Sponsors Link

4 Jenis Kacang yang Aman untuk Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit degeneratif yang dapat terjadi akibat adanya penigkatan kadar asam urat di dalam tubuh melebihi kadar normalnya. Secara umum, kadar normal asam urat di dalam tubuh berbeda tergantung jenis kelamin. Asam urat normal pada pria antara 2.0 – 7.0 mg/dl dan untuk wanita tidak boleh melebihi angka 6.0 mg/dl. Tingginya kadar asam urat tersebut dapat menyebabkan beberapa gejala yang akan terus muncul kembali.

ads

Beberapa gejala penyakit asam urat tersebut diantaranya seperti peradangan pada beberapa sendi, bengkak, dan nyeri yang cukup kuat sehingga terkadang sangat menyiksa. Kondisi gejala tersebut dapat muncul akibat dari adanya penumpukan asam urat di daerah persendian yang terjadi akibat tingginya kadar asam urat di dalam darah. Bentuk kristal asam urat berupa kristal jarum yang menjadikan gejala tersebut muncul.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah agar penyakit asam urat tidak terjadi adalah dengan menghindari penyebab peningkatan kadar asam urat di dalam darah di atas kadar asam urat normal yang salah satunya adalah karena konsumsi makanan dengan kandung zat purin tinggi. Zat purin dapat diubah oleh enzim xanthin oksidase menjadi asam urat di dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan zat purin tinggi tersebut adalah kacang kacangan. Namun ternyata ada beberapa jenis kacang yang aman untuk asam urat diantaranya seperti dijelaskan di bawah ini.

  1. Kacang panjang Prancis

Jenis kacang yang aman untuk asam urat pertama adalah kacang panjang yang sebenarnya tidak dikonsumsi hanya kacangnya saja melainkan keseluruhan bagian tersebut yang banyak diolah menjadi lalapan maupun sayur tertentu seperti lodeh. Namun tidak semua jenis kacang panjang memiliki kandungan purin rendah dan aman untuk penderita penyakit asam urat. Kacang panjang yang baik untuk penderita asam urat adalah kacang panjang prancis. Kacang panjang prancis meskipun masih memiliki kandungan purin dalam jumlah yang rendah tetap aman bagi penderita asam urat dan tidak akan melonjakan nilai kadar asam urat di dalam darah.

Kacang panjang prancis bahkan bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh meskipun lambat dan tidak terlalu signifikan dibandingkan obat obatan seperti allopurinol untuk asam urat. Kandungan serat yang tinggi pada kacang panjang prancis tersebut dapat menjadikan kerja dan fungsi ginjal menjadi lebih optimal dalam menyerap zat asam urat berlebih di dalam tubuh yang akan dikeluarkan melalui proses ekskresi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut maka konsumsi kacang panjang prancis dengan cara dijus atau secara langsung.

  1.  Kacang arab

Jenis kacang lainnya yang juga aman dikonsumsi oleh para penderita asam urat dan tidak menyebabkan kenaikan kadar asam urat di dalam tubuh secara signifikan adalah kacang arab. Disebut sebagai kacang arab karena memang kacang tersebut banyak berasal dari timur tengah dan menjadi salah satu jenis oleh oleh khas di musim haji bagi para jamaah haji dari Indonesia. Kacang arab tidak memiliki kandungan zat purin yang tinggi sehingga cukup aman dikonsumsi para penderita asam urat meskipun tetap perlu dibatasi agar tidak berlebihan.

Kacang arab bahkan memiliki beberapa manfaat yang positif bagi kondisi tubuh serta membantu dalam mengobati kondisi peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Manfaat tersebut diperoleh karena adanya kandungan serat tinggi di dalam kacang arab yang membantu menjadikan kinerja ginjal lebih optimal dalam mengekskresi asam urat berlebih di dalam darah. Kandungan kolin di dalam kacang arab juga membantu mengurangi kondisi peradangan yang merupakan salah satu gejala serangan asam urat.

  1. Kacang almond

Jenis kacang lainnnya yang masih aman dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat adalah kacang almond. Kacang yang dikenal memiliki nilai harga tinggi tersebut tidak akan secara signifikan mampu menaikan kadar asam urat di dalam darah. Kacang almond tidak memiliki kandungan zat purin yang menjadi salah satu penyebab naiknya kadar asam urat di dalam darah. Beberapa penderita asam urat masih merasa bahwa semua jenis kacang berbahaya baginya dan belum mengetahui bahwa kacang almond dapat dikonsumsi bahkan bisa memberikan manfaat positif.

Sponsors Link

Kacang almond dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh sebagai salah satu faktor resiko berbahaya bagi penderita asam urat. Manfaat lain dari kacang almond bagi kesehatan adalah membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga menghindari komplikasi penyakit asam urat lainnya, menjaga kebutuhan kalori dan nutrisi dalam tubuh, meningkatkan libido, serta membantu dalam meningkatkan hormon testosteron.

  1.  Kacang macadamia

Sama halnya dengan kacang almond, kacang macadamia juga aman dikonsumsi oleh penderita asam urat namun memiliki nilai harga yang tinggi. Kacang macadamia memiliki harga yang tinggi karena hanya dapat menghasilkan kacang yang siap konsumsi setelah 7 – 10 tahun penanaman. Kacang yang memiliki kulit keras tersebut memiliki beberapa manfaat positif bagi kesehatan selain aman dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Beberapa manfaat kacang macadamia diantaranya seperti membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat menyebabkan komplikasi pada penyakit asam urat, melindungi tubuh dari radikal bebas, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta membantu mencegah terjadinya stroke maupun serangan jantung.

Itulah beberapa contoh kacang yang aman untuk asam urat. Selain memiliki kandungan purin yang rendah sehingga tidak menyebabkan terjadinya kenaikan kadar asam urat di dalam tubuh, kacang kacang yang disebutkan diatas juga membantu memberikan manfaat positif bagi kondisi kesehatan tubuh baik yang berhubungan dengan penyakit asam urat maupun tidak. Pemilihan kacang memang sangat penting mengingat beberapa jenis kacang masuk dalam pantangan makanan bagi penderita asam urat.

, , , ,



Oleh :