Sponsors Link

Kandungan Purin Pada Anggur Sebagai Buah Penyebab Asam Urat

Sponsors Link

Asam urat adalah senyawa di dalam tubuh hasil metabolime akhir dari purin yang diproduksi oleh tubuh dan akan diekskresi melalui urin maupun feses. Asam urat sendiri memiliki beberapa fungsi selain sebagai metabolime akhir dari purin yang akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Beberapa fungsi asam urat dalam tubuh tersebut diantaranya seperti  bertindak sebagai antioksidan, neuroprotektif, serta dapat berfungsi sebagai penanda adanya kondisi berbahaya di dalam tubuh.

ads

Asam urat di dalam tubuh haruslah dalam kadar yang normal dan ketika ada kenaikan pada kadar normal asam urat tubuh tersebut munculah serangan penyakit asam urat yang dapat menyebabkan nyeri dan peradangan pada bagian sendi. Kondisi penyakit asam urat ini lebih sering dialami oleh mereka dengan usia yang sudah cukup tua namun tidak menutup kemungkinan juga bagi yang masih muda. Asam urat banyak disebabkan oleh konsumsi purin berlebih dan tidak terkontrol.

Untuk mencegah terjadinya penyebab asam urat tinggi di dalam darah dengan konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi tersebut, perlu informasi mengenai makanan jenis apa saja yang sebaiknya dihindari pada penderita asam urat. Dalam artikel kali ini, pakarasamurat.com akan mengulas mengenai salah satu buah favorit banyak orang terkait dengan kandungan purin di dalam buah anggur. Berikut ini beberapa ulasan mengenai kandungan purin pada anggur yang perlu diperhatikan terutama bagi penderita asam urat.

Buah anggur dikenal sebagai salah satu buah yang banyak memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh manusia maupun untuk kecantikan. Namun bagi penderita asam urat, anggur menjadi salah satu buah yang harus dihindari untuk dikonsumsi karena kandungan purin di dalamnya. Buah dengan rasa manis tersebut memiliki kandungan purin tinggi sehingga cukup berbahaya untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat secara langsung sehingga termasuk dalam bagian dari beberapa buah penyebab asam urat.

Melakukan diet purin merupakan salah satu cara untuk mengatur pola makan yang baik bagi penderita asam urat agar kondisi peningkatan asam urat tidak terjadi kembali sehingga gejala yang cukup menyakitkan juga tidak akan muncul kembali. Konsumsi anggur sebagai buah dengan kandungan purin tinggi dapat menyebabkan munculnya beberapa bahaya yang sebaiknya diperhatikan dan dihindari oleh semua penderita asamu urat. Berikut ini beberapa bahaya dari adanya kandungan purin pada anggur bagi penderita asam urat secara langsung dalam penjelasan dibawah ini.

  1. Meningkatkan kadar asam urat di dalam darah

Purin yang terkandung di dalam buaah anggur dapat dimetabolisme menjadi asam urat di dalam tubuh sehingga dengan konsumsi anggur yang banyak maka dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat. Semakin tinggi kadar asam urat meningkat maka proses penurunannya tentu tidak semudah dan menjadi lebih sulit.

  1. Menyebabkan peradangan

Tingginya kadar asam urat akibat purin yang berasal dari anggur dapat menjadikan penumpukan kristal asam urat di daerah sendi semakin banyak. Semakin banyaknya kristal jarum asam urat di daerah sendi tidak hanya akan menyebabkan rasa nyeri namun dapat berkembang menjadi peradangan sebagai salah satu gejala atau tanda tanda asam urat.

  1. Kelumpuhan

Tingginya kadar asam urat yang dapat menyebabkan masalah peradangan ataupun nyeri pada sendi lama kelamaan jika dibiarkan saja dapat menyebabkan kerusakan pada daerah sendi yang di dalamnya terdapat asam urat. Kerusakan daerah sendi dapat memicu terjadinya resiko kelumpuhan.

  1. Kerusakan organ ginjal

Kadar asam urat di dalam tubuh dapat naik dengan turun karena beberapa hal. Tingginya konsumsi purin yang akan dimetabolisme menjadi asam urat menyebabkan kerusakan pada organ ginjal. Kerusakan pada organ ginjal tersebut disebabkan karena banyaknya kristal jarum yang terdapat di dalam ginjal. Asam urat di dalam tubuh diekskresi oleh ginjal melalui urin dan feses.

  1. Berpotensi mengalami penyakit jantung

Tingginya kadar asam urat di dalam tubuh dapat berpotensi menyebabkan masalah pada tekanan darah. Permasalahan pada tekanan darah tersebut dapat memicu terjadinya penyakit jantung ataupun stroke.

  1. Timbulnya benjolan tofi

Konsumsi anggur yang banyak dapat menyebabkan penumpukan kristal asam urat semakin parah sehingga dapat memicu terbentuknya benjolan tofi. Munculnya benjolan tofi pada daerah sendi dapat menyebabkan gangguan gerak dan terkadang harus diatasi dengan jalan operasi bila keadaannya sudah sangat parah.

Itulah beberapa penjelasan terkait kandungan purin pada anggur. Melihat dari penjelasan yang ada menunjukan konsumsi anggur sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat karena kadar purinnya yang tinggi dari menyebabkan munculnya gejala asam urat berupa nyeri dan peradangan pada sendi. Selain memicu munculnya gejala asam urat, ada beberapa bahaya lain yang dapat muncul jika memaksa untuk mengkonsumsi anggur. Diet purin menjadi salah satu cara paling efektif yang dilakukan untuk dapat membantu menurunkan

, , , ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan