Sponsors Link

Bolehkah Kacang Pinto untuk Asam Urat Tinggi?

Sponsors Link

Asam urat telah dikenal oleh masyarakat sebagai penyakit yang biasa menyerang mereka yang berusia tiga puluh tahunan. Gejala awal yang biasa terjadi pada penyakit asam urat biasanya rasa nyeri di sekitar persendian yang menyerang secara mendadak. Lama kelamaan rasa nyeri tersebut semakin sering terjadi hingga menimbulkan rasa panas dan bengkak pada bagian sendi yang sakit.

ads

Asam urat pada umumnya disebabkan oleh faktor pola hidup yang kurang sehat, terutama pola makan yang sembarangan. Sering makan makanan enak tapi mengandung purin yang tinggi dapat menyebabkan kadar asam urat dalam darah tidak terkontrol dan mengendap di dalam tubuh.

Makanan-makanan dengan kandungan purin tinggi seperti kaldu daging dan minuman beralkohol sering kali menjadi faktor utama penyakit asam urat. Kacang-kacangan juga ada yang mengandung purin tinggi seperti kacang tanah, kacang hijau dan kacang merah kering. Namun ada juga jenis kacang-kacang-an yang terkadang masih menjadi pertanyaan apakah kacang tersebut boleh dimakan oleh penderita asam urat atau tidak. Salah satunya adalah kacang pinto.

Kacang pinto dengan nama latin Arachis pintoi ini merupakan tanaman hias yang tumbuh di daerah tropis, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Tanaman kacang pinto sering digunakan sebagai tanaman penutup tanah dan mencegah adanya erosi pada lahan miring karena sifatnya yang sebagai fiksasi nitrogen pada tanah.

Kacang pinto banyak memiliki kandungan kimia yang berfungsi untuk tubuh. Diantaranya adalah kacang pinto mengandung mineral natrium sebanyak 12 mg, kalium sebanyak 1.393 mg, protein sebanyak 21 gram, karbohidrat sebanyak 63 gram, Vitamin A, C dan B6 serta zat besi.

Manfaat Kacang Pinto

  1. Sumber protein nabati

Kandungan protein pada kacang pinto cukup tinggi sehingga ia bisa dijadikan sebagai sumber protein nabati. Protein nabati berfungsi untuk menyehatkan jantung, sebagai sumber energi untuk beraktivitas dan menyehatkan kulit.

  1. Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang tinggi dapat mengendap di dalam tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit. Seperti aterosklerosis, stroke dan serangan jantung. Kacang pinto juga aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi.

  1. Mencegah penyakit jantung

Kacang pinto mengandung mineral magnesium, kalium dan asam folat yang membantu melancarkan aliran darah dan menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh. Asam folat dapat menurunkan homosistein darah yaitu suatu asam amino yang terbentuk secara alami dalam tubuh dan jika terdapat dalam jumlah banyak akan menimbulkan penyakit jantung koroner dan stroke.

  1. Melancarkan saluran pencernaan

Kacang pinto mengandung serat yang tinggi sehingga bermanfaat  untuk melancarkan saluran pencernaan seperti sembelit. Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga dapat menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan usus.

Kacang pinto untuk asam urat tinggi, boleh dikonsumsi karena kacang pinto mengandung asam folat yang berfungsi untuk menghancurkan asam urat. Para dokter biasanya juga akan memberikan obat yang mengandung asam folat untuk menurunkan kadar asam urat. Pastinya dengan dosis tertentu dan aman dikonsumi oleh pasien. Asam folat adalah sejenis vitamin B yang berguna untuk memproduksi sel-sel baru dan menjaga syaraf pusat tetap baik sehingga terhindar dari penyakit stroke.

Sebaiknya anda mengkonsumsi kacang pinto yang direbus. Karena kacang pinto yang dikemas dalam kaleng memiliki penurunan khasiat seperti kandungan besi, magnesium dan kalium. Anda dapat mengkonsumsi kacang pinto secara rutin.

Sponsors Link

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, anda harus rajin melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Minum air putih

Air putih sangat bermanfaat untuk melancarkan proses metabolisme dalam tubuh kita. Baik itu dari metabolisme sel hingga metabolisme  sistem jaringan lainnya. Dengan banyak minum air putih setidaknya 2 liter setiap hari, asam urat akan tercerna dan dikeluarkan melalui eksresi ginjal dan hal ini dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

  1. Makan makanan rendah purin

Tidak ada gunanya jika anda melakukan pengobatan namun tetap saja mengkonsumsi makanan yang tinggi purin. Anda seperti memperparah penyakit asam urat anda karena purin yang tinggilah yang menyebabkan penyakit asam urat semakin kronis. Konsumsilah nasi putih, sayuran dan buah-buahan seperti buah ceri, pisang dan buah naga yang aman untuk anda.

  1. Makan makanan yang mengandung potassium

Potassium dapat mengeluarkan asam urat sehingga anda sangat dianjurkan mengkonsumi makanan jenis ini. Makanan berpotassium seperti halnya apel, kentang dan semangka.

  1. Makanan vitamin C

Vitamin C dapat membantu pengeluaran asam urat. Anda dapat mengkonsumsi nanas, jeruk atau wortel sebagai sumber makanan vitamin C. Vitamin C juga dapat mengurangi peradangan pada asam urat sehingga sangat baik untuk anda konsumsi.

Demikian penjelasan mengenai manfaat kacang pinto untuk asam urat. Jaga selalu kesehatan Anda dan semoga bermanfaat.

, , ,



Oleh :
Kategori : Herbal