Sponsors Link

Kacang Panjang untuk Asam Urat Tinggi, Boleh atau Tidak?

Sponsors Link

Peningkatan kadar asam urat atau yang secara awam lebih dikenal sebagai penyakit asam urat merupakan kondisi penyakit kronis yang juga banyak terjadi pada masyarakat baik dengan usia muda maupun yang memang sudah memiliki usia wajar sebagai penderita penyakit asam urat. Peningkatan asam urat di dalam darah menyebabkan proses ekskresi asam urat dari dalam tubuh terhambat sehingga terjadi penumpukan pada beberapa daerah sendi tubuh terutama di bagian sendi sendi kaki.

ads

Adanya penumpukan asam urat yang memiliki bentuk kristal jarum tersebut menyebabkan munculnya beberapa gejala gejala diantaranya seperti nyeri didaerah sendi dan terjadinya pembengkakan. Nyeri pada daerah sendi tersebut akan menyebabkan gangguan penderita dalam beraktifitas karena rasa sakitnya yang cukup hebat. Untuk mengatasi terjadinya asam urat maka yang dapat dilakukan adalah mengobati gejala yang muncul dan menurunkan kadar asam urat serta mencegah agar tidak kambuh lagi di kemudian hari.

Salah satu cara untuk mencegah penyakit asam urat kembali terjadi adalah dengan mengatur pola makan terutama menghindari makanan yang banyak mengandung zat purin. Purin ini lah yang didalam tubuh akan diubah atau dimetabolisme menjadi asam urat. Salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan purin tersebut adalah kacang kacangan. Dari penjelasan terkait makanan tersebut muncul pertanyaan apakah kacang panjang untuk asam urat boleh dikonsumsi atau tidak? yang dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

Kacang Panjang Untuk Asam Urat

Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang umum dikonsumsi oleh masyarakat dan dimasak menjadi beberapa jenis masakan seperti oseng oseng atau tumis. Kacang panjang sering ditakutkan untuk dikonsumsi oleh para penderita asam urat karena namanya yang memiliki kata kacang di dalamnya. Hal ini dikarenakan penderita asam urat memang sebaiknya tidak mengkonsumsi kacang kacangan. Kacang-kacangan memiliki kandungan purin yang tinggi yang akan dimetabolisme oleh tubuh menjadi asam urat.

Dengan nama kacang di dalamnya apakah kacang panjang juga memiliki kandungan purin yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Ternyata kacang panjang juga memiliki purin yang dapat membahayakan bagi penderita asam urat. Dalam 100 gram kacang panjang memiliki kandungan purin sebesar 80 mg. Adanya kandungan purin yang cukup tinggi tersebut dapat menyebabkan penderita asam urat bisa jadi langsung mendapatkan serangan asam urat setelah mengkonsumsinya. Selain kacang panjang ada juga beberapa sayuran lain yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat karena kandungan purinnya seperti bayam, kembang kol, dan asparagus.

Kacang Panjang Perancis Untuk Pengobatan Asam Urat

Seperti dalam penjelasan diatas, kacang panjang untuk asam urat sebaiknya tidak dikonsumsi oleh para penderita asam urat karena kandungan purinnya. Namun ternyata saat ini, ada jenis kacang panjang yang dapat digunakan untuk terapi asam urat yakni kacang panjang perancis. Kacang panjang perancis merupakan jenis kacang panjang yang saat ini dihubungkan dan digunakan dalam pengobatan asam urat. Harga kacang panjang perancis tentunya lebih mahal dibandingkan dengan kacang panjang biasa karena efeknya yang dapat membantu mengatasi asam urat.

Kacang panjang perancis memiliki kandungan gizi yang cukup baik seperti serat alami yang tinggi, vitamin C, asam folat, kalium, riboflavin, kalsium, dan thiamin, serta magnesium. Yang membedakan antara kacang panjang biasa dengan kacang panjang perancis adalah kandungan serta alaminya yang sangat tinggi. Kandungan serat alami tinggi tersebut dapat membantu meningkatkan kinerja ginjal dalam menyerap asam urat menjadi lebih baik. Baiknya ekskresi asam urat melalui ginjal dan dikeluarkan dalam bentuk urin tersebut dapat membantu menjaga agar tidak terjadi serangan penyakit asam urat.

Kandungan purin di dalam kacang panjang perancis juga lebih rendah dibandingkan dengan kacang panjang biasa sehingga masih aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Cara konsumsi kacang panjang perancis dalam mengobati asam urat dapat disesuaikan dengan makanan yang disukai. Namun biasanya kacang panjang perancis akan dijus agar mudah dikonsumsi dan kandungan nutrisi serta gizi di dalamnya tidak hilang. Jus kacang panjang perancis dapat dikonsumsi secara rutin setiap hari sebagai upaya mengobati asam urat maupun pencegahan terjadinya asam urat.

Meskipun kacang panjang perancis dapat digunakan untuk mengatasi asam urat namun tetap saja perlu pengaturan pola makan dan pola hidup yang lebih sehat agar kondisi asam urat tidak terjadi kembali. Penderita asam urat harusnya mengerti bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi harus dihinidari. Beberapa makanan penyebab asam urat tersebut diantaranya seperti kacang kacangan, sayuran asparagus, bayam, dan daging jeroan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kacang panjang untuk asam urat yang memang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi karena kandungan purinnya. Namun ada jenis kacang panjang yang saat ini digunakan sebagai bagian dari terapi penderita asam urat yakni kacang panjang perancis.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran