilihnya untuk menjadikannya jus atau smoothie sebagai makanan olahan yang lebih kaya rasa.

Anda dapat mencampurkan 400 ml air putih dengan 20 – 25 buah blackberry berukuran sedang , dan menghaluskannya. Apabila Anda suka bereksperimen untuk mencampur buah-buahan ke dalam satu gelas jus, Anda dapat mencampurkan buah ini juga. Rendahnya zat purin dan kadar gula yang ada di dalamnya membuat buah ini cocok dicampur dengan buah lain sebagai bahan baku segelas jus.

3. Jus Stroberi

Sama seperti buah blackberry, stroberi juga masuk dalam keluarga buah berry yang memiliki segudang manfaat untuk penderita asam urat. Kandungan vitamin C dan zat anti inflamasi yang ada di stroberi dapat membantu dan mengurangi rasa nyeri pada persendian akibat asam urat. Stoberi sendiri memiliki kandungan purin sebesar 21 miligram/100 gram buah. Jumlah zat purin yang dimiliki buah ini membuatnya tampak aman untuk dikonsumsi sebagai buah harian Anda. Jus stroberi juga sangat direkomendasikan untuk Anda penderita asam urat. 8 – 12 buah stroberi yang dicampur dalam 400 – 600 ml air dapat mengganti asupan karbohidrat manis yang tubuh Anda butuhkan, sehingga Anda tidak perlu lagi mengonsumsi makanan-makanan manis seperti permen maupun cake.

4. Jus Ceri

Kandungan zat anti inflamasi dalam ceri tampaknya sudah banyak diketahui masyarakat. Zat ini mampu meredakan rasa sakit dan nyeri akibat pengkristalan asam urat pada daerah persendian Anda. Selain itu zat anti inflamasi ini mampu meredakan dan mencegah cidera pada persendian Anda di lain waktu. Buah ceri juga mengandung berbagai jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh Anda. Anda dapat membuat jus ceri tanpa tambahan pemanis buatan sebagai konsumsi jus Anda. Masukkan 15 – 30 buah ceri ke dalam 600 mili liter air, kemudian haluskan. Anda juga bisa menambahkan sedikit es pada jus Anda supaya terasa lebih segar. Apabila Anda mampu mengonsumsi buah ceri hingga 60 buah/hari Anda mungkin dapat meminimalisir sakit asam urat yang tiba-tiba menyerang Anda.

Sponsors Link

5. Jus Mentimun

Mentimun merupakan salah satu buah rekomendasi untuk penderita asam urat. Hal ini dikarenakan kandungan zat purin yang terbilang rendah di dalamnya, yaitu sebesar 7,1 miligram/100 gram buah. Anda dapat menggunakan buah timun sebagai jus yang Anda konsumsi sehari-hari. Campurkan 2 buah mentimun ke dalam 400 ml air putih, tambahkan air perasan jeruk nipis atau lemon ke dalamnya untuk memperkaya rasa. Apabila Anda merasa kurang manis, Anda dapat menggunakan campuran madu alami sebagai pemanis tambahan untuk memperkaya rasa jus yang Anda olah. Untuk mendapatkan rasa segar dalam jus, Anda dapat mencampurkan rebusan air jahe ke dalam jus tersebut.

6. Jus Nanas

Manfaat nanas untuk asam urat dipengaruhi oleh zat bromelin yang terkandung di dalamnya. Bromelin sendiri termasuk ke dalam enzim protase yang ditemukan pada batang dan buah nanas. Enzim ini berguna untuk menguraikan struktur kompleks protein, sehingga lebih mudah diserap tubuh. Kemampuan memecah protein yang ada dalam tubuh mampu memecahkan protein dalam jaringan yang bengkak sehingga mengurangi kejang otot. Enzim ini juga berguna untuk meredakan rasa sakit dan nyeri akibat asam urat yang mengkristal di area persendian, mengurangi pembengkakan sendi, dan mencegah datangnya asam urat atau cidera di persendian Anda.

Anda dapat mencampurkan seperempat buah nanas dengan 1 buah mentimun, 3 sendok makan madu, dan 400 ml air putih, kemudian menghaluskannya. Anda juga dapat membuat smoothie tanpa campuran buah apapun. Hal ini justru direkomedasikan karena mencampur banyak buah dalam segelas jus dapat meningkatkan kadar gula yang alami yang ada pada masing-masing buah.

ads

7. Jus Wortel

Wortel termasuk dalam sayur-sayuran yang kaya vitamin A. Jenis vitamin ini sangat berguna bagi mata atau indera penglihatan kita. Tidak hanya vitamin A dan betakaroten saja, ternyata wortel juga rendah zat purin. Rendahnya purin yang terkandung dalam jenis sayuran ini ternyata membuatnya aman untuk dijadikan bahan dasar olahan makanan maupun minuman. Anda dapat mencampurkan 2 wortel, 1 mentimun, dan 8 batang seledri ke dalam 400 mililiter air putih.

Anda dapat menambahkan madu sebagai pemanis alami yang memperkaya rasa jus Anda. Mentimun dan seledri merupakan bahan makanan yang kaya vitamin dan rendah purin sehingga aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Usahakan jangan menambahkan terlalu banyak gula atau pemanis buatan dalam jus Anda, supaya asupan gula dan kadar gula dalam darah Anda tetap terjaga.

8. Jus Apel

Jika Anda terus mengikuti tulisan yang di upload dalam blog ini, tentu Anda sangat familiar dengan cuka sari apel yang kaya manfaat bagi penderita asam urat. Cuka sari apel sendiri merupakan cuka yang terbuat dari sari apel tanpa alkohol maupun fermentasi dengan menambah ragi buatan ke dalamnya sehingga bahan makanan ini aman dikonsumsi bagi penderita asam urat. Jika cuka sari apel saja bermanfaat maka buah apel juga bermanfaat bagi penderita asam urat juga kan? Dan jawabannya adalah “Iya”.

Apabila Anda sedang berniat untuk membuat jus sebagai salah satu minuman olahan yang akan Anda konsumsi sehari-hari maka Anda dapat memasukkan jus apel sebagai salah satu buah yang aman untuk penderita asam urat. Anda dapat memilih apel hijau sebagai bahan baku jus Anda. Campurkan 1 buah apel hijau dengan 1 buah mentimun dan ¼ buah lemon yang diperas atau dipotong secara horizontal. Anda dapat mengonsumsi jus ini setiap hari, atau menjadikannya sebagai salah satu variasi jus yang Anda minum seharu-hari.

9. Jus Kale

kaleJus untuk asam urat tinggi selanjutnya adalah jus kale. Kale merupakan salah satu sayuran yang aman bagi penderita asam urat karena memiliki zat purin yang rendah. Kandungan purin yang ada dalam jenis sayuran ini sekitar 48 miligram/100 gram. Anda dapat mencampurkan 6 lembar daun kale besar dengan ¼ potongan lemon, sedikit jahe, 2 apel hijau, dan 1 mentimun. Seperti biasanya, Anda dapat menambahkan madu sebagai pemanis alami untuk jus Anda. Selain menjadikannya bahan utama, Anda dapat menambahkan daun kale sebagai sayur campuran bagi jus-jus yang lainnya.

10. Jus Beetroot

Beetroot-smoothieBuah beet merupakan buah untuk asam urat yang paling direkomendasikan. Di Indonesia, buah beet lebih dikenal sebagai buah bit. Buah ini merupakan salah satu buah yang termasuk dalam buah yang kaya nutrisi, seperti kalium, magnesium, zat besi, karbohidrat, antioksidan, serat larut, serta kandungan nutrisi lainnya.

Buah bit dapat berguna untuk mengurangi peradangan dalam jantung dan mengontrol tekanan darah Anda, buah ini juga mengandung antioksidan asa alphalipoic yang terbukti dapat menurunkan kadar glukosa, meningkatkan kadar sensitivitas insulin, dan mencegah proses oksidasi sel pada penderita diabetes . Anda dapat mencampurkan 1 buah beet berukuran sedang, ¼ buah lemon, 6 batang seledri, dan satu jahe berukuran seibu jari Anda. Anda dapat mencampurkan madu sebagai pemanis alami dalam jus Anda.

10 jus untuk penderita asam urat yang sudah diulas di atas dapat membantu Anda mencegah dan mengontrol kadar asam urat dalam tubuh Anda. Jus ini tidak akan berguna secara maksimal, apabila Anda tetap mempertahankan gaya hidup dan pola makan Anda salah. Anda dapat mulai menerapkan gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan dan melakukan olahraga secara teratur. Selain itu, Anda harus memperbanyak konsumsi air putih untuk membantu menetralisir dan mengontrol kadar asam urat yang ada dalam darah Anda. Semoga bermanfaat.

, , , , ,